Strategi Tim Kreatif Nusantara TV Dalam Meningkatkan Eksistensi Program Kok Bisa Viral

research
  • 17 Oct
  • 2024

Strategi Tim Kreatif Nusantara TV Dalam Meningkatkan Eksistensi Program Kok Bisa Viral

Di era globalisasi dengan semakin majunya teknologi seperti televisi, banyak televisi bersaing untuk menyajikan program yang menghibur namun informatif dan mendidik. Kok Bisa Viral adalah program yang hadir pada stasiun Nusantara TV yang merupakan televisi semi nasional. Tantangan dalam meningkatkan eksistensi program tersebut muncul bagi tim kreatif di tengah berbagai program dari stasiun televisi lain. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Strategi Tim Kreatif Nusantara TV Dalam Meningkatkan Eksistensi Program Kok Bisa Viral. Pada penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teori yang digunakan adalah teori komunikasi Lasswell. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menemukan bahwa strategi tim kreatif dalam meningkatkan eksistensi program Kok Bisa Viral yaitu perencanaan program, menentukan target audiens, pelaksanaan program, dan strategi meningkatkan eksistensi program.

Unduhan

 

REFERENSI

Abdullah, I. S. (2023). Strategi Produksi Program Acara “Indonesia Sehat Halo Dokter” TVRI Dalam Mempertahankan Eksistensi Program [Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta].
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rappana (ed.); Cetakan 1). CV Syakir Media Press.
Abidin, M. F. (2022). Strategi Kreatif Produser Program Acara “Sahur Bareng Gus Miftah” Di JTV Dalam Menarik Minat Penonton [Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga].
Ahmad. (2020). Manajemen Strategis. CV. Nas Media Pustaka.
Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings, 1(1), 173–186.
Al-Aziz, I. (2021). Strategi TVRI Riau-Kepri Dalam Mempertahankan Minat Audiens Program Acara Hallo Pemirsa [Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau].
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis, 5(2), 146–150.
Amir, A. A., & Dwihantoro, P. (2024). Strategi Komunikasi Temanggung TV dalam Mempertahankan Eksistensinya di Era Digital. Jurnal Audiens, 5(1), 63–76. https://doi.org/10.18196/jas.v5i1.331
Annur, C. M. (2022). Survei: Mayoritas Penonton TV Suka Sinetron dan Acara Olahraga. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/26/survei-mayoritas-penonton-tv-suka-sinetron-dan-acara-olahraga
Annur, C. M. (2023). Televisi, Media yang Paling Banyak Digunakan Warga Indonesia untuk Menemani Berbuka Puasa. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/04/06/televisi-media-yang-paling-banyak-digunakan-warga-indonesia-untuk-menemani-berbuka-puasa
Ansori, Y. Z. (2020). Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 177–186. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.308
Aprianto, I., & Dafit, F. (2022). Dampak Game Online terhadap Pembelajaran Siswa di Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(2), 220–231. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i2.1547
Atmoko, W. A. D. (2022). Revolusi Penonton Televisi Indonesia. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial - Universitas Negeri Yogyakarta. https://ilkom.fishipol.uny.ac.id/id/artikel/revolusi-penonton-televisi-indonesia.html
88
Aulia, A. R., & Yulianti, A. L. (2019). PENGARUH CITY BRANDING “A LAND OF HARMONY” TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE PUNCAK, KABUPATEN BOGOR. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(3), 67–75. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss1.pp67-75
Dasih, I. G. A. R. P. (2021). Komunikasi Penyiaran Radio Genta Berbasis Budaya Bali: Perpektif Komunikasi Antarbudaya (Cetakan Pe). Nilacakra Publishing House.
Dyatmika, T. (2021). Ilmu Komunikasi (S. Bakhri (ed.); Cetakan I). Zahir Publishing.
Ekawati, N. F. (2019). Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Keputusan Pembelian Produk Fair & Lovely (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri Angkatan 2015-2016) [Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri].
Farhania, H. (2023). Strategi Tim Kreatif Pada Program Talkshow Etalase Indonesia BRTV Dalam Menarik Penonton [Universitas Nasional].
Faustyna. (2023). Metode Penelitian Qualitatif Komunikasi (Teori dan Praktek) (Rudianto, P. Santoso, & S. Hajar (eds.); Cetakan Pe). Umsu Press.
Febrina, I. (2018). Strategi Padang TV Dalam Produksi Program Acara Kaliliang Kampuang [Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim].
Fitriansyah, F. (2018). Efek Komunikasi Massa Pada Khalayak (Studi Deskriptif Penggunaan Media Sosial dalam Membentuk Perilaku Remaja). Cakrawala, 18(2), 171–178.
Fransisca, A., & Wijoyo, H. (2020). implementasi Mettā Sutta Terhadap Metode Pembelajaran Di Kelas Virya Sekolah Minggu Sariputta Buddhies. Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 2(1), 1–12.
Gushevinalti, Suminar, P., & Sunaryanto, H. (2020). Transformasi Karakteristik Komunikasi Di Era Konvergensi Media. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(01), 083. https://doi.org/10.30813/bricolage.v6i01.2069
Hadi, I. P., Wahyudianata, M., & Indrayani, I. I. (2021). Komunikasi Massa (T. Q. Media (ed.); Cetakan Pe). CV Penerbit Qiara Media.
Haerinnisa, N. (2016). Strategi Tim Kreatif Program Kita-Kita Di GO TV Dalam Menarik Minat Khalayak. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Halim, S. (2018). Dokumenter Televisi (Cetakan ke). PT. RajaGrafindo Persada.
Hamid, S. A. (2016). Pengaruh Media Massa Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat. E-Bangi, 13(4), 2016.
Heriyati, P. (2022). Strategi Pemasaran Segmenting, Targeting dan Positioning (P. Heriyati (ed.); Cetakan Pe). Scopindo Media Pustaka.
Hidayati, Y. (2023). Unsur Komunikasi Pada Proses Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak (Tk) Tunas Jaya Desa Jelutung Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka. KOMUNIKASIA: Journal of Islamic Communication and Broadcasting, 3(2), 108–116. https://doi.org/10.32923/kpi.v3i2.3684
89
Ikhwan, M. (2022). Manajemen Media Kontemporer (Cetakan ke). KENCANA.
Indrajati, S. F., & Ruliana, P. (2020). Strategi Program Acara the Newsroom Dalam Meningkatkan Rating Program. Medium, 8(1), 66–77. https://doi.org/10.25299/medium.2020.vol8(1).4841
Iqbal, M. (2022). media Massa Adalah: Pengertian, Karakteristik, Fungsi, Jenis, dan Contoh-contohnya. Lindungihutan. https://lindungihutan.com/blog/media-massa-adalah/
Jabbar, M. A., & Rosmalah, K. (2018). Strategi Programming Televisi Swasta dalam Program Tayangan Prime Time. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 9(1), 17–25. https://doi.org/10.35814/coverage.v9i1.1112
Kustiawan, W., Siregar, F. K., Alwiyah, S., Lubis, R. A., Gaja, F. Z., Pakpahan, N. S., & Nurhayati. (2022). Komunikasi Massa. Journal Analytica Islamica, 11(1–9). https://doi.org/10.30829/jai.v11i1.11923
Latief, R. (2020). Panduan Produksi Acara Televisi Nondrama (Cetakan ke). Prenada Media.
Lesmana, R. (2023). Apa Itu Komunikasi Massa? Fakultas Teknik Universitas Abdurrab. https://ilmu-komunikasi.univrab.ac.id/2023/11/18/apa-itu-komunikasi-massa/#:~:text=Berikut adalah pengertian komunikasi massa menurut para ahli.&text=Bittner mengungkapkan bahwa komunikasi massa,sejumlah besar orang secara sekaligus
Machlawi, L. S. A., Boham, A., & Onsu, R. (2018). Strategi Kawanua Tv Dalam Meningkatkan Eksistensinya Sebagai Televisi Lokal. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 7(3), 1–13.
Mahendra, B. (2017). Eksistensi Sosial Remaja dalam Instgram (Sebuah Perspektif Komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi, 16(01), 151–160.
Morissan. (2018). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi (Cetakan ke). KENCANA.
Murtiadi. (2019). Strategi Kreatif Produser Dalam Mempertahankan Eksistensi Program Mission X Transtv. J-Ika, 6(1), 11–23. https://doi.org/10.31294/kom.v6i1.5197
Mustika, D., Ambiyar, A., & Aziz, I. (2021). Proses Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6158–6167. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1819
Nadie, L. (2018). Media Massa dan Pasar Modal (F. Nurdiarsih (ed.); Cetakan Pe). Media Center.
Oktarina, Y., & Abdullah, Y. (2017). Komunikasi dalam Perspektif Teori dan Praktik (Y. W. Sanyoto (ed.); Cetakan Pe). Penerbit Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama).
Pentury, H. J., Anggraeni, A. D., & Widyastuti, A. (2021). Apa Itu Kreatif? Elex Media Komputindo.
Permana, R. S. M., & Iffah, A. N. (2021). ANALISIS AGENDA SETTING TIM
90
KREATIF NARASI TV TERHADAP PANDEMI COVID-19 MELALUI PROGRAM CERITA PANDEMI. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 11(1), 1–26.
Putra, D. W. (2022). Peran Tim Kreatif Dalam Meningkatkan Eksistensi Program “Talkshow” di UBTV Ujung Batu [Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau].
Rachmayuniawati, Y. (2018). Pengaruh Komunikasi Internal dan Koordinasi Terhadap Efektivitas Kerja pada Pegawai Rumah Sakit Prasetya Bunda Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi, 4(1), 67–80. https://doi.org/10.34203/jimfe.v4i1.1111
Ramandhani, M. (2020). Analisis Programming Acara Religi Ulama Menyapa Di TVKU Semarang [Institut Agama Islam Negeri Kudus].
Revaldi. (2022). Jenis-jenis Program Yang Ada Di Televisi. AIO Store. https://www.aiostore.co.id/2022/05/18/jenis-jenis-program-yang-ada-di-televisi/
Rusandi, & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Rusdiana. (2019). Etika Komunikasi Organisasi Filosofi, Konsep, dan Aplikasi (Muhardi & T. Nurhayati (eds.); Cetakan Pe). Pusat Penelitian Dan Penerbitan UIN SGD Bandung.
Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 7(1), 39–48.
Saragih, M. Y. (2019). MEDIA MASSA DAN JURNALISME: Kajian Pemaknaan Antara Media Massa Cetak dan Jurnalistik. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 6(1), 12. https://doi.org/10.37064/jpm.v6i1.4988
Sedran, R. R. R., Ismail, K., Syahputra, D., & Pitri, A. (2021, January). Memahami Berbagai Hambatan Komunikasi Melalui Penelitian Terkait Ilmu Komunikasi. 7. https://www.researchgate.net/publication/348446213_Memahami_Berbagai_Hambatan_komunikasi_Melalui_Jurnal_Penelitian_Terkait_Ilmu_Komunikasi
Subakti, H., Hurit, R. U., Eni, G. D., Yufrinalis, M., Maria, S. K., Adwiah, R., Syamil, A., Mbari, M. A. F., Putra, S. H. J., Solapari, N., Musriati, T., & Amane, A. P. O. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif (S. Bahri (ed.)). CV. Media Sains Indonesia.
Sudrajat, T., & Rohida, L. (2022). Efek Media Massa dalam Pembentukan Opini Publik di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 2, 519–524.
Suherman, A. (2020). Buku Ajar Teori-Teori Komunikasi (Cetakan Pe). Penerbit Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama).
Sulistiyo, U. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian Kualitatif. Salim Media Indonesia.
Suryadi, A. (2020). Teknologi Dan Media Pembelajaran Jilid 1 (Ilyas (ed.)). CV Jejak,
91
anggota IKAPI.
Ummah, A. H. (2021). Manajemen Industri Media Massa (S. Kasimin (ed.)). Syiah Kuala University Press.
Wahyuni, R. (2017). Strategi Radio Suska 107.9 FM Dalam Penyusunan Program Acara [Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau].
Wulandari, Y. F., & Bastian, Y. (2019). Manajemen Komunikasi Kreatif Tim Program “EPL” Di MNCTV. Journal Communication Spectrum, 9(2), 1–18. https://doi.org/10.36782/jcs.v9i2.1953
Yakin, I. H. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (U. Supriatna (ed.); Cetakan Pe). CV. Aksara Global Akademia.
Zartian, M. M. G., & Maring, P. (2021). Strategi Kreatif Produser dalam Mempertahankan Eksistensi Acara Top Files di Stasiun Televisi iNews. Jurnal Pewarta Indonesia, 31(1), 12–18. https://doi.org/10.25008/jpi.v3i1.64