Hotel merupakan salah satu dari akomodasi yang merupakan unsur
penting dalam perkembangan dunia pariwisata. Promosi hotel ke
mancanegara perlu dilakukan melihat banyaknya wisatawan mancanegara
(wisman) yang datang ke Indonesia khususnya Yogyakarta. Namun kegiatan
promosi yang tidak efektif berdampak pada penggunaan biaya promosi yang
tidak tepat dan tidak sesuai pasar. Sistem rekomendasi promosi hotel ke
mancanegara berbasis data mining dibuat dengan melakukan proses
clustering pada data tamu hotel di Yogyakarta dari wisman. Clustering
dilakukan dengan algoritma k-Means. Hasil dari proses clustering berupa
cluster data tamu hotel dari wisman berdasarkan waktu kedatangan dan
asal negara, sehingga diperoleh waktu kedatangan wisman tertinggi, dan
asal negara wisman tertinggi. Hasil tersebut diimplementasikan dalam
membangun program rekomendasi promosi hotel untuk menentukan waktu yang
tepat untuk melakukan promosi dan negara yang tepat untuk melakukan
promosi.
Paper_Sistem_rekomendasi_promosi_hotel