PENERAPAN ALGORITMA NAIVE BAYES DALAM MEMPREDIKSI PENJUALAN PADA PT. HMS KOMPRESINDO SUKSES

research
  • 17 Oct
  • 2024

PENERAPAN ALGORITMA NAIVE BAYES DALAM MEMPREDIKSI PENJUALAN PADA PT. HMS KOMPRESINDO SUKSES

ABSTRAK

 

 

Gitty Putri Asri (15200012), Penerapan Algoritma Naive Bayes Dalam Memprediksi                                                                                                       Penjualan  Pada PT. HMS KOMPRESINDO SUKSES

Perusahaan harus mengikuti perkembangan dalam mengambil keputusan yang tepat, sehingga dapat bersaingan dan tidak mengalami kemunduraan. Data yang banyak akan memberikan variasi lain dalam memutuskan suatu permasalahan. PT. HMS Kompresindo Sukses adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyedia barang atau sparepart. Bersaing pada dunia bisnis menciptakan ketatnya antara perusahaan yang satu dengan yang lain. Karena tingkat penjualan yang tinggi pada kebutuhan sparepart maka untuk memberikan keuntungan bagi perusahaan tersebut. Oleh karena itu perlu adanya mengambil keputusan yang baik dalam mengelola persediaan sparepart, cara yang digunakan dalam membantu pengambilan keputusan dengan menggunakan  konsep data mining menggunakan algoritma naive bayes. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan mengambil data penjualan perusahaan dari periode 2019 – 2022. Metode naive bayes menggunakan aplikasi rapidminer 10.1 hasilnya digunakan dalam memprediksi peluang pembelian yang berdasarkan data yang digunakan. Tingkat akurasi klasifikasi dengan metode naive bayes menghasilkan nilai Accuracy 88.89%, Precision 81.82%, dan Recall 81.82%. Hasil tersebut menunjukankan kecenderungan prediksi sehingga dengan metode yang digunakan mampu memberikan dalam mengambil keputusan pada perusahaan.

Kata Kunci: Data Mining, Algoritma Naive Bayes, RapidMiner

 

Unduhan

 

  • cover_skripsi.pdf

    COVER

    •   diunduh 11x | Ukuran 144,841
  • Jurnal gitty.pdf

    Jurnal

    •   diunduh 14x | Ukuran 2,577,003

REFERENSI

Avrizal, R., Dwiasnati, S., Informatika, F., Komputer, F. I., Buana, U. M., Timur, K. J., & Barat, J. (2019). Implementasi Data Mining dengan Algoritma. 8, 77–84.

Ayuni, R., & Saputri, F. (2019). PENERAPAN METODE FUZZY TIME SERIES UNTUK PREDIKSI PENJUALAN BERBASIS WEB PADA TOKO GROSIR 3 RODA SENGKALING. 3(1), 290–297.

Deri Lianda, N. S. A. (2021). PREDIKSI DATA BUKU FAVORIT. VIII, 27–37.

Dewi, C. C. P. (2022). Penerapan Pencatatan Akuntansi Persediaan Barang Dagang Berdasarkan PSAK No . 14 Pada Toko Online Shop Implementation of Accounting Recordings for Inventories of. 1(14), 145–152.

Dhewy, R. C. (2022). PELATIHAN ANALISIS DATA KUANTITATIF UNTUK PENULISAN KARYA ILMIAH MAHASISWA. 2(3), 4575–4578.

Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Fadilah, E. (2019). Implementasi Metode Profile Matching Terhadap Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Dana Zakat pada Badan Amil Zakat Pertamina (BAZMA). Matics, 10(2), 39. https://doi.org/10.18860/mat.v10i2.5745

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Hasyim, A., Fatchan, M., & Hadikristanto, W. (2022). Penerapan Algoritma Naïve Bayes Dalam Memprediksi Tingkat Penjualan Mobil Tahun 2022. 4(02), 207–215.

Hidayat, M. T., Suarna, N., & Rahaningsih, N. (2023). IMPLEMENTASI ALGORITMA NAÏVE BAYES UNTUK PREDIKSI PERSEDIAAN BARANG PT . DILMONI CITRA MEBEL INDONESIA. 7(1), 693–699.

  1. M. A. A. Pramana. (2023). Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Prediksi Penjualan Produk Terlaris Pada CV Akusara Jaya Abadi. 10(4), 518–534.
  2. S. Muhammad, I. H. M. (2022). Jurnal Mantik PENERAPAN NAIVE BAYES DALAM MEMPREDIKSI PENJUALAN TUAN KENTANG PALEMBANG. 6(36), 2502–2507.

Nawassyarif, M. Julkarnain, & Rizki Ananda, K. (2020). Sistem Informasi Pengolahan Data Ternak Unit Pelaksana Teknis Produksi Dan Kesehatan Hewan Berbasis Web. Jurnal Informatika, Teknologi Dan Sains, 2(1), 32–39. https://doi.org/10.51401/jinteks.v2i1.556

Pratikno, A. S., Prastiwi, A. A., & Rahmawati, S. (2020). Penyajian Data, Variasi Data, dan Jenis Data. OSF Preprints, 25(03), 1–4.

Pratiwi, Agustini, A. A. (2022). Data dan informasi aplikasi informatika 2022.

Putria, N. E. (2018). Data Mining Penjualan Tiket Pesawat Menggunakan Algoritma Apriori Pada Terminal Tiket Batam Tour & Travel. Computer Based Information System Journal (CBIS), 6(1), 29–39. http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbis/article/download/643/410

Rahmad Kurniawan, S. M. (2019). SISTEM PENGOLAHAN DATA PESERTA DIDIK PADA LKP. 11(1), 37–45.

Ridwan, A. (2020). Penerapan Algoritma Naïve Bayes Untuk Klasifikasi Penyakit Diabetes Mellitus. IV(September), 15–21.

Rozaqi, A., Triayudi, A., & Aldisa, R. T. (2022). Analisis Sentimen Vaksinasi Booster Berdasarkan Twitter Menggunakan Algoritma Naïve Bayes dan K-NN. 4(September). https://doi.org/10.30865/json.v4i1.4907

Santoso, A. B., Rumetna, M. S., & Isnaningtyas, K. (2021). Penerapan Metode Single Exponential Smoothing Untuk Analisa Peramalan Penjualan. 5(April), 756–761. https://doi.org/10.30865/mib.v5i2.2951

Utomo, D. P., & Purba, B. (2019). Penerapan Datamining pada Data Gempa Bumi Terhadap Potensi Tsunami di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 1(September), 846. https://doi.org/10.30645/senaris.v1i0.91

Yuliarina, A. N. (2022). COMPARISON OF PREDICTION ANALYSIS OF GOFOOD SERVICE USERS USING THE KNN & NAIVE BAYES ALGORITHM WITH RAPIDMINER SOFTWARE PERBANDINGAN ANALISIS PREDIKSI KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN GOFOOD MENGGUNAKAN ALGORITMA KNN & NAIVE BAYES DENGAN SOFTWARE RAPIDMINER. 3(4), 847–856.