Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia memiliki tugas dan kewajiban menetapkan NSPK (Norma, Standar, Pedoman, dan Kriteria) yang dituangkan dalam bentuk pedoman, kurikulum, garis-garis besar program pembelajaran, dan bahan ajar diklat dibidang perpustakaan serta ketentuan lainnya sebagai panduan yang bersifat nasional dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bidang kepustakawanan. Tata ruang kantor merupakan pengaturan yang dilakukan terhadap prabot dan peralatan kantor pada tempat yang tepat untuk menunjang kelancaran dalam menyelesaikan tugas. Metode pengumpulan data dalam penyusunan Tugas Akhir adalah metode wawancara, observasi, dan studi pustaka dengan metode analisanya berupa kualitatif deskriptif. Tata ruang pada kantor pusdiklat menggunakan sistem tata ruang terbuka dengan meja bersekat. Ruang staff, ruang rapat, ruang tunggu dan ruang podcast pada kantor pusdiklat menggunakan lampu dan sinar matahari sebagai pencahayaan yang sering digunakan, adapun warna dominan pada dinding ruangan kantor ini ialah warna cream. Pengaturan udara di kantor ini menggunakan AC central, suara yang mengganggu berasal dari mesin AC.
Tugas Akhir full text
Azzahro, S. A., Ninghardjanti, P., & Akbarini, N. R. (2023). Pengaruh Tata Ruang Kantor dan Fasilitas Kerja terhadap Kepuasan Kerja Studi Kasus BAPERLITBANG Karanganyar. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Bisnis, 1(4), 97–109. https://doi.org/10.59061/dinamikapublik.v1i4.417
Hijau, R. T. (2022). Kepastian hukum pemanfaatan ruang pasca adanya putusan mahkamah agung yang menyatakan tidak sah dan tidak berlaku umumnya pasal yang mengatur peruntukan ruang dalam peraturan daerah. VII(1), 52–70.
Imawan, H., & Utami, D. A. (2023). ANALISIS TATA RUANG KANTOR DI BKPSDM
KOTA SURABAYA ( Studi Pada Bidang Pengelolaan Kinerja Pegawai ) Analysis of Office Space Layout at the Surabaya City BKPSDM ( Study on the Employee Performance Management Field ). 1, 560–573.
Musdalifah, S., & Harpeni Dewantara, A. (2022). Pengaruh Penataan Ruang Kantor Madrasah Terhadap Kualitas Pelayanan Ketatausahaan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 16(2), 89–101.
Nuha, M. U., & Faizun, N. (2023). MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI GURU. 9(1), 91–105.
Sari, D. P., Susanti, L., Nelitawati, & Ningrum, T. A. (2021). Tata Ruang Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7389–7393. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2122
Sedarmayanti, & Nursiswanto, E. (2020). Pengaruh Tata Ruang Kantor Terhadap
Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Sosial Kota Cimahi. Jurnal Ilmu Administrasi, XI(3), 501–510. http://jia.stialanbandung.ac.id/index.php/jia/article/view/66/pdf
Suryani, L., Sari, N., & Ibhar, M. Z. (2022). Jurnal AdministrasiPublik & Bisnis ANALISIS TATA RUANG KANTOR PADA KANTOR KELURAHAN LAKSAMANA
Jurnal AdministrasiPublik & Bisnis. 4(2), 48–52.
Triyani, L., Bisnis, A., & Vokasi, F. (2021). Peranan Tata Ruang Kantor Bagian Jaringan Pada Pt. Pln Up3 Lahat Sumsel. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Vokasi (Semhavok), 3(1), 86–93. https://conference.binadarma.ac.id/index.php/semhavok/article/view/1935
Yusuf Herlambang, D., Murwaningsih, T., & Rahmi Akbarini, N. (2023). Analisis tata ruang kantor di bagian umum perusahaan daerah air minum (PDAM) Kota Surakarta. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 7(1), 2023.