Dianarieva (44200530), Pengaruh Tiktok Terhadap Kreativitas Dalam Produksi Media (Mahasiswa Broadcasting Angkatan 2020 UBSI Margonda)
Dalam segala aspek kehidupan modern menggunakan internet berbasis aplikasi. Aplikasi Tiktok adalah platform media sosial yang pada saat ini tengah populer di Indonesia dan di seluruh dunia. Tiktok berkembang menjadi aplikasi digital berbasis video yang memproduksi berbagai konten, sehingga dapat mendorong penggunanya mengekspresikan kreativitas mereka. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Tiktok Terhadap Kreativitas Mahasiswa Broadcasting UBSI Margonda Angkatan 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan paradigma positivisme, dan desain penelitian ini menggunakan survey. Sampel penelitian ini mengambil sebanyak 55 responden. Didalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini terdapat teknik analisis data yang menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linear sederhana, uji T, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara Tiktok terhadap kreativitas mahasiswa Broadcasting UBSI Margonda dengan melihat hasil uji regresi linear menunjukkan signifikan sebesar 0,000 < 0,05 pada nilai signifikan yang telah ditetapkan, dan uji koefisien determinasi memperoleh signifikan sebesar 0,629 dikalikan dengn 100% maka mendapatkan hasil sebesar 39,5% yang dibulatkan menjadi 40%. Adapun hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan thitung > ttabel dengan angka 5,891 > 2,005, yang artinya terdapat pengaruh signifikan dari variabel Tiktok (X) terhadap variabel Kreativitas (Y). Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.
44200530_Dianarieva_Jurnal
44200530_Dianarieva_Cover
44200530_Dianarieva_Skripsi
Amalia Ferniansyah, Siti Nursanti, L. N. (2021). PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR GENERASI Z. Jurnal Ilmiah Indonesia.
AS Salsabila. (2023). BAB II Kajian Pustaka New Media.
avellyno Vedhitya. (2023). TikTok: Sejarah, Fenomena, dan Pengaruhnya bagi Kehidupan Digital.
BHB Juliansyah. (2023). Bab II Teori New Media.
Billi Silvia Damayanti. (2019). TARI REREYOGAN DI SANGGAR KEMBANG SORE DITINJAU DARI ASPEK SOSIAL BUDAYA.
Cindy Mutia Annur. (n.d.). Pertumbuhan Melambat, Jumlah Pengguna Media Sosial Global Capai 4,76 Miliar hingga Awal 2023.
Dahlia, S. (2021). Komunikasi Virtual Melalui Media Instagram Pada Remaja Di Desa Perawang Kecamatan Tualang. Skripsi Universitas Islam Riau, 91.
Dr. Masganti Sit, M. A., Dr. Khadijah, M. A., Fauziah Nasution, M. P., Sri Wahyuni, M. P., Rohani, M. P., Nurhayani, S.Ag, SS, M. S., Ahmad Syukri Sitorus, M. P., Raisah Armayanti, S.Pd, M. P., & Hilda Zahra Lubis, M. P. (2016). PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI Teori dan Praktik (September). PERDANA PUBLISHING.
E Sulistiawati. (2023). Dimensi Penggunaan Tiktok Bab II.
Effendy, O. U. (1993). Ilmu, Teori & Filsafat Komunikasi. PT. Citra Aditya Bakti.
Fitri, A. N., Pertiwi, L. B., & Sary, M. P. (2021). Pengaruh Media Sosial TikTok terhadap Kreativitas Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2019. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 13(1), 37–46. https://doi.org/10.23917/komuniti.v13i1.13045
GAPG Savitri. (2023). Sejarah Tiktok.
Haryanto, M., Sidauruk, A. C., Hendy, Y. B., Sabailaket, J. A., Purba, D. R., & Handoyo, E. R. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok terhadap Produktivitas Belajar Mahasiswa di Yogyakarta. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2), 330–341. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i2.7213
Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Mencegah Covid-19. Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 70–80. https://doi.org/10.36341/cmv.v5i2.1278
Hj., Dr. Kamila Adnani, M. S. (2021). METODE PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF. EFUDEPRESS.
Ii, B. A. B. (2009). Bab ii kajian konsep kemampuan pemecahan masalah matematis.
Kusuma, N. P. W. (2015). Motif dan Kepuasan penonton Program Ramadhan di Televisi Nasional.
Malimbe, A., Waani, F., & Suwu, E. A. A. (2021). Dampak Penggunaan Aplikasi Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Ilmiah Society, 1(1), 1–10.
Mawara, R. E. (2023). Dampak Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Mahasiswa Prodi Ppkn. Phinisi Integration Review, 6(2), 344. https://doi.org/10.26858/pir.v6i2.48058
Mulya, R. A. (2018). Hubungan antara Motif Penggunaan Fitur LINE Today dan Interaktivitas Khalayak dengan Kepuasan Khalayak Menggunakan Fitur LINE Today Resti Aprida Mulya Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro Semarang. Interaksi, 1–11.
Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262
Neneng Afiah. (2021). PENINGKATAN KREATIFITAS DAN INISIATIF GURU MELALUI MODEL ELEARNING DENGAN MEDIA VIDEO DI SEKOLAH DASAR NEGERI KUBANG KEMIRI KOTA SERANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. ISSN Online : 2597-3622, Hal 73-84.
Nisa Meida Putri. (2023). BAB-IV-HASIL-PENELITIAN-DAN-PEMBAHASAN UBSI MARGONDA.
NURIN NASHFATI. (2023). EFEKTIVITAS FITUR FOR YOUR PAGE (FYP) DI APLIKASI TIKTOK DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN HIBURAN.
Prof. Dr. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S.Pd (Ed.); Edisi Kedu). ALFABETA BANDUNG.
Rahajeng, R. S. (2022). Pengaruh Aplikasi Tiktok Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Kabupaten Magetan. Repository of Muhammadiyah University of Ponorogo, 2018, 40.
Rahmayanti, R. (2016). Kreativitas Belajar Pada Siswa. 62.
RD Amalia. (2021). Bab II Kajian Pustaka Teori Uses and Gratification.
Rezki Anisa Devi Paramita. (2023). PENGARUH TERPAAN MEDIA OVER THE TOP (OTT) TIKTOK TERHADAP KREATIVITAS MAHASISWA KOMUNIKASI UIN SUSKA RIAU.
Sofyan, E., & Ridzki Kurniawan, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Anak Usia Sekolah. MORES: Jurnal Pendidikan Hukum, Politik Dan Kewarganegaraan, 3(1), 47–56. http://mores.stkippasundan.ac.id/index.php
Sumarni. (2019). Kognisi Dan Kreativitas Sebagai Aktualisasi Human Self Di Era Generasi Z. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 8(2), 155–168. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/altazkiah/article/view/1194
Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.
Teori New Media. (n.d.).
ubsi. (2024). SEJARAH UBSI. https://www.bsi.ac.id/ubsi/sejarah-ubsi.ajax
Yudi1, K., , Dr. Herning Suryo Sarjono, M. S., , Andri Astuti Intisari, S. S., & M.I.Kom. (2022). KREATIVITAS MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS SLAMET RIYADI SURAKARTA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK UNTUK EKSISTENSI DIRI.