Strategi Komunikasi Interpersonal Pramugolf Dalam Membangun Customer Relations Pada PT. Damai Indah Golf-PIK Jakarta

research
  • 17 Oct
  • 2024

Strategi Komunikasi Interpersonal Pramugolf Dalam Membangun Customer Relations Pada PT. Damai Indah Golf-PIK Jakarta

Strategi komunikasi interpersonal merupakan rencana komunikasi yang dipilih untuk berinteraksi dengan seseorang dalam tindakan yang diambil untuk mencapai tujuan bersama. Strategi komunikasi interpersonal ini digunakan pramugolf dalam membangun hubungan baik di lingkungan pekerjaan. Strategi komunikasi interpersonal sangat penting dilakukan seorang pramugolf agar mampu memberikan informasi kepada customer, arahan kepada customer, pemahaman kepada customer, serta bisa menangani permasalahan yang ada antara pramugolf dan customer saat pekerjaan berlangsung. Sehingga pramugolf dan customer dapat membangun hubungan pekerjaan yang baik dan tujuan yang diinginkan dalam pekerjaan dapat tercapai. Penelitian ini diadakan bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi interpersonal dalam membangun customer relations dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pramugolf dalam proses komunikasi interpersonal kepada customer PT. Damai Indah Golf-PIK Jakarta. Penelitian ini menggunakan teori penetrasi sosial, yakni pramugolf harus melakukan tahapan-tahapan dalam membangun customer relations agar terciptanya komunikasi interpersonal yang efektif dan hubungan pekerjaan yang baik. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi interpersonal yang dilakukan pramugolf dalam membangun customer relations dilakukan dengan empat tahapan yaitu orientasi pramugolf memulai komunikasi dengan menyapa customer, pertukaran aktif eksplorasi dengan saling memberikan informasi antara pramugolf dan customer, pertukaran afektif adanya keterbukaan dan keluhan customer terhadap kondisi sesuatu yang disampaikan ke pramugolf, pertukaran stabil adanya nilai kepercayaan customer pada pramugolf saat terjadinya perbedaan pendapat.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi Interpersonal, Customer Relations, PT. Damai Indah Golf PIK-Jakarta

Unduhan

 

REFERENSI

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis, 5(2), 146–150.

Anas, N., & Sapri, S. (2022). Komunikasi Antara Kognitif dan Kemampuan Berbahasa. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:256972415

Bakti, S. (2021). Strategi Komunikasi Dasla Meningkatkan Hubungan Dengan Pelanggan PT Orix Indonesia Finance Pekanbaru. 4413.

Fazryah, N. (2022). Strategi Komunikasi Dalam Proses Pebelajaran Online Pada Dosen Dan Dan Penyiaran Islam Angkatan 2019 Dan Penyiaran Islam.

Fill, C. (2020). Marketing Communications: Interactivity, Communities and Content. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:58516939

Harahap. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=thZkEAAAQBAJ

Hari, S. N. (2020). Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Di Madrasah Ibtida’iyah Masyariqul Anwar Tanjung Karang. Jurnal Pendidikan (The Educational Jurnal}, July, 1–23.

Haryanto, T., Hidayah, A., & Alfalisyado. (2020). Komunikasi Bisnis Meode Implementasi.

Hasan, M. (2022). Ebook BC 24 Metode Penelitian Kualitatif.

Helmayuni. (2022). Pengantar Ilmu Komunikasi. Pradina Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=Y-B1EAAAQBAJ

Iffah, F., & Yasni, Y. F. (2022). Manusia Sebagai Makhluk Sosial. Lathaif: Literasi Tafsir, Hadis Dan Filologi. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:257068809

Kustiawam, W., Lubis, I. yanti, Natasya, Sartika, I., Dewi, F. K., Supriadi, T., & Anggianto, I. (2022). Teori Penetrasi Sosial Uinsuka. Kompasiana.Com, 2(2), 167–184. https://www.kompasiana.com/luisalvarisi/58c72ad7789373a836589983/teori-penetrasi-sosial-social-penetration-theory

Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Annisya, F. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP). https://books.google.co.id/books?id=637LEAAAQBAJ

Mamondol, M. R. (2021). Quantitative Approach Research Method. CV Media Sains Indonesia.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Morissan. (2021). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa Ed Revisi. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=DsM0EAAAQBAJ

Nabila, N. M. (2021). Strategi Customer Relations Honda Arista Sudirman Dalam Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan. http://repository.uin-suska.ac.id/49859/

Ngalimun. (2019). Pengantar Ilmu Komunikasi. PT RajaGrafindo Persada. https://books.google.co.id/books?id=dKqAtQEACAAJ

Nurrachmah, S. (2024). Analisis Strategi Komunikasi Dalam Membangun Hubungan Interpersonal Yang Efektif. Jurnal Inovasi Global, 2(2), 265–275. https://doi.org/10.58344/jig.v2i2.60

Octaviani, R., & Sutriani, E. (2019). Analisis Data dan Pengecekan Keabsahan Data.

Panguistik, Alhasbi, F., Ramli, R., & Asfar, H. (2022). Pengantar Ilmu Komunikasi.

Pramugolf (2021). id.wikipedia.org/wiki/Pramugolf, 2021

Rifa’i, Y. (2023). Analisis Metodologi Penelitian Kulitatif dalam Pengumpulan Data di Penelitian Ilmiah pada Penyusunan Mini Riset. Cendekia Inovatif Dan Berbudaya. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:260083252

Roudhonah. (2019). Ilmu Komunikasi (Edisi Revisi). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:214183957

Samudera, R. (2024). Definisi Konseptual Menurut Sugiyono: Pemahaman yang Menggugah Kreativitas. Menurut Sugiyono (Reda Samudera.id, 2024)

Saputra, W. N. E., Supriyanto, A., Rohmadheny, P. S., Astuti, B., Ayriza, Y., & Adiputra, S. (2019). The Effect of Negative Peace in Mind to Aggressive Behavior of Students in Indonesia. European Journal of Educational Research, 5(2), 61–72. https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.1.

Septiani, D., Azzahra, P. N., Wulandari, S. N., & Manuardi, A. R. (2019). Self Disclosure Dalam Komunikasi Interpersonal: Kesetiaan, Cinta, Dan Kasih Sayang. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(6), 265. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i6.4128

Sina, I. (2022). Metodologi Penelitian. Widina Bhakti Persada Bandung, 12–26.

Sudaryana, B. (2018). Metode Penelitian Teori Dan Praktek Kuantitatif Dan Kualitatif. Deepublish Publisher.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitan Kuantitatif. Alfabeta.

Syarif, I. (2022). Identifikasi Potensi Pengembangan Wilayah Pesisir Kelurahan Karang Anyar Pantai Kota Tarakan.

Thabroni, G. (2022). Strategi Komunikasi: Pengertian, Jenis, Tujuan, Prinsip, Tahap, dsb.

Ummah, A. H. (2021). Komunikasi Korporat (Teori dan Praktis). In Widina Bhakti Persada Bandung (Vol. 1, Issue September).

Wahyuni, M., Effendi, N., Zamil, I., & Husna, Me. (2022). Pengembangan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Baru Melalui Kemitraan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Wibowo, J. A., Priyowidodo, G., & Yoanita, D. (2021). Self-disclosure Dalam Komunikasi Interpersonal Pengguna Aplikasi Kencan Online Untuk Mencari Pasangan Hidup. E-Komunikasi, 9(2), 1–8. http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/11561

Yeni, P., & Netri, S. (2021). Internalisasi Penggunaan Kato Nan Ampek Dalam Komunikasi Interpersonal Siswa Di Man 3 Batusangkar. Abdimas Unwahas, 6(2), 139–143. https://doi.org/10.31942/abd.v6i2.5550

Zahir. (2023). Pengertian Customer Relationship (CRM) & 7 Cara Membangunnya.

Zulfirman, R. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 147–153. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758