Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan serta menggambarkan strategi komunikasi customer service yang diterapkan CV. Porta Citra Lestari dalam meningkatkan pelayanan pada pelanggan. Dalam era persaingan bisnis yang semakin ketat, kualitas layanan pelanggan menjadi kunci penting dalam mempertahankan dan menarik
pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme untuk memahami berbagai strategi komunikasi yang ada, termasuk teknik komunikasi verbal dan non-verbal, penggunaan media digital, serta mekanisme penanganan keluhan dan feedback. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan staf customer service, analisis dokumentasi internal, serta observasi lapangan yang dilakukan. Temuan peneliti menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang efektif, seperti pelatihan rutin untuk staf, penggunaan teknologi informasi untuk
mempermudah interaksi dan pendekatan personal dalam menangani masalah pelanggan, berperan signifikan dalam meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. Penelitian ini juga mengidentifikasi area-area yang memerlukan perbaikan untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan. Hasil dari studi ini diharapkan dapat memberikan
rekomendasi yang berguna bagi CV. Porta Citra Lestari dalam merancang dan mengimplementasikan strategi komunikasi yang lebih efektif.
Full Skripsi
Ali, Sanusi, & Qadariah, L. (2021). Strategi Komunikasi Customer Service dalam Meningkatkan Pelayanan di Koperasi Sejahtera Abadi Kota Banjarmasin. Universitas
Islam Kalimantan.
Arifin, A. (2010). Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar Ringkas. PT. Raja Grafindo
Persada.
Cangara, H. (2019). Pengantar Ilmu Komunikasi (4th ed.). Raja Grafindo Persada.
Effendy, O. U. (2008). Dinamika Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.
Effendy, O. U. (2008). Dinamika Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.
Hariyati, F., & Sovianti, R. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam
Mempertahankan Customer Loyalty pada Hotel Salak Bogor, Indonesia. CoverAge: Journal of Strategic https://doi.org/10.35814/coverage.v11i2.2019
Herna, Hiswanti, Hidayaturahmi, & Putri, A. A. (2019). Strategi Komunikasi Media Sosial untuk Mendorong Partisipasi Khalayak pada Situs Online kitabisa.com. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(2), 146–156.
Jatmiko, R. D. (2003). Manajemen Strategik. Penerbitan Universitas Muhammadiyah.
Laksana, F. (2018). Manajemen Pemasaran. Graha Ilmu.
Laswell, H. (1960). The Structure and Function of Communication in Society. University of Illinois Press.
Liliweri, A. (2018). Prasangka, Konflik dan Komunikasi Antarbudaya. Prenada Media.
Mahanani, F. P., Christanti, M. F., & Uljanatunnisa. (2020). Strategi Komunikasi Organisasi Fungsi Hsse Pt Pertamina Patra Niaga Dalam Menjaga Citra Perusahaan. Jurnal Pustaka Komunikasi, 3(1), 100–111.
Maryanto, T., & Syahida, A. R. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Hasil Penjualan di Kampung Keramik Dinoyo Kota Malang. Jurnal Komunikasi Nusantara, 1(1), 36–42. https://doi.org/10.33366/jkn.v1i1.8
Miles, M. B., & Huberman, B. A. (1982). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press.
Morissan, M. A. (2017). Metode Penelitian Survei. Kencana.
Mulyana, D. (2017). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. PT Remaja Rosdakarya.
Pace, R. W., Peterson, B. D., & Burnett, M. D. (1997). Techniques for Effective Communication. Addison-Wesley.
Philip, K., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing (16th ed.). Pearson Education Limited
Putri, A. L., & Kristiyani, D. N. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran CV.
AbankIrenk Yogyakarta dalam Meningkatkan Penjualan Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna 9(2),
63–72. https://doi.org/10.30659/jikm.v9i2.15753
Quinn. (1999). Strategi Pemasaran. Universitas Indonesia.
Rachmadani, C. (2013). Strategi Komunikasi dalam Mengatasi Konflik Rumah Tangga Mengenai Perbedaan Tingkat Penghasilan di RT.29 Samarinda Seberang. EJournal Ilmu Komunikasi, 1(1), 212–228.
Raodah. (2019). Strategi Komunikasi Efektif Customer Service Terhadap Peningkatan Pelayanan di Bank Sulselbar Cabang Barru. IAIN Parepare.
Rogers, C. R. (1982). Freedom to Learn for the 80’s. Charles E. Meril Publishing Company.
Siahaan, W. C., Hendra, Y., & Matondang, A. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Perusahaan Terbatas OPPO Indonesia dalam Meningkatkan Citra Smartphone OPPO. Perspektif, 6(1), 8–12. https://doi.org/10.31289/perspektif.v6i1.2539
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. CV Andi Offset.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sujarweni, W. V. (2020). Metodologi Penelitian. Pustaka Baru.
Surahmi, A., & Farid, H. M. (2018). Strategi Komunikasi dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Terhadap Pembangunan di Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Jurnal Komunikasi KAREBA, 7(2), 232–239.
Tunggala, S., & Saadjad, K. A. (2019). Strategi Komunikasi pada Dinas Kebudayaan dan
Pariwisata dalam Mempromosikan Objek Wisata Kabupaten Banggai. Jurnal Komunikasi, 11(2), 197–212. https://doi.org/10.24912/jk.v11i2.2714