PERANCANGAN DESIGN UI/UX APLIKASI PARIWISATA DENGAN IMPLEMENTASI KECERDASAN BUATAN MENGGUNAKAN CHATBOT

research
  • 17 Oct
  • 2024

PERANCANGAN DESIGN UI/UX APLIKASI PARIWISATA DENGAN IMPLEMENTASI KECERDASAN BUATAN MENGGUNAKAN CHATBOT

Pesatnya perkembangan teknologi, termasuk internet, telah mengubah gaya hidup masyarakat, mulai dari interaksi sosial hingga kebiasaan berwisata. Teknologi UI (User Interface) dan UX (User Experience) memainkan peran penting dalam merancang produk digital yang mudah digunakan. Pandemi Covid-19 berdampak negatif pada sektor pariwisata, namun pemulihan kini memungkinkan industri untuk tumbuh dengan bantuan teknologi Artificial Intelligence (AI). Penerapan chatbot dalam aplikasi pariwisata memberikan informasi real-time, menjawab pertanyaan, dan memberikan rekomendasi, sehingga meningkatkan pengalaman wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui desk research dan literature review, serta metode kuantitatif melalui survei online menggunakan Google Forms. Data dianalisis menggunakan metode Design Thinking. Hasilnya menunjukkan bahwa integrasi AI menggunakan chatbot dapat meningkatkan efisiensi layanan pariwisata. Usability testing dilakukan dengan 5 responden melalui Maze, menunjukkan hasil positif terhadap kemudahan penggunaan. Penelitian ini memberikan dasar untuk pengembangan lebih lanjut, meningkatkan daya saing dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi wisatawan. Integrasi AI dalam industri pariwisata diharapkan dapat menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di era digital yang terus berkembang.

Unduhan

 

REFERENSI

Adinegoro, A. H., Aziza, R. F. A., & Mufhadhal, M. F. (2022). Analisis Pengaruh User Interface Dan User Experience Platform Online Menggunakan Metode Heuristik. Respati, 17(2), 79. https://doi.org/10.35842/jtir.v17i2.463

Aditya, I. M. W. (2024). MENDORONG INOVASI : PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENT. 4(1), 1–6. https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/imagine/article/view/1049/548

Aji Yoga Pratama, L., Churin Ien Aulia, S., Imam Suwarso, G., Informasi, T., Walisongo Semarang Jl Hamka No, U., Ngaliyan, K., & Semarang, K. (2022). Perancangan User Interface Aplikasi Pemesanan Gor Online (Gornesia). Jurnal Innovation And Future Technology P-ISSN, 4(2), 2656–1719.

Al-Faruq, M. N. M., Nur’aini, S., & Aufan, M. H. (2022). Perancangan Ui/Ux Semarang Virtual Tourism Dengan Figma. Walisongo Journal of Information Technology, 4(1), 43–52. https://doi.org/10.21580/wjit.2022.4.1.12079

Gergely, S. (2024). PERANCANGAN UI/UX DESIGN APLIKASI MENGATASI FOODWASTE " HITASTY " ( UI/UX CHALLENGE DI PT IMPACTBYTE TEKNOLOGI EDUKASI ) (Issue February).

Hadafi, M. S., & Herlambang, B. A. (2021). Pengembangan UI/UX Design Studi Kasus Aplikasi Campaign Menggunakan Metode Design Thinking. Science and Engineering National Seminar, 6(Science and Engineering National Seminar 6 6), 297–307. http://conference.upgris.ac.id/index.php/sens/article/view/2373

Haryuda, D., Asfi, M., & Fahrudin, R. (2021). Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8(1), 111–117. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730

Pambudi, A. S., Fikri Masteriarsa, M., Dwifebri, A., Wibowo, C., Amaliyah, I., Adhitya, D., & Ardana, K. (2020). Majalah Media Perencana Perkumpulan Perencana Pembangunan Indonesia Volume. Majalan Media Perencanaan, 1(1), 1–21. https://mediaperencana.perencanapembangunan.or.id/index.php/mmp/article/view/1

Pratama, Z. A., Sari, A. P., & Mitro, S. (2023). Maze Design Usability Testing Pada Prototipe Aplikasi Iot Urban Farming Hips. Jurnal POLEKTRO: Jurnal Power Elektronik, 12(3), 2023.

R I, S. R., & Saputra, S. A. (2023). Perancangan Ui/Ux Design Pada Aplikasi Jasa Freelancer Berbasis Android Menggunakan Metode User Centered Design. Jurnal Ilmiah Matrik, 25(1), 7–14. https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v25i1.2279

Shirvanadi, E. C., & Idris, M. (2021). Perancangan ulang UI/UX situs e-learning aminkom center metode design thinking (studi kasus: amikom center). In Automata (Vol. 2). https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/19438/11541

Yuhandri, Y., Sovia, R., Syaiffullah, A., Yenila, F., & Permana, R. (2024). Penerapan Natural Language Processing Pada Sistem Chatbot Sebagai Helpdesk Obyek Wisata Menggunakan Metode Naïve Bayes. Jurnal Infortech, 5(2), 210–218. https://doi.org/10.31294/infortech.v5i2.20911

Yusuf, A. M., Gunawan, R., Priatna, A., & Pardian, R. A. (2023). Perancangan UI/UX Sistem Informasi Pembayaran Pengunaan Air Dengan Metode Design Thinking Pada Website PDAM Karawang. J-SISKO TECH (Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer TGD), 6(1), 8. https://doi.org/10.53513/jsk.v6i1.7359