Prosedur Retur Barang pada Prima Freshmart Pangkalan Asem Jakarta Pusat

research
  • 17 Oct
  • 2024

Prosedur Retur Barang pada Prima Freshmart Pangkalan Asem Jakarta Pusat

Nurhilfah (22210092), Prosedur Retur Barang pada Prima Freshmart Pangkalan Asem, Jakarta Pusat.

 

Retur barang dari toko ke gudang merupakan hal yang penting dalam suatu kegiatan operasional toko, demi menjaga loyalitas dan kepuasan pelanggan. Tujuan Penulisan ini untuk mengetahui prosedur retur barang pada Prima Freshmart Pangkalan Asem, Jakarta Pusat. Dalam penulisan Tugas Akhir penulis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu prosedur retur barang pada Prima Freshmart dimulai dengan adanya penyortiran barang, lalu penginputan data retur barang pada sistem, sampai tercetak nya surat jalan dan pengambilan barang retur. Adapun dokumen yang diperlukan untuk melakukan retur barang yaitu surat jalan. Kendala yang dihadapi  selama proses retur barang yaitu masalah jaringan ketika penginputan data retur, dan solusi dari kendala tersebut yaitu menunda waktu selama 1 minggu sampai jaringan kembali stabil. Dengan sistem retur barang yang baik maka Prima Freshmart menjaga kualitas barang yang dijualnya karna terpantau masa expired atau masa kedaluarwarsanya sehingga konsumen dapat mengkonsumsi barang yang dibelinya dengan aman.

Unduhan

 

REFERENSI

Fitria, L., Azmi, N., & Tuah Negeri, S. (2022). Analisis Prosedur Penjualan Rumah Secara Kredit Pada Pt Ana Indo Perkasa. Jimea | Jurnal Ilmiah Mea (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(2), 2022. Https://Www.Journal.Stiemb.Ac.Id/Index.Php/Mea/Article/View/2099/1073.

Guswai, C. F. (2018). How To Manage Retail Shrinkage And Loss Prevention. Gramedia Pustaka Utama. https://www.google.co.id/books/edition/How_to_manage_retail_shrinkage_and_preve/LwVaDwAAQBAJhl=id&gbpv=1&dq=How+To+Manage+Retail+Shrinkage+And+Loss+Prevention.&pg=PA20&printsec=frontcover

Irawan, Roy, Kusuma Dewi, I., & Wijaya, D. (N.D.). Analisa Prosedur Administrasi Pengadaan Barang Pada Pt Helix Sukses Makmur Tangerang (Vol. 5). https://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/1034/915

Jovanka, N. P., Fauzan, T. R., & Angelina, F. (2023). Peran Metode Smart Address Dalam Mengurangi Failed Return Pada Perusahaan Berbasis E-Commerce (Studi Kasus Pt. Xyz). Atrabis: Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 44–55. https://pdfs.semanticscholar.org/b09b/841c0d27ae270b2ae38bc81e5cefeb69b017.pdf

Junus, D., & Ambo, Z. (2020). Profil Perencanaan Logistik Non Medik Rumah Sakit Haji Makassar Overview Of Non Medical Logistic Planning Of The Haji Hospital, Makassar. Jurnal Penelitian Kesehatan Pelamonia Indonesia, 03, 2654–9921. https://ojs.iikpelamonia.ac.id/index.php/Kesehatan/article/view/250/270

Kusmira, T., & Santosa, B. (2021). Analisis Sistem Dan Prosedur Pembelian Terhadap Kas Pt. Wiratama Mitra Abadi. Cakrawala Ekonomi Dan Keuangan, 28, 1–7. https://jurnal.swins.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/32/31

Kusuma, N., Wahasusmiah, R., & Marisya, F. (2023). Prosedur Pencatatan Penerimaan Kas Di Pt. Surya Sapta Cakrawala Jakarta. Journal Of Accounting, 3(1), 365–374. Https://Ojs.Politeknikdarussalam.Ac.Id/Index.Php/Jakt/Article/Download/271/164

Mahmud, W. S. Pd M. E. (2021). Bisnis Online Smk/Mak Kelas Xii. Gramedia Widiasarana Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Bisnis_Online_SMK_MAK_Kelas_XII/Mv0WEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Bisnis+Online+Smk/Mak+Kelas+Xii.+Gramedia+Widiasarana+Indonesia.&pg=PR2&printsec=frontcover

Mulyadi. (2023). Sistem Akuntansi, Edisi 4 (4th Ed.). Penerbit Salemba Empat.

Oktaviandra, R., Riza Fahmi, M., & Suhardiman. (2023). Khiyar Dalam Jual Beli Dengan Sistem Retur Antara Distributor Dan Reseller. Journal Of Shariah Economic Law Faculty Of Shariah Iain Pontianak, 3(2), 397–402. https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/al-aqad/article/view/1764/727

Rizki, S. D., & Afdhal, M. (2024). E-Commerce:Memanfaatkan E-Commerce Dengan Benar. Cv. Gita Lentera. https://www.google.co.id/books/edition/E_Commerce_Memanfaatkan_E_Commerce_Denga/dtnwEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=E-Commerce:Memanfaatkan+E-Commerce+Dengan+Benar.+Cv.+Gita+Lentera.&pg=PR2&printsec=frontcover

Sanjaya, R., Hendarwan, D., & Marsinah. (2024). Prosedur Administrasi Pembelian Barang Pada Black Canyon Coffee Palembang. Journal Of Ilmiah Ilmu Pengetahuan Teknologi Dan Seni, 3(1), 319–340. Https://Ojs.Politeknikdarussalam.Ac.Id/Index.Php/Jiipts/Article/View/286

Sari, P., & Sazly, S. (2021). Prosedur Pelayanan Perpanjangan Iptm Pada Sudin Pertamanan Dan Hutan Kota Tpu Tegal Alur Unit Kristen Jakarta Barat. Jurnal Administrasi Bisnis, 1, 103–111. https://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jab/article/view/844/515

Simarmata, J. R., Putra, J., Chandra, T., Japit, S., Yudi, Sugianto, & Wiliyanto. (2022). Pelatihan Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Smk Immanuel. Jurnal Publikasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 25–31. file:///C:/Users/hp/Downloads/68-200-1-PB.pdf

Suhartini, M., & Arnova, I. (2020). Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt. Tunas Daihatsu Cabang Bengkulu. Jurnal Akuntansi Unihaz-Jaz,3,106–116. https://journals.unihaz.ac.id/index.php/jaz/article/view/1610/833

Triutomo, A. N., & Pradana, A. E. (2022). Alur Dan Prosedur Pelayanan Pasien. http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/11277/1/Modul%20Manajemen%20Rekam%20Medis%201-8.pdf