Strategi Komunikasi Organisasi Dalam Membangun Loyalitas Kerja Karyawan Pada CV. Mitra Karya

research
  • 17 Oct
  • 2024

Strategi Komunikasi Organisasi Dalam Membangun Loyalitas Kerja Karyawan Pada CV. Mitra Karya

Komunikasi diartikan sebagai suatu proses terjadinya pertukaran informasi ataupun ide serta pikiran dan perasaan antar individu ataupun kelompok dengan menggunakan simbol, tanda atau perilaku. Proses ini melibatkan pengiriman, penerimaan, dan interpretasi pesan-pesan yang dapat berupa verbal atau non-verbal (gesture, ekspresi wajah, intonasi suara). Tujuan komunikasi adalah untuk mencapai pemahaman bersama atau mempengaruhi tindakan dan pikiran orang lain. Komunikasi yang efektif sangat penting dalam berbagai kehidupan termasuk dalam hubungan personal, organisasi, pendidikan, dan media massa.

  1. Mitra Karya sendiri berdiri pada Tahun 1993. Dengan berbagai pengalamannya selama 11 tahun dan banyaknya relasi dengan klien. CV. Mitra Karya sekaligus menjadi kontraktor dalam pengerjaan dan pemasangan di lokasi proyek. CV. Mitra Karya rutin mengadakan kegiatan-kegiatan untuk karyawan nya, baik kegiatan didalam kantor maupun kegiatan khusus Akhir Tahun. Hal ini bertujuan untuk memperkuat jiwa loyalitas antar karyawan kepada Perusahaan, adapun kegiatan yang diadakan seperti mengadakan lomba-lomba pada saat acara tahunan serta acara makan bersama antar karyawan.

Metode penelitian yang bertujuan untuk memahami kenyataan melalui proses penalaran induktif. Peneliti terlibat langsung dengan situasi dan lingkungan fenomena yang diteliti, fokus perhatian pada realitas dan peristiwa Metode penelitian deskriptif pada umumnya bertujuan untuk menggambarkan secara akurat temuan penelitian dan variabel-variabel  dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan informasi yang mendalanm tentang fenomena yang diteliti, terdapat tiga metode utama pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi adalah langkah-langkah penting yang saling terkait dan mendukung keseluruhan integritas dan kualitas penelitian kualitatif.

Untuk Meningkatkan loyalitas kerja karyawan di CV. Mitra Karya mereka menerapkan nilai nilai kekeluargaan di lingkungan kerja. Hal ini juga di rasakan untuk semua para karyawan yang baru hingga yang suda lama bekerja.

Unduhan

 

REFERENSI

Tatham, S. (2008). Strategic communication: a primer. Shrivenham: Defence Academy of the United Kingdom.

Michael W. Gamble & Teri Kwal Gamble (1986)

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Artanti, A., & Novianti, R. (2021). Analisis bullying pada anak panti asuhan usia 0-6 tahun di panti asuhan Ar-rahim Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2848–2857. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1309

Fadhli, M. N. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi Di MIS Azzaky Medan. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 2(2), 8–21. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesa/article/view/139

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Feny Rita Fiantika, Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Haddar, G. Al. (2021). Pendampingan Pembuatan Instrumen Kualitatif. Jpkpm, 1(2), 83–86.

Herdiani, F. D. (2021). Penerapan Oracle Enterprise Architecture Development (OADP) Dalam Perancangan Arsitektur Sistem Informasi Manajemen Aset Properti: Studi Kasus PT. Pos Properti Indonesia. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 5(1), 31–38. https://doi.org/10.22437/jiituj.v5i1.12886

Kaharuddin. (2021). Equilibrium : Jurnal Pendidikan Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan, IX(1), 1–8. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium

Letsoin, V. R., & Ratnasari, S. L. (2020). Pengaruh Keterlibatan Karyawan, Loyalitas Kerja Dan Kerjasama Tim Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Dimensi, 9(1), 17–34. https://doi.org/10.33373/dms.v9i1.2316

Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., & Lestariningsih, N. D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Olahraga. In Вестник Росздравнадзора (Vol. 4, Issue 1).

Nasution, A. F. (2023). Buku Metodologi Penelitian.

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Putro,  wayu katon prabowo. (2021). Pengaruh beban kerja, kompleksitas tugas kepemimpinan dan budaya kerja terhadap loyalitas kerja karyawan PT Unicharm Indonesia. In Jurnal Ilmu Manajemen (Vol. 1, Issue 1, pp. 21–32). https://perpustakaan.unimas.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1330

Thalib, M. A. (2022). Pelatihan Teknik Pengumpulan Data Dalam Metode Kualitatif Untuk Riset Akuntansi Budaya. Seandanan: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.23960/seandanan.v2i1.29

Zamzami, W. S. (2021). StrategiKomunikasiOrganisasi. Journal Educational Research and Social Studies, Volume 2 N, 25–37.