Kulit merupakan organ terbesar pada tubuh manusia yang berada dibagian terluar. Kesehatan kulit yang buruk dapat menyebabkan berbagai macam penyakit kulit. Penyakit kulit rawan terjadi pada daerah tropis termasuk Indonesia. Hal ini dikarenakan keadaan suhu, cuaca, dan kelembaban udara yang berubah-ubah setiap waktu dan tidak menentu. Pendiagnosaan penyakit kulit sangat penting dilakukan secepat mungkin. Sedangkan dalam proses ini dibutuhkannya seorang dokter untuk melakukan diagnosa. Dalam proses ini memerlukan tenaga, waktu, dan uang untuk datang ke rumah sakit. Selain itu, kurangnya dokter spesialis yang memang khusus dalam menangani penyakit kulit juga menjadi salah satu faktor dalam keterlambatan penanganan penyakit kulit. Hal tersebut menjadi sebuah permasalahan besar yang perlu dihadapi. Oleh karena itu, teknologi menjadi sebuah solusi dikarenakan sudah berkembang pesatnya teknologi, salah satunya yaitu adalah Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence). Chatbot digunakan untuk calon pasien yang ingin melakukan diagnosa awal untuk menangani dan mencegah penyakit kulit yang dialami. Sehingga calon pasien ini bisa mencegah sebelum parah dan apabila ingin ke dokter, calon pasien ini sudah mengetahui apa penyakit yang diderita untuk memudahkan dokter dalam menanganinya.
Full_text
Jurnal
Albab, M. U., Karuniawati P, Y., & Fawaiq, M. N. (2023). Optimization of the Stemming Technique on Text preprocessing President 3 Periods Topic. Jurnal Transformatika, 20(2), 1–10. https://journals.usm.ac.id/index.php/transformatika/■page1
Alexandra, W. (2022). Penerapan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android Untuk Pembelajaran Rantai Makanan Pada Hewan. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(1), 107–116. https://doi.org/10.33365/jatika.v3i1.1864
Ananto, D. T., Duta Mahardewantoro, D., Mustafa, F., Ardianto, M. G., Rafi, M. M., Zein, R. A., Saputra, O. E., Mujiastuti, R., Rosanti, N., & Adharani, Y. (2023). Prosiding Seminar Nasional LPPM UMJ Website: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat E-ISSN: 2714-6286 Edukasi dan Pelatihan Pengenalan Machine Learning dan Computer Vision Untuk Mengeksplorasi Potensi Visual. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
Barjakly, Y., Koç, H., Erdoğan, A. M., & Peker, S. (2021). UML Diagrams in Software Engineering Research: A Systematic Literature Review. 13. https://doi.org/10.3390/proceedings2021074013
Efrian, M. R., & Latifa, U. (2022). Image Recognition Berbasis Convolutional Neural Network (Cnn) Untuk Mendeteksi Penyakit Kulit Pada Manusia. Power Elektronik : Jurnal Orang Elektro, 11(2), 276. https://doi.org/10.30591/polektro.v12i1.3874
Furqan, M., Sriani, S., & Shidqi, M. N. (2023). Chatbot Telegram Menggunakan Natural Language Processing. Walisongo Journal of Information Technology, 5(1), 15–26. https://doi.org/10.21580/wjit.2023.5.1.14793
Haryanto, I. D., & Saefurrahman, S. (2024). Implementasi Chatbot Kesehatan Kucing Melalui Dialogflow dan Telegram untuk Pemberian Informasi Penyakit dan Perawatan. JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, 5(4), 365–376. https://doi.org/10.35746/jtim.v5i4.484
Jaya, H., Sabran, D., Pd, M., Ma, M., Djawad, Y. A., Sc, M., Ilham, A., Ahmar, A. S., Si, S., & Sc, M. (2019). Kecerdasan Buatan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Nomor 9).
Meilinda, E., Sabaruddin, R., & Fitriani, D. (2021). Model Prototype Sebagai Metode Pengembangan Perangkat Lunak Pada Sistem Informasi Pengaduan Umum (Studi Kasus : Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 9(2), 86–91. https://doi.org/10.31294/jki.v9i2.11753
Musthofa, N., & Adiguna, M. A. (2022). Perancangan Aplikasi E-Commerce Spare-Part Komputer Berbasis Web Menggunakan CodeIgniter Pada Dhamar Putra Computer Kota Tangerang. Jurnal Ilmu Komputer dan Science, 1(03), 199–207. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal
Nabillah, R. (2021). Prevalensi Dermatitis Seboroik Di Poli Kulit Dan Kelamin Rsud Meuraxa Kota Banda Aceh Periode Tahun 2016-2019. Jurnal Health Sains, 2(1), 112–119. https://doi.org/10.46799/jhs.v2i1.77
Paksi, A. B., Hafidhoh, N., & Bimonugroho, S. K. (2023). Perbandingan Model Pengembangan Perangkat Lunak Untuk Proyek Tugas Akhir Program Vokasi. Jurnal Masyarakat Informatika, 14(1), 70–79. https://doi.org/10.14710/jmasif.14.1.52752
Perera, P., & Lankathilake, M. (2023). Preparing to Revolutionize Education with the Multi-Model GenAI Tool Google Gemini? A Journey towards Effective Policy Making. Journal of Advances in Education and Philosophy, 7(08), 246–253. https://doi.org/10.36348/jaep.2023.v07i08.001
Prasetyo, V. R., Benarkah, N., & Chrisintha, V. J. (2021). Implementasi Natural Language Processing Dalam Pembuatan Chatbot Pada Program Information Technology Universitas Surabaya. Teknika, 10(2), 114–121. https://doi.org/10.34148/teknika.v10i2.370
Sitohang, N. (2023). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Pada Manusia Menggunakan Metode Hybrid. Penerapan Data Mining Untuk Peringatan Dini Banjir Menggunakan Metode Klastering K-Means, 2(1), 16–20.
Tarkus, E. D., Sompie, S. R. U. A., & Jacobus, A. (2020). Implementasi Metode Recurrent Neural Network pada Pengklasifikasian Kualitas Telur Puyuh. Jurnal Teknik Informatika, 15(2), 137–144. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/29552