AU atau alternate universe adalah jenis fiksi penggemar di mana penulis menceritakan idola mereka dalam "dunia baru" dengan berbagai identitas. Fanfiction telah mengalami transformasi seiring dengan kemajuan teknologi di dunia media sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya daya tarik dari Twitter terhadap antusiasme alternate universe pada komunitas penulis di WhatsApp grup BFF Author Sejati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian ini menggunakan survey, sedangkan untuk pengambilan sampel digunakan teknik non probability sampling sehingga didapatkan 74 orang sebagai sampel. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linear sederhana, uji T, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara daya tarik twitter terhadap antusiasme alternate universe dilihat dari hasil uji regresi linear menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,291 > 0,05 nilai signifikan yang telah ditentukan dan uji koefisien determinasi didapatkan hasil sebesar 15% hal ini berarti bahwa variabel X memberikan partisipasi sebanyak 15% terhadap variabel Y. Adapun hasil uji hipotesis penelitian ini menunjukkan thitung (1,064) < nilai ttabel (1,993) yang berarti tidak ada pengaruh yang signifikan antara variabel Daya Tarik Twitter (X) terhadap Antusiasme (Y), sehingga dapat disimpulkan Ha ditolak dan H0 diterima.
Aditama, H. (2023). Analisis Fenomena Korean Wave Terhadap Sikap Fanatisme Pada Remaja Indonesia. Jurnal Psimawa, 6(1). https://doi.org/10.36761/jp.v6i1.2611
Bara, E. A. B., Nasution, K. A., Ginting, R. Z., & Kartini. (2022). Penelitian tentang Twitter. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 167–172.
Cecaria, A., Pratiwi, W. D., & Muhtarom, I. (2019). Register Kedokteran Dalam Klinik Hewan Pada Alternate Universe “Eknath” Di Twitter Serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Teks Narasi. Concept and Communication, 24(23), 301–316. https://doi.org/10.15797/concom.2019..23.009
El Farabi, Q. N. S. (2020). Motivasi Penggemar K-Pop sebagai Citizen Author Menulis Fan Fiction. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 34–52. https://doi.org/10.31937/ultimacomm.v12i1.1267
Fakhira, A., & Supriadi, Y. (2023). Pola Komunikasi Penulis dan Pembaca Cerita Fiksi dalam Memanfaatkan Media Komunikasi Platform Twitter. Bandung Conference Series: Public Relations, 3(2), 642–649. https://doi.org/10.29313/bcspr.v3i2.8551
Febriansha, D. (2023). Skripsi “ Fenomena Alternate Universe (AU) Boys Love di Twitter Sebagai Bentuk Ekspresi Diri .” https://repositori.untidar.ac.id/index.php?p=show_detail&id=14347
Feroza, C. S., & Misnawati, D. (2021). Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun @Yhoophii_Official Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan. Jurnal Inovasi, 15(1), 54–61. https://doi.org/10.33557/ji.v15i1.2204
Harahap, D. H., & Setiadi, D. (2023). Analisis Alih Wahana Alternative Universe Karya @Ijoscripts Ke Dalam Novel Hilmy Milan Karya Nadia Ristivani. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 159-169, 2(20), 159–169.
Herawati, L. (2021). Motif Dan Kepuasan Perempuan Penggemar Kpop Pada Fanfiction Bergenre Romansa Khususnya Teks Homoseksual Pria. Universitas Katholik Soegijapranata Semarang, 1–8.
Khairunnisa, D. P. (2024). Alternative Universe ( AU ) sebagai Saluran Koneksi Emosional dalam Budaya K-pop. 8(1), 180–191.
Komariyah, E., & Rachmani, T. N. (2022). Pengaruh Fiksi Penggemar: Alternative Universe (AU) Dalam Meningkatkan Minat Baca Remaja Indonesia (Studi Kasus Pembaca Alternative Universe Pada Fandom Treasure Makers). 9(April), 37–55. https://doi.org/10.15408/dialektika.v9i1.25282
Mardiyanti, R., & Kusuma, A. (2023). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal Sarjanawiyata Tamansiswa Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(1), 168–184. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i3.4454
Mulyana, A. (2020). Pengaruh Antusiasme Nasabah Terhadap Perkembangan Perbankan Syariah. As-Salam Jurnal Ilmiah Ilmu - Ilmu Keislaman, 3(1), 89–108.
Nadira, A. (2021). ANALISIS SIMULAKRA DALAM FANFICTION OLEH FANDOM K-POP: Studi Pada Fandom MyDay Di Twitter UPN Veteran Jakarta, Fakultas Ilmu Sosidal dan Ilmu Politik. 2000, 15–26.
Putri, E. A. (2019). Strategi Social Media Marketing USS FEED Dalam Membangun Social Media Engagement. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.
Ramayanti, S., & Rachmiatie, A. (2023). Korean Pop sebagai Inspirator dalam Pembuatan Karya Novel Romance. Bandung Conference Series: Public Relations, 3(2), 662–670. https://doi.org/10.29313/bcspr.v3i2.8607
Renita. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Tehadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Telkom Kabanjahe. 8–42. http://portaluqb.ac.id:808/534/4/BAB II.pdf
Saffanah, A., & Cussoy, A. (2018). Analisis Pengaruh Fiksi Penggemar Yang Terdapat Pada Platform Media Sosial Dalam Meningkatkan Minat Baca. 2012.
Saputra, R. U. (2022). Antusiasme Pencalonan Kepala Daerah Pada Pilkada 2017 di Aceh Barat Daya. 8.5.2017, 2003–2005. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders
Valenciana, C., & Pudjibudojo, J. K. K. (2022). Korean Wave; Fenomena Budaya Pop Korea pada Remaja Milenial di Indonesia. Jurnal Diversita, 8(2), 205–214. https://doi.org/10.31289/diversita.v8i2.6989
Yuniarti, I. (2019). Daya Tarik Program “Kekasih Juara” Oleh Dinas Kesehatan Kota Bandung (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Daya Tarik Isi Pesan Program “Kekasih Juara” Oleh Dinas Kesehatan Kota Bandung Dalam Memberikan Pelayanan Konseling Kepada Partisipannya). 1–15.