PENGEMBANGAN MEDIA EDUKASI ANIMASI INTERAKTIF MENGGUNAKAN MODEL WATERFALL PENGENALAN SAMPAH BERBASIS ADOBE ANIMATE

research
  • 17 Oct
  • 2024

PENGEMBANGAN MEDIA EDUKASI ANIMASI INTERAKTIF MENGGUNAKAN MODEL WATERFALL PENGENALAN SAMPAH BERBASIS ADOBE ANIMATE

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa dampak besar pada
berbagai bidang kehidupan, salah satunya yaitu bidang pendidikan atau pembelajaran.
Media pembelajaran yang hanya mengandalkan alat - alat tulis seperti buku, kertas, pensil
atau pena dalam proses belajar -mengajar menyebabkan terjadinya kesalahan komunikasi
antara guru dengan siswa. Dalam hal ini media pembelajaran harus lebih kreatif dalam
menerapkan metode pembelajaran guna meningkatkan minat belajar pada anak. Animasi
interaktif ini dikembangkan menggunakan model waterfall berbasis adobe animate.
Menggunakan metode kuesioner dengan responden yang mewakili pengguna. Dalam
pengisian kuesioner, penulis melibatkan 30 narasumber dan kuesioner yang terdiri dari 10
pertanyaan. Media pembelajaran yang disajikan tentu saja bertujuan untuk menumbuhkan
minat belajar pada siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa animasi tersebut
layak digunakan untuk menumbuhkan minat belajar siswa.

Unduhan

 

  • COVER.pdf

    COVER

    •   diunduh 10x | Ukuran 94,093

REFERENSI

Agung Trilaksono. (2021). Video Animasi Promosi Kampus Universitas Mahakarya
Asia Baturaja Menggunakan Adobe Animate 2021. JurnalInformatika Dan
Komputer (JIK), VOL. 12(No 2 (2021): JIK-Jurnal Informatika dan Komputer), 1
16.
Alfiansyah. (2023). Pengembangan Aplikasi E-Commerce Menggunakan Metode Web
Information System Development Methodology (Studi Kasus: Jaks Store. Id).
Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 4(1), 1–10.
Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi
Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik
Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18.
Arsyad, R. Bin, Badu, S. Q., Abbas, N., & Hulukati, E. (2022). Buku Ajar
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Storyboard Untuk Pembuatan
Multimedia Interaktif. 22.
Chairudin. (2022). Animasi Interaktif Pengenalan Alat Transportasi Pada TK Islam Al
Amin Bekasi. Aswaja, 1(2), 336–352.
Haryadi, R., Nuraini, H., & Kansaa, A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E
Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. AtTàlim : Jurnal Pendidikan, 7(1), 2548
4419.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran.
In Tahta Media Group.
Lesmono, I. D. (2019). Animasi Berbasis Multimedia Untuk Siswa Berupa Pengenalan
Moda Transportasi Dengan Metode Waterfall. Swabumi, 7(1), 20–30.
Lesmono, I. D., & Mulyadi, M. (2019). Perancangan Animasi Interaktif Pengenalan Peta
Indonesia Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Sekolah Dasar. EVOLUSI :
Jurnal Sains Dan Manajemen, 7(2), 43–52.
Nandari, K., Akhbar, T., & Tanzimah, T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran
Interaktif Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 235
Palembang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 354–361.
Nasir, et, A. (2023). PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT INTERAKTIF DALAM
PEMBELAJARAN DI SEKOLAH SUATU KENISCAYAAN DI ERA DIGITAL. 9,
356–363.
Nurseptaji. (2021). Rancangan Implementasi Animasi Interaktif Edukasi Pengenalan
Sampah Berdasarkan Jenisnya. Jurnal Responsif : Riset Sains Dan Informatika,
3(2), 223–232.
47
Prastyo. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Adobe Animate Cc Pada
Materi Gerak Parabola. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1), 25–35.
Prihatmoko, S., Sumaryanto, S., & H, R. Z. (2023). Desain Animasi 2D Pengetahuan
Dasar Bahaya Narkoba Bagi Pemuda Dengan Metode Ptp Pada Disporapar Kendal.
Pixel :Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 16(1), 92–100.
Pristika dewi. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Pemilahan Sampah Berbasis Flash
Pada SDN Margahayu XVII. INFORMATION MANAGEMENT FOR
EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, 5(2),
75.
Putra, A. (2022). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Aplikasi
Adobe Flash Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Digital, 2(1), 28–35.
Putri, D. N. S., Islamiah, F., Andini, T., & Marini, A. (2022). Analisis Pengaruh
Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa
Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 365–376.
Repi, Y. M., Wonggo, D., & Liando, O. E. S. (2021). EduTIK: Jurnal Pendidikan
Teknologi Informasi dan Komunikasi Volume 1 Nomor 5, Oktober 2021. EduTIK:
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(5), 773.
Rifky Praditya Wirawan. (2020). Pengembangan Perangkat Media Pembelajaran
Interaktif Berbasis Adobe Animate Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan
Elektronika. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 09(03), 507–516.
Suartama, K. (2022). Animasipembelajaran.
Tasril, V. (2022). Pengembangan Aplikasi Multimedia Interaktif Pembelajaran
Matematika Untuk Siswa SMA. LOFIAN: Jurnal Teknologi Informasi Dan
Komunikasi, 1(2), 38–44.
Tri Alparisa, E., Wahyudi, J., & Sudarsono, A. (2022). Adobe Animate CC Application
As Alternative Learning Media For School Students Elementary School At State
Elementary School 01 Bengkulu City Aplikasi Adobe Animate CC Sebagai
Alternatif Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Di SD Negeri 01 Kota
Beng. Jurnal Komputer, 1(1), 7–12.
Wacanno, O. A., Kuswara, H., Mukhayaroh, A., Informasi, S., & Mandiri, N. (2022).
Multimedia Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Sebagai Game Edukasi
Dalam Pengenalan Mata Uang Rupiah Pada Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar.
Indonesian Journal on Networking and Security, 11(3), 168–175.
Wijayanto, R. (2014). Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Bahasa Inggris
Untuk Kelas 2 Pada MI Nurul Falah Ciater. AMIK Bina Sarana Informatika
Purwokerto, II(1), 1–11.