Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan bentuk pelanggaran Etika Bermedia Sosial pada film “Budi Pekerti”. Fokus penelitian ini menggunakan studi deskriptif dengan menggunakan analisis Semiotik Charles Sandres Peirce. Dengan mengkaji tanda dan makna dalam Etika Bermedia Sosial di film “Budi Pekerti” data ini diperoleh dengan mengobservasi adegan scene dalam film yang menunjukkan adanya tindak diksriminasi Etika Bermedia Sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film “Budi Pekerti”, mengandung banyak unsur nilai Etika Bermedia Sosial terhadap penting nya menjaga privasi orang lain. Inplikasi dalam penelitian ini yaitu: (1) Memperhatikan makna yang ada pada sebuah film, Hal ini perlu diperhatikan supaya mayarakat sadar akan penting nya Penggunaan Media Sosial secara bijak dan bertanggung jawab (2) Penelitian ini bertujuan untuk menyampaikan pesan moral tentang penting nya Etika Bermedia Sosial.
Kata Kunci: Etika Bermedia Sosial, Film, Semiotika
Cover Skripsi_44201031_Madinatuzzahroh
Jurnal Skripsi
Representasi Etika Bermedia Sosial Pada Film "Budi Pekerti" (Analisis Semiotik Charles Sanders Peirce)
Afriani, F., & Azmi, A. (2020). Penerapan Etika Komunikasi di Media Sosial.
Journal of Civic Education, 3(3), 331–338. https://doi.org/10.24036/jce.v3i3.372
Alamsyah, F. F. (2020). Representasi, Ideologi dan Rekonstruksi Media. Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(2), 92–99. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jail/article/view/2540
Apriliany, L. (2021). Peran Media Film Dalam Pembelajaran Sebagai. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascsarjana Universitas PGRI Palembang 15-16, 191–199.
Arifandi, A., & Simamora, I. Y. (2023). Penerapan Etika Komunikasi di Media Sosial: Analisis Pada Grup WhatsApps Having Fun. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 25(1), 306. https://doi.org/10.26623/jdsb.v25i1.4479
Bisri Mustofa, M. (2022). Fungsi Komunikasi Massa Dalam Film. At-Tawasul, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.51192/ja.v2i1.324
Dakwah, J., & Vol, K. (2024). Portrait of the figure of Buya Hamka in the film Buya Hamka Vol . 1 ( A Semiotic Study ). 9(1), 105–120.
Dan, I., Dalam, S., Anak, C., & Wulandari, S. (2020). Titian: Jurnal Ilmu Humaniora Vol. 04, No. 1, Juni 2020. 04(1), 29–41.
Gani, M. A., & Nuraeni, R. (2019). Representation Social Criticism in the
Documentary Film of Behind a Frequency. E-Proceeding of Management, 6(3), 6672–6690.
Hafidz, J. (2021). Cyberbullying, Etika Bermedia Sosial, dan Pengaturan Hukumnya.
Jurnal Cakrawala Informasi, 1(2), 15–32. https://doi.org/10.54066/jci.v1i2.147
Kirana, W. G. C., & Kusuma, A. (2023). Analisis Resepsi Pengguna Media Sosial Terhadap Kejahatan Dunia Maya Pada Film Dokumenter the Tinder Swindler 1. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(2), 551–560. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/index
Mutiah, T., Albar, I., Fitriyanto, & A.Rafiq. (2019). Etika Komunikasi Dalam Menggunakan Media Sosial. Global Komunika, 1(1), 14–24. http://ejournal.stikom- db.ac.id/index.php/processor/article/view/107/105%0Ahttps://core.ac.uk/downl oad/pdf/287201763.pdf
Putra, A. E., Doho, Y. D. B., Savitri, G. A., & Fianto, L. (2023). Prinsip dan Etika Komunikasi dalam Penggunaan Media Baru. Jurnal Nomosleca, 9(2), 216–232. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v9i2.9815
Rohmah, M. (2024). Pesan Singkat Film Budi Pekerti: Beretika dalam Bermedia. AL MIKRAJ: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 4(2), 1–15. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/almikraj/article/view/4396/2362
Sari, A. F. (2020). Etika Komunikasi. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 127–135. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.152
Sopi, P. A., Elmadani, S., Sari, E., Nadya N, N., & Fajrussalam, H. (2022). Analisis Etika Komunikasi Film Animasi Syamil Dodo Sebagai Konten Edukasi Islam. Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan) , 5(1), 65–84. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/jika/article/view/4131
Utama, R., Bo’do, S., & Lumanauw, G. (2023). REPRESENTASI ANAK DALAM
FILM GARAPAN SINEAS LOKAL KOTA PALU (Analisis Semiotika Pada Film Halaman Belakang dan Film Gula & Pasir). Kinesik, 10(1), 62–81. https://doi.org/10.22487/ejk.v10i1.600