ANALISIS PROSEDUR PENJUALAN ONLINE PADA PT. ARMED PUTRA MANDIRI MENGGUNAKAN ANALISA DESKRIPTIF

research
  • 16 Oct
  • 2024

ANALISIS PROSEDUR PENJUALAN ONLINE PADA PT. ARMED PUTRA MANDIRI MENGGUNAKAN ANALISA DESKRIPTIF

PT. Armed Putra Mandiri (APM) dengan perusahaan yang bergerak di bidang
perdagangan serta pengadaan barang dan jasa kesehatan, laboratorium, farmasi dan
kedokteran untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit. PT. Armed Putra Mandiri ini sudah
berkecimpung di dunia penjualan alat kesehatan sejak tahun 2019 yang berlokasi di Ruko
Bukit Kelapa Gading sudah pasti memiliki prosedur tersendiri dalam mengelola bisnis
mereka. Namun tidak jarang ada kendala muncul dalam berjualan, sekarang sudah
canggih dan semua orang menggunakan internet untuk berbelanja. Sehingga dengan
penerapan penjualan online ini sangat mempermudah banyak pihak, baik pihak
konsumen, maupun penjual. PT. Armed Putra Mandiri mendirikan toko offline
pertamanya yang bernama Kumara Health. Dalam pelaksanaan proses penjualan masih
konvensional langsung ke toko. Oleh karena itu, kami mencoba untuk memperluas
jangkauan konsumen yang dapat membeli alat kesehatan dengan menjual di media
platform online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur dalam berjualan dan
jangkauan pasar yang didapat dalam penjualannya di marketplace. Dalam menggunakan
penjualan melalui Ginee OMS sekiranya dapat meningkatkan omset dan juga sebagai
media dalam memasarkan produk kesehatan. Dalam melakukan penelitian informasi
penjualan ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang didapat dari penelitian ini
adalah konsumen yang sering berbelanja merupakan konsumen B2B (Bisnis to Bisnis)
mereka akan menjual kembali alat kesehatannya tersebut.

Unduhan

 

REFERENSI

Ayu, S., & Lahmi, A. (2020). Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama
pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(2), 114–123.


Azimah, F., & Wardani, K. R. N. (2022). Klasifikasi Deteksi Gejala Awal COVID-19
Dengan Metode Logistic Regression, Random Forest Classifier dan Support
Vector Machine. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 1(6), 405–418.


Basu Swastha Dharmmesta. (2014). Manajemen Pemasaran (Cetakan ke). BPFE
Yogyakarta.


Hidayatullah, S., & Suseno, H. B. (n.d.). Implementasi sistem penjualan online berbasis
E-Commerce pada usaha rumahan Griya Unik Wanita.


Iqbal Khana Rahmatullah, R. R. A. (2023). E–COMMERCE TOKO RUMATHRIFT:
AMIK PGRI KEBUMEN. JURNAL SINKOM (Sistem Informasi, Informatika
Dan Komputer), 3(1), 146– 158.


MM, S. Kom., Rudini, A. (2023). Sistem Informasi Manajemen (S. P. Nurjanah, Ed.). CV.
Azka Pustaka.


Mustopa, M., Junaedi, I., & Sianipar, A. Z. (2021). Sistem Informasi Penjualan Dan
Pengendalian Stock Barang Bangunan Pada Toko Bangunan Delima. Jurnal
Manajemen Informatika Jayakarta,
https://doi.org/10.52362/jmijayakarta.v1i2.447

Nurhalijah, I. S., Suarna, I. F., & Marhamah, M. (2024). Peran Kewirausahaan Dalam
Mendorong Pertumbuhan UMKM Melalui E-Commerce Di Desa Bojong Kalapa.
Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB), 1(3), 177–184.


Rahmat Hasan, N., & Indriyati, R. (2020). Optimalisasi Penerapan Prosedur Keselamatan
Kerja di PT. Pertamina (Persero) Ru-VI Balongan. Majalah Ilmiah Gema Maritim,
22(1), 49–59. https://doi.org/10.37612/gema-maritim.v22i1.51


Risald, R. (2021). Implementasi Sistem Penjualan Online Berbasis E-Commerce Pada
Usaha Ukm Ike Suti Menggunakan Metode Waterfall. Journal of Information and
Technology, 1(1), 37–42.


Riswandi, D. (2019). Transaksi online (e-commerce): peluang dan tantangan dalam
perspektif ekonomi Islam. Jurnal Econetica, 1(1), 1–13


Sari, P., & Sazly, S. (2021). Prosedur Pelayanan Perpanjangan IPTM Pada Sudin
Pertamanan Dan Hutan Kota TPU Tegal Alur Unit Kristen Jakarta Barat. Jurnal
Administrasi Bisnis, 1(2), 103– 111. https://doi.org/10.31294/jab.v1i2.844


Sendianto. (2021). Analisis Pengaruh Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Produk
Beserta Peramalan Penjualannya (Studi Kasus Pada Pt. Askotama Inti Nusantara).
Jurnal Manajemen & Bisnis Aliansi, 16(2), 85–94.


Yosepha, M. O., & Purba, M. M. (2024). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
PENJUALAN BARANG BERBASIS WEB DI PT. BANGUN SINERGI
BERJAYA. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 11(1), 121–
132.