ANALISIS PENERAPAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BERITA DARING (STUDI KASUS : DETIKCOM)

research
  • 16 Oct
  • 2024

ANALISIS PENERAPAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BERITA DARING (STUDI KASUS : DETIKCOM)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk mengetahui penerapan isi (content) terhadap kepuasan pelanggan berita daring studi kasus (Detikcom), Bagaimana penerapan akurasi (accuracy) terhadap kepuasan pelanggan berita daring studi kasus (Detikcom). tenik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dan mnggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian merupakan hasil dari proses penelitian yang telah dilakukan. Adapun hasil penelitian ini sesuai dengan tujuan penelitian yaitu 1) untuk mengetahui penerapan isi (content) terhadap kepuasan pelanggan berita daring studi kasus (Detikcom). 2) untuk mengetahui penerapan akurasi (accuracy) terhadap kepuasan pelanggan berita daring studi kasus (Detikcom).

 

Unduhan

 

REFERENSI

Asmarantika, R. A., Prestianta, A. M., Evita, N. (2022). Pola Konsumsi Media Digital dan Berita Online Gen Z di Indonesia. Jurnal Kajian Media, Vol. 6, No. 1, Halaman 34-44.

 

Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

 

Azzumar, M.F. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi Mobile Tiket.Com Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs) yang dikembangkan. Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

 

Doll, W. J., & Torkzadeh, G. (1988). The Measurement of End-User Computing Satisfaction. MIS Quarterly, 12(2), 259. doi:10.2307/248851 

 

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2014). APJII Jumlah Pengguna Jasa Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. Diakses dari https://apjii.or.id/berita/

 

Ghozali, I. (2020). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

 

Hermawan. (2023). Penerapan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Aplikasi Klik Indomaret. Vol 01 No 07.

 

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo. Press.

 

Kadafi, T.A. (2022). Penerapan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) Untuk Evaluasi Kepuasaan Pengguna Pada E -Learning UNSRI (Studi Kasus : Universitas Sriwijaya). Skripsi. Fakultas Ilmu Komputer Jurusan Sistem Informasi Universitas Sriwijaya

 

Katadata Media Network. (2022). Ini Media Online Paling Banyak Dikonsumsi Warga Indonesia. Penulis Reza Pahlevi diakses dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/16/ini-media-online-paling-banyak-dikonsumsi-warga-indonesia 

 

Kotler, P. 2018. Manajemen Pemasaran (Edisi Milenium). Jakarta: PT Prenhalindo.

 

Kotler, Philip. & Amstong, Gary. 2019. Dasar-Dasar Pemasaran (Priciples of marketing). Jakarta : prenhallindo.

 

Kurniawan . (2023). Pembuatan Portal Internal Website Sekolah dengan Menggunakan Adobe Flex, PHP dan MySQL. Jakarta Selatan

 

Lupiyoadi, Rambat. (2020). Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Pratek. Jakarta: PT salemba Empat.

 

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, A. (2020). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta, Salemba Empat.

 

Pamungkas. 92018). Pembuatan Website Sebagai Sarana Penyampaian Informasi Menggunakan PHP dan MySQL Study Kasus Yogya Tv Yogyakarta. STIMIK AMIKOM Yogyakarta.

 

Pramudibyo. (2024). Penerapan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) terhadap Kepuasan Pengguna. Vol. 01 No. 04

 

Putranto. (2024). Penerapan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) terhadap Kepuasan Pelanggan. Vol 02 No. 01

 

Rangkuti, Freddy. (2021). Measuring Customer Satisfaction (cetakan ketiga). Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

 

Rosemarwati, T. U., Lindawati, L. (2019). Penggunaan Media Sosial sebagai Sumber Berita oleh Jurnalis Media Daring di Indonesia. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, Vol. 23, No.2, Halaman 101-114

 

Sugiyono. (2022). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Sunarto. (2020). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: AMUS Jogyakarta dan CV. Ngeksigondo Utama

 

Tjiptono, Fandy. (2021). Prinsip dan Dinamika Pemasaran. Edisi pertama. Yogyakarta: J&J Learning.

 

Tjiptono, Fandy. (2021). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.