Di era digital yang terus berkembang, proses komunikasi untuk menyampaikan pesan atau informasi tidak hanya melalui surat kabar. Pesan komunikasi dapat disampaikan secara langsung maupun menggunakan media. Media yang biasa digunakan untuk menyampaikan pesan komunikasi diantaranya iklan, artikel, buku, lagu, koran, dan film. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pesan moral dalam penggunaan media sosial yang disampaikan dalam film Budi Pekerti karya Wregas Bhanuteja dengan menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika untuk mengkaji tanda-tanda dan simbol yang digunakan dalam film tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Wregas Bhanuteja secara efektif menggunakan elemen-elemen visual dan naratif untuk menyampaikan pesan moral tentang dampak positif dan negatif media sosial. Melalui analisis semiotika, penelitian ini mengidentifikasi berbagai simbol dan tanda yang menggambarkan dinamika interaksi sosial, ketergantungan teknologi, dan konsekuensi etis dari penggunaan media sosial.
Isi Skripsi
Cover Skripsi
Amin, S. M. (2016). Ilmu Akhlak. Amazah.
Arifin, N. F., & Fuad, A. J. (2021). Dampak Post-Truth di Media Sosial. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 10(3), 376–378. https://doi.org/10.33367/ji.v10i3.1430
Cineverse. (2023). Review Budi Pekerti (2023). Retrieved from https://cineverse.id/review-budi-pekerti-2023/
DataReportal.com (2024) Digital 2024: Indonesia. Retrieved from https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia
Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132
Dewi, I. Y. (n.d.). REPRESENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER.
Ginting, R., Yulistiyono, A., Rauf, A., Manullang, S. O., Siahaan, A. L. S., Kussanti, D. P., Ardiansyah, T. E., Djaya, T. R., Ayu, A. S., & Effendy, F. (2021). Komunikasi dalam media sosial: Saring sebelum sharing. Penerbit Insania.
Handadari, F. A. (n.d.). Peran Film Pendek Islami Dalam Meningkatkan Pengetahuan KeIslaman (Study Pada Siswa SMA Muhammadiyah Pringsewu) Skripsi Diajukan untuk Melangkapi Tugas-tugas dan Memenuhi Syarat-syarat.
Hasna, A., Rahma Anjani, A., Nurdiyatnika, R., Nurhadi, Z. F., & Kunci, K. (n.d.). HUMANTECH JURNAL ILMIAH MULTI DISIPLIN INDONESIA ANALISIS SEMIOTIKA PESAN MORAL DALAM DRAMA KOREA “MOVE TO HEAVEN.”
Kartini, K., Fatra Deni, I., & Jamil, K. (2022). REPRESENTASI PESAN MORAL DALAM FILM PENYALIN CAHAYA. SIWAYANG Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Pariwisata, Kebudayaan, Dan Antropologi, 1(3), 121–130. https://doi.org/10.54443/siwayang.v1i3.388
Miles, M. B., Huberman, M., & Saldana, J. (n.d.). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). Sage Publications.
Nurgiyantoro, B. (2018). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press.
Nurhuda, A. (2021). PESAN MORAL DALAM KISAH UMAR BIN KHATTAB PADA KITAB AROBIYYAH LIN NASYII’N 4. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(4), 38–46. https://doi.org/10.56806/jh.v2i4.42
Nur, S., Program, F., Bahasa, S., Sastra, D., & Fakultas Bahasa, I. (2021). Analisis Semiotika Roland Barthes pada Film “Nanti Kita Cerita Hari Ini” (NKCTHI) Karya Angga Dwimas Sasongko. In Journal Anthology of Film and Television Studies (Vol. 1, Issue 2).
Pateda, M. (2001). Semantik Leksikal (Edisi Kedua). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:221333594
Sugiyono, & Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif, dan Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional) (Sunarto, Ed.). ALFABETA.