ABSTRAK
Rani Oktariani Nur Zain (12211073), Perancangan Desain UI/UX Website Pelelangan Barang Mewah Atau Luxury Auction Pada Program Studi Independen PT. Pintar Pemenang Asia
Studi Independen program Start-up Garage di PT. Pintar Pemenang Asia bertujuan untuk mengeksplorasi ide-ide startup di Indonesia dengan pendekatan problem-based learning. Final Project program ini berupa ide bisnis berteknologi (start-up) dengan implementasi desain UI/UX. Ide bisnis pelelangan barang mewah dengan implementasi desain UI/UX Website Luxury Auction dirancang untuk mengatasi masalah para High Net Worth Individuals (HNWI) yang mengalami kesulitan dalam menemukan informasi mengenai barang mewah karena akses yang terbatas serta waktu pencarian yang cukup lama. Website ini bertujuan memberikan platform bagi HNWI untuk memperoleh barang mewah dengan akses yang mudah, aman, dan cepat secara lelang. Proyek ini dibangun menggunakan metode design thinking dengan lima tahapan yaitu, empathize, define, ideate, prototype, dan test. Tahapan ini digunakan untuk memahami calon pengguna website dan mengimplementasikan desain yang akan dirancang agar sesuai kebutuhan pengguna. Pengumpulan data yang dilakukan secara kualitatif dengan melakukan wawancara terhadap HNWI dan pengumpulan data dengan studi pustaka sebagai penunjang penelitian. Dari tahapan design thinking dan pengumpulan data secara kualitatif menghasilkan desain UI/UX Website Pelelangan Barang Mewah atau Luxury Auction yang mengkhususkan pada tiga kategori barang mewah yaitu, mobil mewah/langka, motor besar, dan properti mewah. Fitur-fitur unggulan dari Website Luxury Auction meliputi sistem pencarian yang canggih, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menemukan barang yang diinginkan berdasarkan kategori dan kriteria spesifik. Selain itu, platform ini juga dilengkapi dengan sistem lelang online yang aman dan transparan, serta integrasi dengan berbagai metode pembayaran populer. Dengan demikian, Website Luxury Auction tidak hanya menawarkan pilihan barang mewah yang beragam, tetapi juga memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna dalam bertransaksi.
Kata Kunci: UI/UX, Design Thinking, Pelelangan Barang Mewah, High-Net-Worth Individual (HNWI), Website Luxury Auction
Full_File Tugas Akhir
DAFTAR PUSTAKA
Andriani, F., & Aprilina, H. D. (2023). Hubungan Proses Pembelajaran dan Program Studi dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa MBKM Studi Independen E-Commerce. Proceedings Series on Health & Medical Sciences, 4, 114–121.
Apriani, D., Ramadhan, T., & Astriyani, E. (2022). Kerja lapangan berbasis website untuk sistem informasi manajemen praktek (studi sistem informasi program studi kasus merdeka belajar kampus merdeka (mbkm) universitas raharja. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(1), 24–29.
Ardiatma, D. (2023). Penerapan Quick Respon Code (Qr Code) Sebagai Alat Verifikasi Data Untuk Mencegah Kecurangan Pada Pembuatan Rekening Pdam Bumdes Di Desa Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta Berbasis Web. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 5(4), 534–541.
Auliazmi, R., Rudiyanto, G., & Utomo, R. D. W. (2021). Kajian Estetika Visual Interface Dan User Experience Pada Aplikasi Ruangguru Aesthetic Studies Of Visual Interface And User Experience Of The Ruangguru Application. Jurnal Seni Dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 4(1), 21–36.
Cahnia, Z. A., Darubekti, N., & Samosir, F. T. (2021). Pemanfaatan Mendeley Sebagai Manajemen Referensi pada Penulisan Skripsi Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas Bengkulu. Palimpsest: Journal of Information and Library Science, 12(1), 48–54.
Darmalaksana, W. (2020). Metode Design Thinking Hadis Pembelajaran, Riset & Partisipasi Masyarakat. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Elita Tarihoran, J., Ika Mardiani, M., Dwi Putri, N., Sari Novareila, R., Sofia, A., & Farida Adi prawira, I. (2021). PENTINGNYA SOSIAL MEDIA SEBAGAI STRATEGI MARKETING START-UP DI INDONESIA (Vol. 9, Issue 1). http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/kreatif
Fuadi, T. M. (2022). Konsep merdeka belajar-kampus merdeka (MBKM): Aplikasinya dalam pendidikan biologi. Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi Dan Kependidikan, 9(2), 38–55.
Hendra, H., Wahyuningsih, Y., & Mahendrasusila, F. (2024). RANCANG BANGUN SISTEM PROSES TRANSAKSI PERUSAHAAN BERBASIS WEBSITE DENGAN METODE AGILE DEVELOPMENT. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer, 11(1), 10–19.
Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Digit: Digital of Information Technology, 10(2), 208–219.
Nina Adlini, M., Hanifa Dinda, A., Yulinda, S., Chotimah, O., & Julia Merliyana, S. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF STUDI PUSTAKA (Vol. 6, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Ramadhan, S. L. (2021). Perancangan User Experience Aplikasi Pengajuan E-KTP menggunakan Metode UCD pada Kelurahan Tanah Baru. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(1), 287–298.
Safarudin, R., Zulfamanna, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian kualitatif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9680–9694.
Tarihoran, J. E., Mardiani, M. I., Putri, N. D., Novareila, R. S., Sofia, A., & Prawira, I. F. A. (2021). Pentingnya Sosial Media Sebagai Strategi Marketing Start–Up Di Indonesia. KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 9(1), 72–78.