PENGARUH GROOMING DAN KNOWLEDGE TERHADAP KEPERCAYAAN NASABAH BANK BCA KCP MALL KELAPA GADING 3

research
  • 16 Oct
  • 2024

PENGARUH GROOMING DAN KNOWLEDGE TERHADAP KEPERCAYAAN NASABAH BANK BCA KCP MALL KELAPA GADING 3

Putri Hardiyanti (64200200), Pengaruh Grooming dan Knowledge terhadap
kepercayaan nasabah bank BCA KCP mall Kelapa Gading 3
Pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat ditandai dengan perkembangan industri
perbankannya. Bank Central Asia (BCA) adalah salah satu bank terbesar di
Indonesia yang fokus pada kepuasan nasabah. Hubungan antara pihak bank dengan
nasabah menyangkut kepercayaan para nasabah terhadap jasa-jasa bank dan
kesanggupan serta ketersediaan bank untuk dapat memenuhi kebutuhan nasabah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh grooming dan knowledge
terhadap kepercayaan nasabah Bank BCA di KCP Mall Kelapa Gading 3. Metode
penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan
data melalui kuesioner berbasis skala Likert, yang disebarkan kepada 97 nasabah
bank. Data dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25, dengan uji
validitas, reliabilitas, asumsi klasik, dan analisis regresi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa baik grooming maupun knowledge memiliki pengaruh positif
dan signifikan terhadap kepercayaan nasabah. Nilai thitung untuk grooming adalah
6.096 dan untuk knowledge adalah 7.277, keduanya lebih besar dari nilai ttabel
1.663, dengan signifikansi 0.000 < 0.05. Uji F juga menunjukkan bahwa variabel
grooming dan knowledge secara simultan mempengaruhi kepercayaan nasabah
dengan Fhitung sebesar 219.832, lebih besar dari Ftabel 3.100, dan signifikansi 0.000
< 0.05. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa peningkatan dalam aspek
grooming dan knowledge dapat meningkatkan kepercayaan nasabah terhadap Bank
BCA KCP Mall Kelapa Gading 3.
Kata Kunci : Grooming, Knowledge, kepercayaan nasabah

Unduhan

  • FINAL REVISI PUTRI SKRIPSI.pdf

    REVISI SKRIPSI PUTRI HARDIYANTI 64200200

    •   diunduh 17x | Ukuran 2,096 KB
  • Jurnal Putri.pdf

    JURNAL PUTRI HARDIYANTI 64200200

    •   diunduh 17x | Ukuran 202 KB

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

Astuti, R. J. (2024). Peran Mediasi Innovative Work Behavior Pada Pengaruh
Knowledge Sharing dan Organizational Learning Terhadap Kinerja Karyawan.
3(4). https://doi.org/https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i4.3553
Ayu, D. P. (2023). Good looking and gaya hidup modern mahasiswa diploma
perbankan di Malang. 12(2).
Diah, F. A. (2024). Pengaruh Social Media, Brand Image, Dan Product Knowledge
Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Bank Syariah Di Kota Bandar
Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/32155/
Firmansyah. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi,Mengukur Kepuasan dan Loyalitas
Pelanggan). CV. BUDI UTAMA.
Gusrizaldi. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan
Di Indrako Swalayan Teluk Kuantan. Jurnal Valuta, 2(2), 286–303.
Hardiyansyah. (2020). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, dimensi, Indikator dan
Implementasinya. Gava Media.
Haryono, S. (2018). Manajemen Kinerja SDM (Teori dan Aplikasi). Luxima Metro
Media. http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/19160/e
book_Manajemen Kinerja.pdf
Hasugian, J. T. M. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Brand
Loyalty Telkomsel (Survey Terhadap Pelanggan Telkomsel di Grapari
Samarinda). Ilmu Administrasi Bisnis, 4(3), 923–937.
Imanina, A. N. (2024). Peningkatan Pelayanan Pegawai Glamping Kema Merbabu
Kabupaten Boyolali Melalui Pelatihan Penampilan Diri (Personal Grooming).
11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i2.1506
Lesmana. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap
Kepuasan Konsumen Pt. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran
Kompetitif, 2(2), 115. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i2.2464
Mandalia, S. (20204). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Grooming Pemandu
Wisata di Objek Istano Basa Pagaruyuang. 6(1).
https://doi.org/https://doi.org/10.51977/jiip.v6i1.1093
Musfar, T. F. (2020). Manajemen pemasaran. CV. Media sains indonesia.
Nurjaya. (2021). Pengaruh Etos Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai
Pada Dinas Kehutanan Dan Perkebunan Kota Bogor. JENIUS (Jurnal Ilmiah
Manajemen Sumber Daya Manusia), 4(2), 172.
https://doi.org/10.32493/jjsdm.v4i2.9086

Nurlina. (2020). Analisis Bauran Pemasaran Pada Masa New Normal Di Praktik
Keperawatan Mandiri Kota Tasikmalaya. )Program Studi D3 Keperawatan Dan
Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah
Tasikmalaya, 42–47.
Rakhmad. (2020). ANALISIS RESEPSI PADA CHANNEL YOUTUBE GAMING
“ KIMI HIME.” Ilmu Komunikasi Fakultas.
file:///C:/Users/User/Downloads/28769-60852-1-SM.pdf
Riniwati, H. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia (T. U. Press (ed.); Pertama).
UB PRESS.
Sudarsono, H. (2020). Buku Manajemen Pemasaran. CV Pustaka Abadi.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT
Alfabet.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Gramedia.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Suliyanto, W. (2019). Pengaruh Pengalaman Merek Terhadap Kesetiaan Merek
Didimensikan Oleh Kencintaan Merek, Kepercayaan Merek, dan Keterkaitan
Merek. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi (JEBA) Volume 21 Nomor 03
Tahun 2019, 21(3), 1–20.
Tasya, F. (2024). Pentingnya keterampilan public speaking dan personal grooming
dalam membangun hubungan terhadap nasabah pada ruang lingkup perbankan
syariah. 2(1).
Wibowo, R. A. (2019). Manajemen Pemasaran (1st ed.). SEMARANG
UNIVERSITY.
Yuliani, I. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. RajaGrafindo Persabda,
Depok. https://repository.uinsi.ac.id/bitstream/handle/123456789/3108/Buku
Manajemen Sumberdaya Manusia.pdf?sequence=1
Zulviana, I. (2020). Analisis Pelayanan Administrasi Dan Tanggung Jawab Petugas
Tiket Kapal Jasa Transportasi Laut Terhadap Kepuasan Penumpang Pada Pt.
Pelayaran Nasional Indonesia Cabang Surabaya. 54–63.