Kemajuan teknologi yang pesat saat ini telah menghasilkan berbagai inovasi baru dalam pengembangan aplikasi mobile yang memudahkan masyarakat Indonesia. Sebagai tanggapan terhadap kemajuan teknologi dan informasi, pemerintah telah membuat kebijakan untuk inovasi pelayanan publik. BPJS Ketenagakerjaan, salah satu lembaga pelayanan umum yang disediakan pemerintah, telah menciptakan aplikasi jamsostek mobile (JMO) guna meningkatkan kualitas layanan yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk memahami persepsi responden terhadap aplikasi jamsostek mobile (JMO). Metode PIECES framework digunakan untuk mengukur nilai baik tidaknya variabel yang diterapkan dan apakah berperan dalam kualitas pelayanan. Metode ini digunakan untuk mengukur nilai apakah pengguna puas atau tidak terhadap suatu pelayanan yang diberikan. Dengan meliputi variabel seperti performance, information, economics, control & security, efficiency, serta service. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran situasi dan kondisi serta pemahaman mendalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan aplikasi jamsostek mobile (JMO) dengan nilai rata-rata kepuasan pengguna adalah 3.94, yang menandakan pengguna PUAS.
Adang Sutedja, H. (2020). PENGANTAR STATISTIKA.
Aditya, A. P., & Muharrom, M. (2024). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Aplikasi ChatGPT Dengan Menggunakan Metode PIECES Framework. Software Development Digital Business Intelligence and Computer Engineering, 2(02), 34–39. https://doi.org/10.57203/session.v2i02.2024.34-39
Al Kaafi, A., & Rachmi, H. (n.d.). Penerapan Metode Pieces Framework Sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Tokopedia. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 9(2), 119–128. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse
Azmi, T. A. U., Hakim, L., Novitasari, D. C. R., & Utami, W. D. U. D. (2023). Application Random Forest Method for Sentiment Analysis in Jamsostek Mobile Review. Telematika, 20(1), 117. https://doi.org/10.31315/telematika.v20i1.8868
Evitria, D., Utamajaya, J. N., & Hermawansyah, A. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Aplikasi Layanan GOFOOD Menggunakan Metode PIECES Framework. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(3), 522. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i3.4100
FAIZAL, M. I., INTAN, V. N., & FIRMANSYAH, R. (2021). Analisis Sistem Informasi Manajemen Bagi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 7(1), 9–16. https://doi.org/10.35870/jemsi.v7i1.512
Faqih, H., Mubarok, H., Tulus Pangestu, A., & Taufan Akbar, M. (2024). IMPLEMENTASI METODE PIECES FRAMEWORK PADA TINGKAT KEPUASAN PENGGUNAAN APLIKASI MYPSB MEJASEM (Vol. 18, Issue 1). https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
Fitriyana, V., Hakim, L., Candra Rini Novitasari, D., Hanif Asyhar, A., Studi Matematika, P., Sains Dan Teknologi, F., Sunan Ampel Surabaya, U., & Timur, J. (2023). Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Jamsostek Mobile Menggunakan Metode Support Vector Machine. In Jurnal Buana Informatika (Vol. 14, Issue 1).
Huda, N., & Megawaty, M. (2021). Analisis Kinerja Website Dinas Komunikasi dan Informatika Menggunakan Metode Pieces. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 10(2), 155–161. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i2.1018
Lokapitasari Belluano, P. L., Indrawati, I., Harlinda, H., Tuasamu, F. A. ., & Lantara, D. (2019). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN PIECES FRAMEWORK. ILKOM Jurnal Ilmiah, 11(2), 118–128. https://doi.org/10.33096/ilkom.v11i2.398.118-128
Lucia, L., Monteiro, B., Wijaya, G., Sinnun, A., Prasetyo, F., Palasara, N., & Al Kaafi, A. (2022). TAM and IPA model approach In analyzing jamsostek mobile applications (JMO). In Journal of Intelligent Decision Support System (IDSS) (Vol. 5, Issue 3).
Miftahul Janna, N., & Pembimbing, D. (2021). KONSEP UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS DENGAN MENGGUNAKAN SPSS. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/v9j52
Noviriandini, A., & Ambarsari, D. A. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi JMO ( Jamsostek Mobile ) Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier. 4(1), 33–37.
Permana, H. D., Hapsari, A. A., Nugraha, D., & Jaenul, A. (2021). Evaluasi Kinerja Sistem Aplikasi E-commerce Shopee menggunakan Metode PIECES Framework. Jurnal ICT : Information Communication & Technology, 20(2), 202–209. https://doi.org/10.36054/jict-ikmi.v20i2.358
Putri Maulidiah, E., & Budiantono, B. (2023). PENGARUH FASILITAS TERHADAP KUALITAS PELAYANAN SERTA IMPLIKASINYA PADA KEPUASAN PELANGGAN. 2(3).
Ruth, R., Tambunan, F., Sihotang, J. I., & Yuan Mambu, J. (n.d.). Analysis of Driver Working Satisfaction Rate Towards Maxim Service System Using PIECES. Cogito Smart Journal |, 7(2), 2021.
Saed Novendri, M., Saputra, A., Firman, C. E., Manajemen Informatika, J., Dumai, A., Informatika, J. T., Dumai, S., Informatika, J. M., Karya, J. U., Batrem, B., & Kode, D.-. (2019). APLIKASI INVENTARIS BARANG PADA MTS NURUL ISLAM DUMAI MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL.
Sari, Y. R., & Nurmiati, E. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Google Classroom Menggunakan PIECES Framework (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UIN Jakarta). 5(2). https://doi.org/10.30743/infotekjar.v5i2.3349
Tejokusuma, F. A., Angriani, H., & Afifah. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi Tierra Menggunakan Metode Pieces Framework. KHARISMA Tech, 17(2), 157–171. https://doi.org/10.55645/kharismatech.v17i2.312