PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GORIDE PADA APLIKASI GOJEK DI KECAMATAN CIPAYUNG JAKARTA TIMUR

research
  • 16 Oct
  • 2024

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GORIDE PADA APLIKASI GOJEK DI KECAMATAN CIPAYUNG JAKARTA TIMUR

Kemacetan telah menjadi rutinitas yang dihadapi setiap hari oleh warga Jakarta. Bertambahnya jumlah kepemilikan kendaraan membuat tingginya tingkat kemacetan. Ojek konvensional telah menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan lalu lintas, akan tetapi saat ini ojek konvensianal sudah mulai tergantikan dengan ojek online. Pada tahun 2010 Nadiem Makarim meluncurkan aplikasi GoJek untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan ojek online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan Pelanggan GoRide terhadap Loyalitas pelanggannya. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode accidental sampling. Responden berjumlah 106 orang. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji brealibilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan pengelolaan menggunakan program SPSS. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan GoRide, secara parsial Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan GoRide, serta Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan secara bersamaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan GoRide.

Unduhan

 

REFERENSI

Alwi, M. Y., Parlyna, R., & Hidayat, N. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Ojek Online X. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 2(1), 292–308.

Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan pada konsumen gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94.

Anugrah, K., & Sudamaryasa, W. (2020). Kualitas Pelayanan Jasa : Akomodasi (N. F. Y. Misilu, Ed.; 1st ed.). Ideas Publishing.

Ayuwardani, R. P., & Isroah, I. (2018). Pengaruh informasi keuangan dan non keuangan terhadap underpricing harga saham pada perusahaan yang melakukan initial public offering (Studi empiris perusahaan go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015). Nominal Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1), 143–158.

Bangun, S. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. BUKIT ASAM TBK YANG DI MEDIASI KEPUASAN PELANGGAN. Universitas Lampung .

Chandra, T., Chandra, S., & Hafin, L. (2020). SERVICE QUALITY, CONSUMER SATISFACTION,  DAN CONSUMER LOYALTY: TINJAUAN TEORITIS (C. I. Gunawan, Ed.; 1st ed.). CV IRDH .

Danarti, T., Wahjono, S. I., & Salbiyah, S. (2021). Theory Of Planned Behavior Terhadap Kinerja Mahasiswa dengan Mind Mapping sebagai Mediasi. Journal BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 18(1), 71–76.

Indrasari, M. (2019). PEMASARAN & KEPUASAN PELANGGAN (1st ed.). Unitomo Press.

Kholik, A., Maulida, S., Suganda, A. D., Hanika, I. M., Ismainar, H., Muniarty, P., Marlina, H., Febrianty, Merung, Y. A., Nufus, H., & Nurhayati. (2020). PERILAKU KONSUMEN  (Ruang Lingkup Dan Konsep Dasar) (U. Saripudin & E. Jaelani, Eds.). WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG .

Mekel, V. R., Moniharapon, S., & Tampenawas, J. L. A. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen pada perusahaan transportasi gojek manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 1285–1294.

Putri, F. K., Tumbel, A. L., & Djemly, W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt. Matahari Department Store Di Mantos 2. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(1).

Putri, I. A. Y. M., & Yulianthini, N. N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan di Warung Ko-Vaitnam Singaraja. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(1), 214–219.

Sa’adah, F. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan fitness center Kabupaten Sleman. UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439.

Subiantoro, B. S. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Kasus Pada Konsumen Gojek di Kota Banjarmasin). At-Tadbir: Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(1).

Sugiyono, Prof. Dr. (2022). METODE PENELITIAN KUANTITATIF (S. H. ,M. P. Setiyawami, Ed.; 3rd ed., Vol. 16 x 24). Alfabeta.

Thung, F. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan mitra Go-Jek terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Jurnal Bina Manajemen, 8(1).

Ulfa, M., & Mayliza, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan PDAM Kota Padang.

Utami, I. W. (2017). Perilaku Konsumen (Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian). CV PUSTAKA BENGAWAN.

Vanessa, F., & Meiden, C. (2020). Beberapa Faktor yang Mempengaruhi CSR Disclosure Pada Sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2018. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 11(2), 2415–2430.

Widayati, I., & Jatmiko, W. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Penanganan Komplain Terhadap Loyalitas  Pelanggan PT. First Media Di Sidoarjo. 6, 1–18.