Perancangan Program Penjualan Pakaian Pria Berbasis Web Di Toko NILAKI

research
  • 16 Oct
  • 2024

Perancangan Program Penjualan Pakaian Pria Berbasis Web Di Toko NILAKI

Industri fashion pria mengalami pertumbuhan pesat, didorong oleh berbagai faktor seperti tren gaya hidup dan peningkatan disposable income. Toko Nilaki, sebagai toko pakaian pria ternama di Bogor Barat, dihadapkan pada tantangan untuk meningkatkan penjualan dan menjangkau pelanggan baru di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun website Nilaki yang efektif untuk meningkatkan citra merek, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan penjualan. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Website Nilaki dibangun dengan framework CodeIgniter dan Bootstrap, menggunakan database MySQL, dan hosting di DomaiNesia.com. Website ini terintegrasi dengan API iPaymu untuk pembayaran online dan API RajaOngkir untuk kalkulasi ongkos kirim. Selain itu, program ini juga mencakup strategi pemasaran online yang komprehensif, seperti SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website Nilaki telah berhasil meningkatkan citra merek toko di mata konsumen dan membantu meningkatkan penjualan. Website ini telah menjadi platform yang efektif untuk memasarkan dan menjual produk pakaian pria berkualitas premium kepada pelanggan di seluruh Indonesia.

Unduhan

 

REFERENSI

Apparel Market Revenues to Reach USD 1.78 trillion by 2029 | ABNEWSWIRE. Retrieved March 8, (2024), from www.abnewswire.com/pressreleases/apparel-market-revenues-to-reach-usd-178-trillion-by-2029-market-size-share-forecasts-trends-analysis-report-by-mordor-intelligence_690912.html

Gustini, & Windi, A. (2024). Pengaruh Product Quality dan Price Terhadap Purchase Decision pada Gallery Pakaian di Shopee. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama. https://repository.widyatama.ac.id/handle/123456789/108060

Natarajan, M., & Periaiya, S. (2024). Revealing consumer review attitude through online review and website cues. Journal of Consumer Marketing, Vol. 41 No. 3, pp. 261-280. https://doi.org/10.1108/JCM-07-2020-3938

Arifin, Z. (2020). METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN. Jurnal Al-Hikmah, 1(1). Retrieved from https://alhikmah.stit-alhikmahwk.ac.id/index.php/awk/article/view/16

Apriana, V., & Nurhasanah, U. (2021). Implementasi Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web. Artikel Ilmiah Sistem Informasi Akuntansi (AKASIA), Vol.1 No. 2, pp.106-111. https://doi.org/10.31294/akasia.v1i2.585

Abdulloh, R. (2022). 7 Materi Pemrograman Web untuk Pemula 3: JavaScript & MariaDB. (n.p.): PT Elex Media Komputindo. https://www.google.co.id/books/edition/7_Materi_Pemrograman_Web_untuk_Pemula_3/NYl-EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0&kptab=overview

Zein, A., Eriana, E. S., & Pratomo, A. B. (2023). Konsep Dasar Pengenalan Database Rumpun Ilmu Komputer. (2023). (n.p.): Cendikia Mulia Mandiri. https://www.google.co.id/books/edition/Konsep_Dasar_Pengenalan_Database_Rumpun/2pu-EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Sanubari, T., Prianto, C., & Riza, N. (2020). Odol (one desa one product unggulan online) penerapan metode Naive Bayes pada pengembangan aplikasi e-commerce menggunakan Codeigniter. (2020). (n.p.): Kreatif. https://www.google.co.id/books/edition/Odol_one_desa_one_product_unggulan_onlin/s4j_DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Alam, R. G., Aranski, A. W., Astiti, S., Putra, R. A., & Fernandez, S. (2023). Pemograman Web 2 Studi Kasus Layout dan CRUD. (2023). (n.p.): PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Pemograman_Web_2_Studi_Kasus_Layout_dan/sS_PEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Kusuma, A. S., Parwati, N. N., Tageh, I. M., & Sudarma, I. K. (2024). BUKU AJAR ANALISIS DESAIN SISTEM INFORMASI BERBASIS TRI HITA KARANA. (2024). (n.p.): PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/BUKU_AJAR_ANALISIS_DESAIN_SISTEM_INFORMA/bHrsEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Sintawati, I. D., & Hartati, T. (2020). Implementasi Metode Waterfall Pada Perancangan Aplikasi SIPSIBA Studi Kasus SMK Muhammadiyah 10 Jakarta, 5(1), 138-148.