PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP KETERBUKAAN DIRI PENGGUNA LITMACH (STUDI KASUS PENGGUNA LITMACH TAHUN 2022-2024)

research
  • 16 Oct
  • 2024

PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP KETERBUKAAN DIRI PENGGUNA LITMACH (STUDI KASUS PENGGUNA LITMACH TAHUN 2022-2024)

Litmach adalah sebuah Aplikasi online atau kencan online yang mengutamakan komunikasi bagi penggunanya untuk bermain aplikasi Litmach. dalam berkomunikasi dengan satu sampai lebih individu, seringkali membawa Keterbukaan Diri pada seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat Pengaruh Komunikasi Terhadap Keterbukaan Diri Pengguna Litmach. Metode pengumpulan data dalam penyusunan tugas akhir adalah dengan penyebaran angket dan studi pustaka. Metode pengolahan data peneliti adalah menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji regeresi linear sederhana, uji t dan uji f. Metode Analisa kuantitatif pada penelitian menggunakan Analisis statistik Deskriptif, yaitu metode analisis statistik yang memberikan gambaran deskriptif atau umum tentang data yang dikumpulkan. Dalam uji yang dilakukan, ditemukan bahwa nilai probabilitas (0,05) lebih besar daripada nilai signifikansi (0,000), sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh komunikasi terhadap keterbukaan diri pengguna Litmach dalam studi kasus pengguna Litmach tahun 2022-2024. Tingkat pengaruh ini dapat dilihat dari nilai R square=0,707, yang menunjukkan bahwa variabel komunikasi mempengaruhi variable keterbukaan diri sebesar 70%, sementara 30% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Unduhan

 

REFERENSI

Achmad, A. A. (2023). Hubungan Konsep Diri Dan Keterbukaan Diri Dengan Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa Perantau Di Universitas Persada Indonesia Y.A.I. Journal Psikologi Kreatif Inovatif, 3(1), 96–105. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/PsikologiKreatifInovatif/issue/archive

Ariani, M. D. (2019). Peran Kesepian Dan Pengungkapan Diri Online Terhadap Kecanduan Internet Pada Remaja Akhir. Proyeksi, 14(1), 12–21.

Asip, M. (2022). Komunikasi Bisnis (H. F. Ningrum (ed.); Issue November). Media Sains Indonesia. https://doi.org/10.31219/osf.io/d8azs

Aziza, N. (2023). Metodelogi Penelitian 1 (S. Haryanti (ed.)). CV. MEDIA SAINS INDONESIA Melong Asih Regency B40 - Cijerah.

Azzahra, N. (2022). Keterbukaan Diri Perempuan Pengguna Pada Aplikasi Kencan Daring “Bumble.”  Jurnal Ilmu Komunikasi5(2), 109–119. https://doi.org/10.33021/exp.v5i2.3833

Balaka, M. Y. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. In I. Ahmaddien (Ed.), Widina Bhakti Persada Bandung (Vol. 1). Penerbit Widina Bhakti Persada bandung.

Devito, J. A. (2011). Komunikasi AntarManusia (A. Maulana (ed.); Ed-5). Jakarta : Karisma Publishing Group, 2011.

Dhora, S. T. (2023). Dakwah Islam di Era Digital: Budaya Baru “e Jihad” atau Latah Bersosial Media. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(1), 306. https://doi.org/10.35931/aq.v17i1.1804

Effendy,  onong uchjana. (2019). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. In T. Surjaman (Ed.), PT Remaja Rosdakarya Bandung. PT Remaja Rosdakarya Bandung.

Farahdiba, D. (2020). Konsep dan Strategi Komunikasi Pemasaran: Perubahan Perilaku Konsumen Menuju Era Disrupsi. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(1), 22–38. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/jikm.8.1.22-38

Ghifari, A. (2021). Pengaruh Intimasi Pertemanan Dengan Keterbukaan Diri Pada Pengguna Instagram [Universitas Islam Riau].

https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750%0Ahttps://doi.org/10.1080/17 518423.2017.1368728%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ridd.2020.103766%0Ahttps://doi.org/10.1080/02640414.2019.1689076%0Ahttps://doi.org/

Ghozali, I. (2017). Analisis Multivariat dan Ekonometrika: Teori, Konsep dan Aplikasi dengan Eviews 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.

Harahap, S. R. (2021). Hambatan – Hambatan Komunikasi. Al-Manaj : Jurnal Program Studi Manajemen Dakwah, 1(1), 56–62.

Hariyanto, D. (2021). Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi. In F. A. Darma & D. M. Utomo (Eds.), Pengantar Ilmu Komunikasi. UMSIDA Press.

Hasbiyah, D. (2023). Pengaruh Pengungkapan Diri Terhadap Intimate relationship Pada Pengguna Dating apps Tantan. Karimah Tauhid, 2(6), 2459–2487.

Hasmawati, F. (2020). Karakteristik Komunikator Yang Efektif Dalam Komunikasi Antar Pribai. Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan, 4(2), 69–95.

Kriyantono, R. (2021). Teknik praktis riset komunikasi kuantitatif dan kualitatif disertai contoh praktis Skripsi, Tesis, dan Disertai Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. (Edisi kedu). Jakarta : Prenadamedia Group, 2021 © 2006

Kurnia, L. (2019). Lupi Kurnia, 2019 TRANSFORMASI KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA PASANGAN KENCAN ONLINE (STUDI KASUS PADA PASANGAN PENGGUNA APLIKASI TINDER) Universitas Pendidikan Indonesia | repocitory.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. Universitas Pendidikan Indonesia.

Maghfirah, N. (2021). Pengungkapan Diri pada Pengguna Akun Alter Twitter Dewasa Awal di Kota Malang. In Seminar Nasional Psikologi UM (Issue April). Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang.

http://conference.um.ac.id/index.php/psi/article/view/1154

Mahfudin, B. (2020). Pengaruh Keterbukaan Diri (Self-Disclosure) Terhadap Penyelesaian Tugas Akhir Skripsi. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 4(1), 18–27. https://doi.org/10.33369/jkaganga.4.1.18-27

Mardiana, L. (2020). Pengungkapan Diri Pengguna Akun Autobase Twitter @Subtanyarl. Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 34–54. https://doi.org/10.33633/ja.v3i1.4134 

Mehta, C. (2010). IBM SPSS Exact Tests.

Miranda, E. (2021). Hubungan Intimasi Pertemanan Dengan Keterbukaan Diri (Self-Disclosure) Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry [Universitas Islam Negeri AR-RANIRY, Banda Aceh.]. http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18389/

Mukarom, Z. (2020). Teori-teori komunikasi (A. iwan Setiawan (ed.)). Jurusan Manajemen dakwah, UIN Sunan Gunung djati bandung.

Nikolaus, D. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Deepublish.

Oktarina, Y. (2017). Komunikasi Dalam Perspektif Teori Dan Praktik (Y. W. Sanyoto (ed.)). Penerbit Deepublish.

Pohan,  desi damayani. (2021). Jenis-Jenis Komunikasi. Journal Educational Research and Social Studies, 2, 29–37. https://doi.org/10.1002/0471715220.ch3

Pratiwi, E. (2021). Pengungkapan Diri di Situs Media Sosial Youtube. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 5(1), 42–51. https://doi.org/10.51544/jlmk.v5i1.1526

Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (T. Chandra (ed.); Edisi Revi). ZIFATAMA PUBLISHING Jl. Taman Pondok Jati J 3, Taman Sidoarjo.

Purwono. (2021). Metodelogi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method) (Guepedia (ed.)). Guepedia The First on Publisher in Indonesia.

Rachman, A. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (B. Ismaya (ed.); Issue January). Diterbitkan & Dicetak oleh CV Saba Jaya Publisher Jl. Proklamasi Kp. Krajan RT.004 RW.004, Kel. Tanjungmekar, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang. 41316.

Riadi, M. (2020). Komunikasi Intrapersonal (Pengertian, Proses, dan Faktor yang Mempengaruhi). Kajian Pustaka.

https://www.kajianpustaka.com/2020/10/komunikasi-intrapersonal.html

Rizqiyah, A. (2023). Jumlah Pengguna Dating Apps Menunjukkan Tren Kenaikan. GoodStats. https://goodstats.id/article/jumlah-pengguna-dating-appsmenunjukkan-trend-kenaikan-8rgMG

Safina, H. (2022). HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KETERBUKAAN DIRI (SELF DISCLOSURE) PADA REMAJA DI PANTI ASUHAN PENYANTUN ISLAM BANDA ACEH. Universitas Islam Negeri AR-RANIRY Banda Aceh.

Sekaran, U. (2017). Metode penelitian untuk bisnis/ Uma Sekaran, Roger Bougie (R. Bougie (ed.); Ed-6). Jakarta: Salemba Empat, 2017.

Setiawan, A. (2019). Keterbukaan Diri dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Psikologi, 6(1), 68–80.

Sinuhaji, J. (2020). Mengenal Litmatch, Aplikasi Buat Cepat Dapat Teman Chat Baru. Pikiran Rakyat.https://www.pikiran-rakyat.com/teknologi/pr-01740410/mengenal-litmatch-aplikasi-buat-cepat-dapat-teman-chatbaru?page=all

Sinurat, R. (2022). Identitas Remaja Penggunaan Media Sosial Litmatch (Studi Kasus Pada Remaja Di Kelurahan Sukajadi Kabupaten Ogan Komering Ulu Kecamatan Baturaja Timur) Adolescents Identity Using Social Media Litmatch (Case Study on Adolescents in Sukajadi Sub-District, Og. Jurnal Massa, 03(01), 91–104. https://journal.unbara.ac.id/index.php/JM

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 48–61.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualittaif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, jilid 15.

Wandi, D. (2019). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Bpbd) Provinsi Banten. Jurnal Ekonomi Vokasi2(2), 18–30. https://e-

jurnal.lppmunsera.org/index.php/JEV/article/view/1487/1040

Winda, K. (2022). Keberadaan Ilmu Komunikasi dan Perkembangan Teori Komunikasi dalam Peradaban Dunia. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 1(2), 73–76.

Wisataone, V. (2021). Pengantar Ilmu Komunikasi. In PENERBIT MEDIA SAINS INDONESIA.

Yunita, F. (2022). HUBUNGAN KETERBUKAAN DIRI (SELF DISCLOSURE) TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS XI SMA ISLAM KEBUMEN TANGGAMUS TAHUN AJARAN 2020/2021 [Universitas Lampung]. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrumdisorders