Industri Food and Beverage telah mengalami transformasi signifikan seiring perkembangan teknologi informasi, yang meningkatkan efisiensi operasional dan memperkaya pengalaman pelanggan. Restoran Sumur MooNyoo menghadapi masalah dalam sistem pemesanan manual yang menyebabkan ketidakefisienan dan waktu tunggu yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan Sistem Informasi Manajemen Restoran berbasis konsep Self-Order untuk mengatasi masalah tersebut. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan perangkat lunak Waterfall, meliputi tahapan analisis, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Sistem yang dikembangkan mencakup fitur manajemen meja, menu dan harga, laporan penjualan, kitchen display, serta Self-Order System yang memungkinkan pelanggan memesan dan membayar melalui smartphone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sistem ini berhasil meningkatkan efisiensi operasional restoran, mengurangi waktu tunggu pelanggan, dan meningkatkan akurasi dalam pencatatan transaksi dan manajemen stok. Penggunaan sistem ini juga memungkinkan pelanggan untuk memesan dan membayar dengan lebih mudah tanpa harus meninggalkan meja mereka. Dengan sistem ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan, serta memberikan keuntungan operasional yang signifikan bagi manajemen restoran, serta menjadi referensi bagi restoran lain yang menghadapi masalah serupa dalam proses pemesanan dan manajemen operasional.
Afrianto, Y., Ginting, N., Suratun, & Nelawati, Y. (2020). Sistem Informasi Inventory POS (Point of Sales) Berbasis Web Pada Counter Cellular. Teknologi dan Sistem Informasi
Andry, J., Riwanto, R., Wijaya, R., Prawoto, A., & Prayogo, T. (2019). Development Point of Sales Using SCRUM Framework. Journal of Systems Integration, 36-48.
Lestari, Kurnia Cahya dan Arni Muarifah Amri. (2020). Sistem Informasi Akuntansi (Beserta Contoh Penerapan Aplikasi SIA Sederhana Dalam UMKM). Yogyakarta: Deepublish
Ayumida, S., Hakim, L., Azis, M. S., & Mahaulika, C. (2021). Sistem Infomasi Penyewaan Lapangan Olahraga Menggunakan Metode Waterfall Pada Green Garden Sport Center. IJNS - Indonesian Journal on Networking and Security, 10(4), 226–233. https://doi.org/10.55181/ijns.v10i4.1752
Setiyanto, R., Nurmaesah, N., & Rahayu, N. S. A. (2019). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Studi Kasus di Vahncollections. JURNAL SISFOTEK GLOBAL, 9(1). https://doi.org/10.38101/sisfotek.v9i1.267
Wahyuni, A. T., Hakim, L., & Saefudin, D. F. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Desktop Penerimaan dan Pengeluaran Kas Sekolah. Profitabilitas, 1(2), 140–148. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/profitabilitas.v1i2.851
Aditama, R. A. (2020). Pengantar manajemen teori dan aplikasi. Malang: AE Publishing
Jauhariyah Iftitahul. (2020). Pengaruh Self-Service Technology (SST) Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim. Malang.
Manuputty, A. D., Hendrawan, S., & Haryanto, B. (2020). Design of Information Systems for Research Permit Application with Agile Method and Website Based Laravel Framework. Journal of Information Systems and Informatics, 2(1), 60-78
Dantes, Rasben Gede, Komang Setemen, Ini Wayan Marti, I Ketut Resika Arthana, Kadek Surya Mahedi, dan Putu Surya Suputra (2019), Pengantar Basis Data, Depok: PT. RajaGrafindo Persada
Sallaby, A. F., & Kanedi, I. (2020). Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Jadwal Framework Dokter Codeigniter. Jurnal Media Infotama, 16(1), 48–53. https://doi.org/10.37676/jmi.v16i1.1121
Siahaan, V., Rismon, H.S. (2020), Buku Pintar JavaScript, Toba: Balige Publishing
Fihri, M., Negara, R. M., & Sanjoyo, D. D. (2019). Implementasi dan Analisis Performansi Layanan Web Pada platform Berbasis Docker. Jurnal e-Proceeding of Engineering, 6(2), 3996-4001
Purnamasari, E. D. (2020). Pengaruh Payment Gateway dan Peer to Peer Lending (P2P) terhadap Peningkatan Pendapatan di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global. Masa https://doi.org/10.36982/jiegmk.v11i1.1063
Sutopo, Joko, Tio R. S. (2020). Penerapan Payment Gateway Sebagai Sistem Verifikasi Pembayaran Pada Website Pemesanan Paket Wisata. https://eprints.uty.ac.id/5813
Priyaungga, Bayu Aji, Dwi Bayu Aji, Mukron Syahroni, Nurul Tri Sukma Aji, dan Aries Saifudin. (2020). “Pengujian Black Box Pada Aplikasi Perpustakaan Menggunakan Teknik Equivalence Partitions.” Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi 3(3):150. https://doi.org/10.32493/jtsi.v3i3.5343.
Sumiati, Mia, Rahman A., & Alqomari C.. (2021). Pemodelan Uml Untuk Sistem Informasi Persewaan Alat Pesta. Jurnal Fasilkom. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2673
Suryadi, A. (2019). Rancang Bangun Sistem Pengelolaan Arsip Surat Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus : Kantor Desa Karangrau Banyumas). Jurnal Khatulistiwa https://doi.org/10.31294/jki.v7i1.36
Hakim, L., Saefudin, D. F., & Wahyuni, A. T. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Desktop Penerimaan dan Pengeluaran Kas Sekolah. Profitabilitas, 1(2), 140–148. http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/profitabilitas/article/view/851
Prasetya, A. F., Sintia, S., & Putri, U. L. D. (2022). Perancangan Aplikasi Rental Mobil Menggunakan Diagram UML (Unified Modelling Language). Jurnal Ilmiah Komputer, 1(1), 14–18.
Apriliah, W., et al. (2019). Penerapan Model Waterfall Dalam Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Pt. Chiyoda Integre Indonesia Karawang. Jurnal Interkom. 14(2), 34-42.
Putra, R. R., & Putri, N. A. (2023). Perancangan Ui & Ux Pada Website Kelompok Tani Yang Responsive Terhadap Mobile . Penerbit Tahta Media
Sanubari, T., Prianto, C., & Riza, N. (2020). Odol (one desa one product unggulan online) penerapan metode Naive Bayes pada pengembangan aplikasi e commerce menggunakan Codeigniter. Kreatif. https://books.google.co.id/books?id=s4j% 5C_DwAAQBAJ