STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF PETUGAS DUKCAPIL DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL (IKD) DI KELURAHAN LENTENG AGUNG

research
  • 16 Oct
  • 2024

STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF PETUGAS DUKCAPIL DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL (IKD) DI KELURAHAN LENTENG AGUNG

Diera digitalisasi, kemajuan teknologi telah mengubah berbagai aspek kehidupan, salah satunya pada bidang pelayanan publik. Teknologi dan informasi memaksa masyarakat untuk beradaptasi demi meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan. Penerapan Identitas Kependudukan Digital (IKD) oleh Kementrian Dalam Negeri salah satu inovasi untuk pengganti KTP elektronik. Namun, tidak semua masyarakat bisa menggunakan teknologi digital, sehingga peran petugas dukcapil sangat penting dalam menerapkan digitalisasi di Kelurahan Lenteng Agung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif yang diterapkan oleh Petugas Dukcapil Kelurahan Lenteng Agung dalam penerapan kebijakan implementasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Metode yang digunakan dalam memperoleh data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukan bahwa Implementasi kebijakan Identitas Kependudukan Digital (IKD) menggunakan strategi komunikasi persuasif yang efektif melalui teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik ganjaran, teknik tataan dan teknik red herring.


Kata Kunci : Strategi Komunikasi Persuasif, Implementasi, Identitas Kependudukan Digital (IKD)

Unduhan

  • skripsi fix.pdf

    full_skripsi

    •   diunduh 23x | Ukuran 5,066 KB

 

  • file cover.pdf

    file_cover

    •   diunduh 22x | Ukuran 227,580

REFERENSI

Disdukcapil. (2022). Permendagri 72 Tahun 2022. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2022,

Ditjen Dukcapil. (2022). SOP Pendaftaran & Penerbitan IKD.

Handayani, E. P., Yulistria, R., & Asymar, H. H. (2018). Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara. 3, 106–122.

Hariyanto. (2021). Pentingnya Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Bisnis. Ajaib.Co.Id, 2(Mayang 2020), 1–5.

Heryanto, H., & Budhi Utami, A. (2022). Komunikasi Persuasif Penggalangan Dana Kitabisa. Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 3(1), 177–189.

Ihsan Solihin, M. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM BERDAKWAH PADA PENGURUS KOMUNITAS PUNK HIJRAH DI BANDAR LAMPUNG. 1–23.

Ii, B. A. B., & Teori, A. K. (n.d.). Hafied Cangara, Perencanaan dan Strategi Komunikasi, Op. Cit , 22. 9. 9–32.

Jeffery Hizwan bin Said, M. (2018). Kepentingan Teori Komunikasi Kepada Masyarakat. Kepentingan Teori Komunikasi Kepada Masyarakat,

Kemendagri. (n.d.). No Title. https://dukcapil.kemendagri.go.id/blog/read/pemerintah-jadikan-ikd-sebagai-identitas-digital-dasar

Sugiarto, R. (n.d.). PRINSIP_KOMUNIKASI_PERSUASIF

Yasmin, A. F., & Priyanata, A. B. (2024). Komunikasi Model Lasswell Dan Stimulus-Organism-Response Dalam Mewujudkan Pembelajaran Menyenangkan Kelas 3 Sd. Jurnal Pena Karakter,