Nabilla Azzalia Nadeem (44200089), Pengaruh Terpaan Review Film Agak Laen di Tiktok Terhadap Minat Menonton Pelajar SMKN 3 Depok.
Tiktok merupakan media sosial yang penggunaanya didominasi oleh Gen Z. Tiktok
sebagai media yang bersifat informatif serta sebagai media pemasaran dan pengiklanan. Pada Tiktok terdapat konten-konten yang berisikan berbagai review, salah satunya adanya konten review film. Terpaan review film di Tiktok menjadi salah satu konten informatif untuk memberikan informasi mengenai gambaran bagaimana alur cerita dari film – film yang sedang tayang di bioskop. Hal ini sering kali dibutuhkan seseorang sebelum menonton film, untuk mencari tahu mengenai sinopsis, karakter tokoh hingga penilaian yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan review film Agak Laen di Tiktok terhadap minat menonton pelajar SMKN 3 Depok. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survey pada 94 responden pelajar SMKN 3 Depok berdasarkan hasil perhitungan menggunakan rumus slovin. Adapun hasil penelitian yang sudah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh terpaan review film Agak Laen di Tiktok terhadap minat menonton pelajar SMKN 3 Depok sebesar 55,8% yang sisanya sebanyak 44,2% disebabkan oleh faktor lain.
Kata kunci : Tiktok, Terpaan Review film, Minat Menonton
Cover Skripsi_Nabilla Azzalia Nadeem
Full Skripsi_Nabilla Azzalia Nadeem 44200089
Abdullah, M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Aswaja Pressindo.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10 (Edisi 10). Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
Luik, J. (2020). Media Baru Sebuah Pengantar. In Kencana (Cetakan 1).
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar - Dasar Statisitik Penelitian. Sibuku Media, Cetakan Ke -1.
Sahir, S. H. (2022). Metode Penelitian (Cetakan I). Penerbit KBM Indonesia. E-Book
Sarwono, A. E., & Handayani, A. (2021). Metode Kuantitatif Penulis. Unisri Press.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, dan R&D. Bandung:
CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, dan R&D. Bandung:
CV. Alfabeta.
Abidin, M. (2021). Urgensi Komunikasi Model Stimulus Organism Response (S-OR) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2),74–90. https://doi.org/10.33477/alt.v6i2.2525
Ananda, M. R. (2021). Pemanfaatan Media Baru Untuk Efektifitas Komunikasi Pembelajaran Dalam Masa Wabah Covid 19. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 7(1), 578.
https://doi.org/10.52434/jk.v7i1.1019
Astuti, E., & Andrini, S. (2021). Intensitas Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Imitasi Remaja. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 134–142.
Kustiawan, W., Siregar, F. K., Alwiyah, S., Lubis, R. A., Gaja, F. Z., Pakpahan, N. S., & Hayati, N. (2022). Komunikasi Massa. Journal Analytica Islamica, 11(1), 134.
https://doi.org/10.30829/jai.v11i1.11923
Muhamad Ayub, & Sulaeman, S. F. (2022). Dampak Sosial Media Terhadap Interaksi Sosial Pada Remaja: Kajian Sistematik. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 21–32.
Noventa, C., Soraya, I., & Muntazah, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Instagram
BuddyKu Sebagai Sarana Informasi Terkini. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 3(3), 626–635.
https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i3.1124
Pardianti, M. S., & Valiant, V. (2022). Pengelolaan Konten Tiktok Sebagai Media
Informasi. Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(2), 187–210. https://doi.org/10.37817/ikon.v27i2.1905
Pramesthi, H. K., & Prasetyo, B. D. (2023). Pengaruh Terpaan Iklan Televisi Terhadap Brand Awarenes. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 8(1), 80–95. https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i1.16
Rafi, J., & Daud, D. (2022). Pengaruh Terpaan Konten Review Kuliner Akun @sahabatdiet Terhadap Minat Beli Di Kalangan Followers. Ilmu Komunikasi, 1–5.
Reynata, A. V. E. (2022). Penerapan Youtube Sebagai Media Baru dalam Komunikasi Massa. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(2), 96–101.
Rofiah, S. (2021). Hubungan Antara Kemampuan Guru SD dalam Penilaian Autentik dan Pemanfaatan TIK dengan Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Profesi
Keguruan,7(2),209–217. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Safira, N. W., Zurani2, I., & Riau, U. (2022). Pengaruh Terpaan Media Instagram @Pekanbarukuliner Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Jurnal Ilmu Komunikasi |, 11(2), 77–85.
Saputra, P. D. (2019). Pengaruh Persepsi Konten Review Film Indonesia pada Akun
Twitter @Watchmenid Terhadap Minat Penonton @Watchmenid Twitter Account To the Interest of the Audience. Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(3).
Siompo, F., Sososutiksno, C., & Muhammad Fadillah Laitupa. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Pattimura Ambon). Jurnal Akuntansi, 9(2), 123–140.
Stefanus, & Salman. (2022). Pengaruh Konten Game Akun Miawaug di Youtube Terhadap Minat Menonton Subscribers. Mahasiswa Institut Teknologi Dan Bisnis Kalbis, 8, 3111–3119.
Sutandi, F. V., & Erdiansyah, R. (2023). Konten Review Film, Kualitas Informasi dan
Minat Menonton Film. Koneksi, 7(1), 190–196.
https://doi.org/10.24912/kn.v7i1.21509
Wijaya, N., & Setyo Utami, L. S. (2021). Pengaruh Penyampaian Informasi pada Aplikasi TikTok terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z. Prologia, 5(2), 267.
https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10171
Yusuf, F., & Rahajeng Hadiprawoto, T. (2024). Pengaruh Social Media dalam Membentuk Loyalitas Terhadap Film di Bioskop dengan Mediasi Movie Coolness serta Pengalaman Menonton Film. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 14(4), 414–429. https://doi.org/10.29244/jmo.v14i4.47709
Darmawan, E. P. (2023). Pengaruh Konten Akun Instagram @Ubahstigma Dalam Menyampaikan Pesan Kesehatan Mental Untuk Meningkatkan Pemahaman, Sikap Dan Perilaku. Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik Jakarta.
Cindy, M. A. (2023). Pengguna TikTok di Indonesia Terbanyak Kedua di Dunia.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/24/pengguna-tiktok-diindonesia-terbanyak-kedua-di-dunia-per-april-2023-nyaris-salip-as
Riyanto, A. D. (2024). Hootsuite (We are Social): Data Digital Indonesia 2024.
https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/