Strategi Komunikasi Persuasif di Akun Instagram @sanaturelofficial Dalam Meningkatkan Minat Beli

research
  • 16 Oct
  • 2024

Strategi Komunikasi Persuasif di Akun Instagram @sanaturelofficial Dalam Meningkatkan Minat Beli

PT Sinar Abadi Kosmetika atau SA Naturel by Shandy Aulia adalah sebuah brand kecantikan lokal asal indonesia yang didirikan pada tahun 2018, dan memiliki serangkaian produk perawatan kulit sebagai produk utamanya. SA Naturel  mengusung slogan “Be Naturally Beautiful” sejalan dengan penggunaan bahan alami dan berkualitas serta formulasi yang baik pada setiap produk yang dimiliki. Penelitian ini berutujuan untuk memberikan penjelasan yang lebih dalam terkait dengan strategi komunikasi persuasif yang digunakan pada konten Instagram SA Naturel dalam meningkatkan minat beli konsumen serta hasil yang didapatkan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menerapkan enam prinsip komunikasi persuasif oleh Robert B. Cialdini yaitu Reciprocation, Commitment and Consistency, Social Proof, Liking, Authority, dan Scarity. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah strategi komunikasi persuasif di konten instagram SA Naturel mampu meningkatkan minat beli konsumen yang dapat dilihat dari kenaikan jumlah pengunjung dan total pembeli di e-commerce Shopee SA Naturel Official Shop dalam periode Januari sampai dengan April 2024.

Kata kunci : Strategi Komunikasi, Komunikasi Persuasif, Minat Beli, Instagram

Unduhan

 

REFERENSI

Amaliah, R. Y. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM SOSIALISASI PENCEGAHAN PENYEBARAN VIRUS COVID 19 DILINGKUNGAN WARGA PALMERAH JAKARTA BARAT. 5(4).

Anugrah, T. (2023). PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP BRAND LOYALTY PADA PRODUK ”MENANTEA” MALL SKA PEKANBARU.

Cialdini, R. B. (2021). Influence, New and Expanded : The Psychology of Persuasion (Digital Edition). HarperCollins Publishers.

Hariyanto, D. (2021). Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi (F. adi Darma & D. M. Utomo, Eds.; 1st ed., Vol. 1). UMSIDA Press.

Leste, F. M. (2022). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF , PERSONAL SELLING, MARKETING COMMUNICATION, DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL AGEN ASURANSI SYARI’AH DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN POLIS PRODUK ASURANSI SYARI’AH.

Martina Azah, S. (n.d.). Komunikasi Persuasif Instagram Fakhrana Make Up Artist Menggunakan Analisis Image Frank Jefkins.

Sari, Saidah Putri., (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen

Raja, Yohana. P. R. (2023). Pengaruh Komunikasi Persuasif Pada Fitur TikTok Live Terhadap Minat Beli Produk Somethinc(Studi Pada Followers TikTok @somethincofficial).

Rahma, N. S. (2023). PENERAPAN KOMUNIKASI PERSUASIF BEAUTY ADVISOR KOSMETIK WARDAH DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN DI TOKO KAMARIATI KOSMETIK ENREKANG.

Sitorus, S. A., Romli, N. A., Tingga, C. P., Sukanteri, N. P., Putri, S. E., Getha, A. P. K., Wardhana, A., Nugraha, K. S. W., Hendrayani, E., Susanto, P. C., Primasanti, Y., & Ulfah, M. (2022). Brand Marketing : The Art of Branding (A. Sudirman, Ed.; 1st ed., Vol. 1). MEDIA SAINS INDONESIA.

Soemirat, S., Si, M., Drs, A., & Suryana, M. S. (2017). Falsafah dan Konsep-konsep Dasar Komunikasi Persuasif.

Suryana, A. (2019). Komunikasi Persuasif (A. Canty, Ed.; 3rd ed., Vol. 1). Universitas Terbuka.

Winanda, P., & Herieningsih, S. W. (2018). Hubungan Terpaan Peringatan Bahaya Merokok Pada Kemasan dan Tingkat Kepercayaan Akan Bahaya Merokok dengan Minat Mengurangi Merokok.