Pendidikan sangat penting bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Pendidikan sebelumnya hanya dilakukan menggunakan papan tulis dan spidol saja. Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat pendidikan dapat dilakukan melalui internet. Artificial Intelligence didalam dunia pendidikan sering dijadikan sebagai media pembelajaran baik pada guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui studi fenomenologi penggunaan Artificial Intelligence sebagai media pembelajaran di SMK Citra Negara. Penelitian ini menggunakan teori fenomenologi Alfred Schutz. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya motif, pengalaman dan makna dari penggunaan Artificial Intelligence pada siswa. Motif terdiri motif sebab dan motif tujuan. Motif sebab penggunaan AI ditunjukan karena membantu siswa dalam mencari ide, referensi, dan keadaan terdesak. Motif tujuan dapat membantu mengerjakan tugas dan membantu memahami pelajaran. Pengalaman siswa menggunakan AI memberikan sisi positif dan negatif. Adapun makna penggunaan AI menjadikan AI sebagai alat untuk membantu siswa memahami pembelajaran dan menjadi assistant virtual.
Kata Kunci: Studi Fenomenologi, Artificial Intelligence, Media Pembelajaran
Full Skripsi_Riska Febiyati
Cover_Riska Febiyati
Cahya, D. U., Simarmata, J., Iwan, Suleman, N., Nisa, K., Nasbey, H., Karwanto, M. T. L., Putri, D. M., Pagiling, L. S. C. D., & Rahmadani, E. (2023). Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital Abad 21 (A. Karim, Ed.; Cetakan pertama). Yayasan Kita Menulis.
Eriana, E. S., Kom, S., Kom, M., & Zein, D. A. (2023). Artificial Intelligence (AI) (Cetakan Pertama). CV. Eureka Media Aksara.
Hasan, M., Milawati, Mp., Darodjat, Mp., & DrTuti Khairani Harahap, Ma. (2021). Makna Peran Media Dalam Komunikasi dan Media pembelajaran. In Media pembelajaran (pp. i–260). CV Tahta media group.
Jamaaluddin, Dr. Ir. M., & Sulistyowati, I. ST. , MT. (2021). Buku Ajar Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence). UMSIDA PRESS.
Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran (Cetakan pertama). Badan Penerbit UNM.
Pujileksono, S. (2015a). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Kelompok Intrans Publishing .
Rusito, S., Kom, M., & Kom. (2021). Dasar Internet Teknologi IoT (Internet of Thing) dan Bahasa HTML (Danang, Ed.). Yayasan Prima Agus Teknik.
Sobur, A., & Mulyana Deddy. (2020). Filsafat Komunikasi ( Tradisi, Teori, dan Metode Penelitian Fenomenologi ) (P. Latifah, Ed.; 4th ed.). PT. Remaja Rosdakarya Offset Bandung.
Supraja, M., & Al Akbar, N. (2020). Alfred Schutz (Pengarusutamaan Fenomenologi Dalam Tradisi Ilmu Sosial0 (Cetakan Pertama). Gajah Mada University Press.
Ahmadi, M. (2020). Dampak Perkembangan New Media Pada Pola Komunikasi Masyarakat. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4. www.yahoo.com,
Aini N, Q. (2023). Fenomena Penggunaan Aplikasi ChatGPT Dalam Mengerjakan Tugas Kuliah. Universitas Islam Negri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Aldira, N. P. (2020). Motif Penggunaan Fitur Stories Highlight Instagram sebagai Memori Media bagi Generasi Milenial. Ilmu Komunikasi, 08(02), 149–164.
Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Promosi dan Kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada E-Commerce tokopedia di Kota Manado. 663 Jurnal EMBA, 9(2), 663–674.
Arly, A., Dwi, N., & Andini, R. (2023). Implementasi Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Kelas A. Prosiding Seminar Nasional, 362–374.
Bayu Pratama, E., Hendini, A., & Fitri Hidayat, W. (2023). Menggali potensi belajar mengajar dengan teknologi AI (Artificial Intelligence). Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 7(6).
Bohari. (2024). Pelatihan pemanfaatan artificial intelligence dan canva bagi dosen fakultas kesehatan masyarakat Universitas Tadulako. Poltekita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5, 121–128. https://doi.org/10.33860/pjpm.v5i1.3494
Clara Sari, A. (2018). KOMUNIKASI DAN MEDIA SOSIAL. https://www.researchgate.net/publication/329998890
Isnenda, S. A. Z. (2021). Pengalaman pewarta perempuan dalam menghadapi pelecehan seksual. Universitas Pendidikan Indonesia.
Kurniasari, T. W. K., & Rahman, A. (2023). Perlindungan hukum bagi pelaku usaha umkm terhadap penyalahgunaan posisi dominan platfrom digital : marketplace melalui penetapan harga dan penguasaan pasar. REUSAM: Jurnal Ilmu Hukum, 10(2), 131. https://doi.org/10.29103/reusam.v10i2.9577
Lagusti, F., & Edlina, R. (2023). Strategi Humas Soul Puncak Lawang Meningkatkan Dalam Pengunjung Wisata Alam Puncak Lawang Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 3(1). https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i1.552
Manggola, A., Thadi, R., Sunan, U., & Yogyakarta, K. (2021). Fenonelologi Alfred Schutz : studi tentang motif pemakaian peci hitam polos. JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 3(1), 19–25.
Mulawarman, E. A. A. P. (2022). Studi Fenomenologi Penggunaan Datting App Bumble oleh perempuan usia muda. Universitas Multimedia Nusantara.
Munidewi, I. ayu B., & Pradipa, N. A. (2022). Mengisi Kesenggangan Ruang Riset Akuntansi dan Auditing Melalui Paradigma Interpretif dengan Teori Sosiologi. Jurnal Tera Ilmu Akuntansi), 23(2), 89–107.
Pakpahan, R. (2021). Analisa pengaruh implementasi Artificial Intelligence dalam kehidupan manusia. Journal of Information System, Informatics and Computing Issue Period, 5(2), 506–513. https://doi.org/10.52362/jisicom.v5i2.616
Putri, D. Z. (2020). Implementasi standar pengelola pendidikan SMK Negri 1 Bengkalis. Jurnal Pendidikan MINDA, 1(2), 61–73.
Putri, V. A., Carissa, K., Sotyawardani, A., & Rafael, R. A. (2023). Peran Artificial Intelligence dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya. Prosiding Seminar Nasional, 615–630.
Safutra, R., & Ap, S. (2021). Evaluasi kebijakan dana bantuan operasional sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA negri 3 kota Sungai Penuh. Administrasi Nusantara Mahasiswa, 3(7), 73–81.
Sarosa, M., Suyono, A., Kusumawardani, M., & Sari, Z. (2020). JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Implementasi Chatbot Pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan Media Sosial. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika, 6, 317.
Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. Jurnal PETISI, 04(01). https://chat.openai.com.
Suyanto. (2019). Fenomenologi sebagai metode dalam penelitian pertunjukan teater musikal. Isi Surakarta, 1–7.
Wahyudin Darmalaksana. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Metode Penelitian Kualitatof studi pustaka dan studi lapangan, 3–4.
Budiarko, A. A. (2021). Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau Universitas Islam Riau Fakultas Ilmu Komunikasi Fenomenologi MAHASISWA Sebagai Enterpreneur Di Kota Pekanbaru (Teori Fenomenologi Alfred Schutz). UIN Riau.
Rizky, F. F. (2022). Motif Penggunaan Second Accound Instagram di Kalangan Mahasiswi Pendidikan IPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta .
Syahrini, P. D. (2024). Studi fenomenologi terhadap penggunaan platfrom digital artificial intelligence (AI) sebagai media pembelajaran pada era education 4.0 di UIN Suska Riau. UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Mutia Annur, C. (2023). Survei: ChatGPT Jadi Aplikasi AI Paling Banyak Digunakan di Indonesia. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/infografik/2023/06/26/survei-chatgpt-jadi-aplikasi-ai-paling-banyak-digunakan-di-indonesia