PERANCANGAN NASKAH UNTUK PRODUKSI FILM PENDEK “TERLAMBAT”

research
  • 16 Oct
  • 2024

PERANCANGAN NASKAH UNTUK PRODUKSI FILM PENDEK “TERLAMBAT”

Film pendek adalah film yang berdurasi dibawah 60 menit dan tidak ditampilkan di layar lebar atau bioskop. Film menjadi salah satu media komunikasi karena menyampaikan pesan, edukasi, dan hiburan kepada khayalak tanpa memandang status. Dalam sebuah film, hal pertama yang dibuat yakni naskah karena naskah menjadi acuan produksi film. Naskah adalah sebuah catatan atau tulisan yang berisi ide serta gagasan. Merancang sebuah naskah harus sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan naskah seperti tema, judul, premis, basic story, sinopsis, penokohan, treatment, dan juga skenario. Dalam merancang naskah, penulis menggunakan sistem kerja Triangle System atau produser dan sutradara bekerjasama dalam pembuatan naskah bersama dengan penulis dari tahap awal atau pengembangan ide cerita. Penulisan naskah film pendek Terlambat menggunakan teori struktur tiga babak yang mana naskah terbagi menjadi tiga bagian yakni Perkenalan, Perkembangan Konflik, dan Resolusi. Penggunaan struktur tiga babak dalam penulisan naskah film pendek Terlambat bertujuan agar jalan cerita menjadi lebih jelas dan juga runtut sehingga para penonton dapat memahami cerita yang sedang ditonton serta menghasilkan karya yang bagus.

Unduhan

 

REFERENSI

Haren, S. M. (2020). Model Manajemen Produksi Film Pendek Cerita Masa Tua. Jurnal Audiens, 1(1). https://doi.org/10.18196/ja.11013

Muafa, K. A., & Junaedi, F. (2020). Model Manajemen Produksi Film Dokumenter Bulu Mata Karya Tonny Trimarsanto. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 8(1), 1. https://doi.org/10.12928/channel.v8i1.14428

Muhammad Ali Mursid Alfathoni, M. S., & Dani Manesah, M. S. (2020). Pengantar Teori Film. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=_G4PEAAAQBAJ

Mutiara, S., Hermansyah, T., & Nasichah, N. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu pada Pada Promosi Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 3(1), 52–60. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i1.529

Rayana, I. P. S., Dwiyani, N. K., & ... (2022). Penulisan Naskah Skenario Film Pendek “Bukan Kupu–Kupu Malam” Di Mahatma Pictures. Jurnal Calaccitra, 02(01), 21–26. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/calaccitra/article/view/1467%0Ahttps://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/calaccitra/article/download/1467/413

Sugiarto, M. R. F., Darmawan, I. D. M., & ... (2023). Penulisan Naskah Pada Film Dokumenter Gaya Ekspositori Pada Program Acara Bali Shanti Di Inews Bali. … : Jurnal Film Dan …, 3(2). https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/calaccitra/article/view/2927%0Ahttps://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/calaccitra/article/download/2927/1171

Wibowo, R. M., & Ekasiswanto, R. (2022). Penulisan Naskah Film Pendek Komunitas Saba Eksploit SMAN I Bantul, DIY. Bakti Budaya, 5(2), 216–229. https://doi.org/10.22146/bakti.5604

Anugrah, I. (2019). Representasi Konsep Diri ... (Ifti Anugrah). https://journal.student.uny.ac.id/ilkom/article/view/16313/15789

Asni Hasanuddin, S. K. M. M. K., Jurnal Syarif SKM., M. K., & Zulakrnain Hamson, S. S. M. S. (2022). Buku Ajar Komunikasi Kesehatan. MEGA PRESS NUSANTARA. https://books.google.co.id/books?id=n4r8EAAAQBAJ

Batty, C., & Jacey, H. (2014). Writing and Selling Romantic Comedy Screenplays: A Screenwriter’s Guide to the RomCom Genre. Creative Essentials. https://books.google.co.id/books?id=GCjYBAAAQBAJ

Caniago, A., & Hero, E. (2022). Fenomena Mengunggah Film Pendek di Media Sosial pada Mahasiswa Komunikasi Universitas Islam Riau. Journal of Social Media and Message Juni, 2022(1), 24–35.

Dinisari, M. C. (2022). Bisakah Perempuan dan Pria Bersahabat Tanpa Ada Perasaan Suka? Lifesttyle.Bisnis.Com. https://lifestyle.bisnis.com/read/20220731/54/1561227/bisakah-perempuan-dan-pria-bersahabat-tanpa-ada-perasaan-suka

Dr. Irene Silvia, M. S. P., Elok Perwirawati, M. I. K., & Besti Rohana Simbolon, S. S. M. S. (2021). MANAJEMEN MEDIA MASSA. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA. https://books.google.co.id/books?id=EBQxEAAAQBAJ

Dr. Tati Sarihati, D. M. S., Dr. H. Muhammad Luthfie, M. S., & Dr. Budi Kurniadi., D. M. S. (2022). Komunikasi Politik, Media Massa dan Opini Publik. PT. RajaGrafindo Persada - Rajawali Pers. https://books.google.co.id/books?id=KbOAEAAAQBAJ

Dr Siti Zaenab, M. P. (2013). Komunikasi Massa Sebuah Pengantar Manajemen Komunikasi. Zifatama Jawara. https://books.google.co.id/books?id=zSekEAAAQBAJ

Dyatmika, T., & Bakhri, S. (2021). ILMU KOMUNIKASI. Zahir Publishing. https://books.google.co.id/books?id=YmM0EAAAQBAJ

Elvaretta, V., & Ahmad, A. (2021). Perancangan Film Pendek Yang Berjudul “Ask Myself.” Sense: Journal of Film and Television Studies, 4(2). https://doi.org/10.24821/sense.v4i2.5425

Evita, G. (2019). Strategi Script Writter Dalam Penulisan Naskah Program Siaran Budaya Melayu Di Radio Republik Indonesia Pro 4 95.9FM Pekanbaru. 3877, 81.

Hadirahardja, E. A., Santyaputri, L. P., Studi, P., Komunikasi, D., Desain, F., Harapan, U. P., & Masalah, L. B. (2020). Perancangan struktur cerita film pendek “Dipethuk.” Prosiding Konferensi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual, 301–308.

Javandalasta, P. (2021). 5 Hari Mahir Bikin Film. Batik Publisher. https://books.google.co.id/books?id=SqQlEAAAQBAJ

Keady, M. (2020). The Good Genre Guide: Rom-Coms. February 22. https://thescriptlab.com/features/screenwriting-101/14074-the-good-genre-guide-rom-coms/

KN Mabruri, A. (2018). Produksi Program TV Drama. PT. Gramedia.

Komara, L. H. (2021). Potensi Film Pendek Di Era Internet. IKONIK : Jurnal Seni Dan Desain, 3(2), 48. https://doi.org/10.51804/ijsd.v3i2.998

Latief, R. (2021). Jurnalistik Sinematografi. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=QtpBEAAAQBAJ

Manalu, Y. E., & Warsana, D. (2021). Film Yowis Ben Sebagai Media Komunikasi Promosi Wisata Kota Malang. Cinematology: Journal Anthology of Film and Television Studies, 1(1), 49–57. https://ejournal.upi.edu/index.php/Cinematology/article/view/34707

Muhammad Prayoga, E. B. S. (2022). Naskah Film Animasi “Masa Kecilku Dengan Dunia Lainku.” Journal of Applied Multimedia and Networking (JAMN), 6(1), 96–107.

Nadie, L., Nurdiarsih, F., & Perajaka, M. A. (2019). MEDIA MASSA DAN PASAR MODAL: Strategi Komunikasi bagi Perusahaan Go Public. Pustaka Kaji. https://books.google.co.id/books?id=3qGtDwAAQBAJ

Nur, E. (2021). Peran Media Massa Dalam Menghadapi Serbuan Media Online the Role of Mass Media in Facing Online Media Attacks. MAJALAH SEMI ILMIAH POPULER KOMUIKASI MASSA Section, 2(1), 51–64.

Pranata, I. K. E., Sindu, I. G. P., & Putrama, I. M. (2019). Film Dokumenter Seni Lukis Wayang Kamasan Klungkung Bali. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(2), 142. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i2.17757

Prasanti, D. (2018). PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI BAGI REMAJA PEREMPUAN DALAM PENCARIAN INFORMASI KESEHATAN. 6(1), 13–21.

Priyanto, S. (2019). PEMBIASAAN BERBAHASA JAWA MELALUI PROGRAM REMEN JAWA GUNA MENINGKATKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR. 247–250. https://digitallibrary.ump.ac.id/803/2/18. Full Paper - Sugeng Priyanto.pdf

Prof. Dr. H. Wina Sanjaya, M. P. (2016). Media Komunikasi Pembelajaran. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=wiBQEAAAQBAJ

Pundra Rengga Andhita, S. S. M. I. K. (2021). Komunikasi Visual (Issue v. 1). Zahira Media Publisher. https://books.google.co.id/books?id=ico5EAAAQBAJ

Ramadinatha, M. F., Aldi, I. D., & Marlina, M. (2021). Upaya Melestarikan Bahasa Daerah Bebasan (Jawa Serang) Melalui Konten Digital. Indonesian Collaboration Journal of Community Services (ICJCS), 1(4), 154–161. https://doi.org/10.53067/icjcs.v1i4.28

Rivki, M., Bachtiar, A. M., Informatika, T., Teknik, F., & Indonesia, U. K. (2023). Statistik Pemuda Indonesia 2023. 21(112). https://www.bps.go.id/id/publication/2023/12/29/18781f394974f2cae5241318/statistics-of-indonesian-youth-2023.html

Romli, P. D. K. (2016). Komunikasi Massa (Adipramono (ed.)). PT Gramedia.

Spector, C., & Nutman, P. (2015). The Writing of Dead Lines - The Screenplay. Crossroad Press. https://books.google.co.id/books?id=g6CvBwAAQBAJ

Sugiarto, M. R. F., Darmawan, I. D. M., & ... (2023). Penulisan Naskah Pada Film Dokumenter Gaya Ekspositori Pada Program Acara Bali Shanti Di Inews Bali. … : Jurnal Film Dan …, 3(2). https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/calaccitra/article/view/2927%0Ahttps://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/calaccitra/article/download/2927/1171

Ummah, A. H. (2022). Manajemen Industri Media Massa. Syiah Kuala University Press. https://books.google.co.id/books?id=-v5jEAAAQBAJ

Vera, D. N. (2022). Semiotika Dalam Riset Komunikasi. PT RAJAGRAFINDO PERSADA.