Carryme Indonesia merupakan sebuah online shop. Seiring dengan perkembangan zaman yang begitu cepat di era digitalisasi, TikTok yang sebelumnya tempat yang hanya digunakan untuk membuat konten dengan durasi pendek kini telah merembet keranah penjualan. TikTok merupakan salah media sosial yang memiliki kelebihan kini sangat membantu dalam meningkatkan penjualan dari waktu ke waktu. Hal tersebut membuat Carryme Indonesai menerapkan strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial yaitu TikTok. Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah menganalis strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan penjualan di era persaingan yang semakin kompetitif. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Carryme Indonesia menggunakan strategi komunikasi pemasaran melalui TikTok sebagai platform utama. Dimana menggunakan fitur live streaming yang berada di TikTok shop dengan pendekatan yang mengedepankan marketing mix.
Kata kunci : Strategi Komunikasi, Carryme Indonesia, Media sosial, TikTok
Strategi Komunikasi Pemasaran Tas Carryme Indonesia Melalui Media Sosial TikTok
Aisya, S., & Febriana, P. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran The Body Shop melalui Brand Ambassador: Studi Kasus Iqbaal Ramadhan. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial.
Armstrong, K. (2019). Promosi Pemasaran : Marketing Promotion. Bauran Promosi, 12(2004), 7–25.
Bungin, B. (2020). Sosiologi Komunikasi : Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat.
Coviello, N., Milley, R., & Marcolin, B. (2001). Understanding IT-enabled interactivity in contemporary marketing. Journal of Interactive Marketing, 15(4), 18–33. https://doi.org/10.1002/dir.1020
Damayanti, T., & Gemiharto, I. (2019). Study of The Negative Impact of Video Sharing Applications On Minors in Indonesia. Communications,. 10(1), 1-15.
Daryanto, L. H., & Hasiholan, L. B. (2019). The Influence Of Marketing Mix On The Decision To Purchase Martabak “Setiabudi” Pak Man Semarang. Journal of Management, 5. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:182188187
Faizin, I. (2017). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah. Jurnal Madaniyah, 7, 261–283.
Firmansyah, A. (2023). Pemasaran Produk dan Merek: Planning & Strategy. Penerbit Qiara Media. https://books.google.co.id/books?id=fiHHEAAAQBAJ
Haikal, I. H., Ohorella, N., & Edy Prihantoro. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Angkringan Khulo Melalui Media Sosial Instagram. MUKASI: Jurnal Ilmu
Komunikasi, 1(2), 111–122. https://doi.org/10.54259/mukasi.v1i2.802
Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran Digital Dalam Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:267821276
Hidayat, N. K., & Tobing, R. (2012). Enhancing Netizen As A Digital Marketing Activity Toward Strategic Branding: A Case Study of “XYZ” Brand. The Winners, 13(1), 58. https://doi.org/10.21512/tw.v13i1.668
Isminata, R. R. (2021). Strategi Komunikasi Radio Play99ers 100fm Bandung.
Kennedy, J., & Soemanagara, R. (2006). Marketing Communication : Taktik & Strategi. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:168715857
Kotler, P., Keller, K. L., Goodman, M., Brady, M., & Hansen. (2019). Marketing management (Fourth Eur). Pearson Education Limited. https://doi.org/LK - https://worldcat.org/title/1108545798
Kusniadji, S. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods PT. Expand Berlian Mulia di Semaran. Jurnal Komunikasi, 8(1), 83–98.
Kusuma, D. N. S. C., & Oktavianti, R. (2020). Penggunaan Aplikasi Media Sosial Berbasis Audio Visual dalam Membentuk Konsep Diri (Studi Kasus Aplikasi Tiktok). Koneksi, 4(2), 372. https://doi.org/10.24912/kn.v4i2.8214
Mondry, M. S. (2018). Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Penerbit Ghalia Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=dS6ztQEACAAJ
Morissan. (2013). Teori Komunikasi : Individu Hingga Massa (Cetakan Ke). Prenada Media.
Mulyana, D. (2000). Ilmu komunikasi: Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya. https://books.google.co.id/books?id=c098AAAACAAJ
Nursyamsi, S. E., Siregar, N., & Nurahlina, N. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Toska Fashion Dalam Meningkatkan Customer Engagement Melalui Media Sosial Instagram. Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi.
Putra, C. A., Pasmawati, Y., Kusmindari, C. D., & Irwansyah, I. (2024). Peran Digitalisasi Marketing dan Manajemen Produksi Bagi Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kemplang. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 72–78.
Sanjaya, & Tarigan, J. (2024). Creative Digital Marketing. Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=F9NBDwAAQBAJ
Saputra, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Dalam Kegiatan Pembelajaran Melalui Media Whatsapp Group. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 7(1), 11–21.
Stokes, D. (2013). Cognitive Penetrability of Perception. Philosophy Compass, 8, 646–663. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:143061879
Suswanto, P., & Setiawati, D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16–29.
Wibowo, P. S. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Sharp Indonesia di Era Pandemi Covid-19 dan Kenormalan Baru. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1), 38–56. https://doi.org/10.25139/jkp.v5i1.3003
Yupitriani, A., & Putri, H. (2023). Analisis Konten Strategi Komunikasi Pemasaran
Pada Aplikasi Tiktok. KOMVERSAL.
Zamzami, & Sahana, W. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi. Journal Educational Research and Social Studies, Volume 2 N, 25–37.