Penerapan Model Delone dan Mclean Untuk Mengukur Kesuksesan Sistem Informasi Absensi Pada SDN Mekarsari Patokbeusi Subang

research
  • 16 Oct
  • 2024

Penerapan Model Delone dan Mclean Untuk Mengukur Kesuksesan Sistem Informasi Absensi Pada SDN Mekarsari Patokbeusi Subang

Absensi kehadiran pegawai merupan faktor penting bagi sebuah instansi atau perusahaan untuk mencapai tujuan, hal ini berkaitan pada kedisiplinan dan berdampak pada kinerja dari masing-masing pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kesuksesan sistem informasi absensi pada SDN Mekarsari Patokbeusi Subang. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan model Delone dan Mclean. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan, kepuasan pengguna dan manfaat sistem kemudian dilakukan pengumpulan data dan mengolah data kuesioner. Metode analisis data yang digunakan dalam pengujian intrument penelitian adalah uji validitas konvergen, uji validitas diskriminan, uji R-Square, dan uji T. Pengujian dilakukan dengan menghitung PLS-SEM menggunakan software SmartPLS 4.1.0.5. Hasil Analisa menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepuasan pengguna terhadap manfaat sistem aplikasi absensi dan tidak terdapat pengaruh yang signifikan anatara kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan terhadapa kepuasan pengguna dan penggunaan terhadap manfaat sistem.

Unduhan

 

REFERENSI

Adnyana, I. M. D. M. (2021). Populasi dan Sampel. Metode Penelitian Pendekatan
Kuantitatif, 14(1), 103–116. Agustine Pariesti, Usup Riassy Christa, & Meitiana. (2022). Pengaruh Kompetensi dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Pegawai Dengan
Motivasi Sebagai Variabel Intervening Pada Kantor Inspektorat Kabupaten Katingan. Journal of Environment and Management, 3(1), 35–45. https://doi.org/10.37304/jem.v3i1.4284 Andriyanto, D., Said, F., Titiani, F., & Erni, E. (2021). Analisis Kesuksesan Aplikasi
Jakarta Kini (JAKI) Menggunakan Model Delone and McLean. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 23(1), 43–48.
https://doi.org/10.31294/p.v23i1.10018
Aqil, A. D. C. (2020). Studi Kepustakaan Mengenai Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Pamenang, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.53599/jip.v2i2.58 Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan
Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9.
https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Assolihah, I. R. (2021). Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Siswa Menggunakan Model Delone Dan Mclean. Repository
BSI, 1-44. Fahlefi, M. R. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi dan Lingkungan Kerja Terhadap
Komitmen Organisasi Melalui Kepuasan Kerja di PT Solusindo Kreasi
Jayatech. JURMA: Jurnal Riset Manajemen, 1.
https://jurnal.itbsemarang.ac.id/index.php/jurma/article/view/111
Herawati, J., & Rinofah, R. (2022). Evaluasi Kinerja Sistem Layanan Administrasi
Berbasis Online (SILABO) di Fakultas Ekonomi UST. Akmenika: Jurnal
Akuntansi Dan …, 19(1), 631–639.
http://journal.upy.ac.id/index.php/akmenika/article/view/2645%0Ahttp://journal
.upy.ac.id/index.php/akmenika/article/view/2645/1642
Irawati. (2022). ANALISIS KETERGANTUNGAN GAME ONLINE BUDAYA
TEKNOLOGI INFORMASI DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY
SKRIPSI Diajukan Oleh UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY
FAKULTAS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
2022 M / 1443 H ANALISIS KETERGANTUNGAN GAM.
Irwanda, A. A., Heri, H., & Oemar, F. (2022). Efek Mediasi Kualitas Layanan Pada
Pengaruh Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan
Pengguna Sistem Informasi Akademik Universitas Lancang Kuning. Jurnal
Daya Saing, 8(3), 472–483. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v8i3.1141
Kahfi, Z., Safitri, A. S. I., Nurhasanah, A., & Azhari, S. R. I. (2023). Pengaruh Pengelolaan Barang Milik Daerah Terhadap Pengamanan Aset Daerah
Pemerintah Kota Makassar. YUME : Journal of Management, 6(1), 323.
https://doi.org/10.37531/yum.v6i1.3654

Kevin, A. A., & Edalmen, E. (2023). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan, Kepuasan
Kerja Karyawan, dan Budaya Organisasi terhadap Komitmen Organisasi. Jurnal
Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(2), 529–539.
https://doi.org/10.24912/jmk.v5i2.23424
Khairunnisa, A. H., Ningrum, J. W., Huda, N., & Rini, N. (2020). Pengaruh Brand
Awareness dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menyalurkan Zakat dan
Donasi Melalui Tokopedia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 284.
https://doi.org/10.29040/jiei.v6i2.761
Lapi, D., & Prayitno, G. (2023). Absensi Pegawai Berbasis Android Pada Sd Bhakti
Mandala Nabire Menggunakan Metode Waterfall. Journal of Information
System Management (JOISM), 5(1), 84–88.
https://doi.org/10.24076/joism.2023v5i1.1119
Launtu, A. (2023). Pengaruh Aplikasi Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan
Konsumen Studi pada Pengguna Gojek di Kota Makassar. Jurnal Mirai
Management, 8(1), 210–223.
Makbul, M. (2021). Metode Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian. Industry
and Higher Education, 3(1), 1689–1699.
http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.u
c.ac.id/handle/123456789/1288
Mubarok, A., Aprilia, N. T., & Susanti, S. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna
Layanan Google-Forms Sebagai Media Survey Online Menggunakan Delone &
Mclean. Jurnal Informatika, 7(2), 192–198.
https://doi.org/10.31294/ji.v7i2.7967
Muchsinin, & Rahmawati, T. (2020). Teori Hipotesa dan Proposisi Penelitian.
SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 188–203.
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id
Mulia, P. (2022). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI
ABSENSI SUPER HANA PADA PT . TELKOM INDONESIA DENGAN
MENGGUNAKAN MODEL DELONE AND MCLEAN Oleh : Putri Mulia Dewi
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN REKAYASA UNIVERSITAS MULTI
DATA PALEMBANG PALEMBANG.
Mulyono, K. K., Wardani, A. S., & Sucipto, S. (2022). Pengukuran Kesuksesan
Website Universitas Menggunakan Metode Delone and Mclean. JSITIK: Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi Komputer, 1(1), 64–76. https://doi.org/10.53624/jsitik.v1i1.178
Nazhipah, I. (2024). Pengaruh komunikasi, kerjasama tim, dan disiplin kerja terhadap kinerja anggota bem stie indonesia banking school. 2(6), 801–813. Pangestu, I. D., Fahrullah, F., & Sari, N. W. W. (2023). Evaluasi kesuksesan penggunaan sistem informasi accurate menggunakan delone and mclean models. Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology),

4(1), 7–14. https://doi.org/10.37859/coscitech.v4i1.4033
Pristidayanti, Y., & Yulinda, A. T. (2023). The Influence of Reputation and Web
Quality on Lazada Customer Trust in Pendopo District, Empat Lawang
Regency, South Sumatra. Journal of Indonesian Management, 3(2), 257–264.
https://doi.org/10.53697/jim.v3i2.1307
Pulungan, L. H., Maya Safitri, E., Radithya Markarito Ariputra, Ardilla Firosya, &
Diajeng Putri Widiastuti. (2023). Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Aplikasi
Waze Dengan Menggunakan Metode Delone Dan Mclean. Prosiding Seminar
Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 207–216.
https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.6157
RIDHA, A. R. (2022). Konstruk Teoritik Dan Pengembangan Instrumen Pengukuran
Wasatiyah.
https://eprints.ums.ac.id/id/eprint/111508%0Ahttps://eprints.ums.ac.id/111508/1
/Ringkasa Disertasi Rosyid.pdf
Sani, A. (2020). DENGAN MODEL KESUKSESAN DELON AND MCLEAN. 4(2),
149–155.
Sanosra, A., Martini, N. N. P., & Asyari, H. (2021). Analysis of the effect of job
training and individual characteristics on teacher productivity. Jurnal Feb
UnMul, 18(1), 153–161.
Santoso, M. I., & Zuraidah, E. (2023). Audit Sistem Informasi Aplikasi Absensi Pada
Inl International Technology Menggunakan Framework Cobit 5. JURIKOM
(Jurnal Riset Komputer), 10(1), 39–45.
https://doi.org/10.30865/jurikom.v10i1.5420
Suharlina, lina (s). (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi
Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Rumah Makan. Jurnal Ilmiah
Ilmu Manajemen, 2(1), 113–125.
Umar, A., & Norawati, S. (2022). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan
Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening Pada Upt Sungai
Duku Pekanbaru. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 835–853.
https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.656
Wicaksono, E., Safitri, E. M., Sifaul Anam, M. A., & Bimantara, R. A. (2023).
Analisis Kepuasan Pengguna Pada Aplikasi Gojek Mengguanakn Pendekatan
Metode Delone-Mclean. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem
Informasi, 3(1), 394–402. https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.613