Pertumbuhan teknologi digital yang semakin dinamis telah mengubah cara manusia berinteraksi, terutama melalui platform media sosial seperti Instagram. Aplikasi ini telah menjadi salah satu alat utama untuk berbagi momen visual dan berkomunikasi secara global. Penelitian ini berfokus pada analisis pengalaman pengguna (User Experience) Instagram menggunakan pendekatan User Experience Questionnaire (UEQ). Tujuan utama dari penelitian ini adalah menggali wawasan mendalam mengenai persepsi pengguna, yang nantinya dapat berkontribusi dalam peningkatan kualitas aplikasi. Metode UEQ digunakan untuk menilai enam aspek utama dari pengalaman pengguna: daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner daring kepada 100 pengguna aktif Instagram yang menghabiskan waktu minimal 1 jam per hari di aplikasi tersebut. Hasil analisis memperlihatkan bahwa keenam aspek yang dinilai berada pada kategori positif, dengan skor tertinggi pada aspek kejelasan (1,83) dan terendah pada daya tarik (1,00). Dari temuan ini, terlihat bahwa meskipun pengguna secara umum memiliki pengalaman yang baik, ada beberapa area yang membutuhkan perhatian lebih lanjut, khususnya pada aspek ketepatan dan daya tarik visual. Penelitian ini diharapkan memberikan masukan berharga bagi tim pengembang dalam upaya memperbaiki dan menyempurnakan pengalaman pengguna Instagram ke depannya.
Alam, A. R. S., Rahmawita, M., Megawati, & Fronita, M. (2024). Analisis Perbandingan Kualitas Aplikasi E-Wallet Berdasarkan Pengalaman Pengguna Menggunakan Metode User Experience Questioner (UEQ). Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, 7(2), 506–519. https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i2.39006
Aldhian, N. A., & Tolle, H. (2023). Perancangan User Experience Aplikasi Creative Service Marketplace berbasis Mobile dengan Metode Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 7(1), 322–330. http://j-ptiik.ub.ac.id
Anjani, S., & Irwansyah, I. (2020). Peranan Influencer Dalam Mengkomunikasikan Pesan Di Media Sosial Instagram [The Role Of Social Media Influencers In Communicating Messages Using Instagram]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2). https://doi.org/10.19166/pji.v16i2.1929
Arkan, Z. M., Gandhi, A., & Kurniati, A. P. (2023). Evaluasi dan Perancangan Ulang User Experience Pada Aplikasi Media Sosial Xyz Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ). Key-title Proceedings of Engineering, 10(5), 5080–5085.
Ash Shidiqie, A., Fitra Akbar, N., & Risko Faristiana, A. (2023). Perubahan Sosial dan Pengaruh Media Sosial Tentang Peran Instagram dalam Membentuk Identitas Diri Remaja. Jurnal.Alimspublishing.Co.Id, 1(3).
Halim, F., Handoko, H., & Marpaung, S. H. (2020). Penilaian User Experience Fiori Bussim Menggunakan User Experience Questionaire (UEQ) Dan Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Pembelajaran Matakuliah Sertifikasi SAP. Sebatik, 24(1). https://doi.org/10.46984/sebatik.v24i1.921
Handayani, I. T., Hafidzah, H., & Yuliani, U. (2024). Analisis User Experience Pada Aplikasi Threads Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ). Jurnal Ilmiah Teknik, 3(1). https://doi.org/10.56127/juit.v3i1.1157
Hardika, J., Noviekayati, I., & Saragih, S. (2019). Hubungan Self-Esteem dan Kesepian Dengan Kecenderungan Gangguan Kepribadian Narsistik Pada Remaja Pengguna Sosial Media Instagram. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi), 14(1). https://doi.org/10.30587/psikosains.v14i1.928
Herawati, Y., Arianti, Y. M., Damerianta, S., & Mintarsih, N. (2022). Analisis User Experience Pada Tiktok Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ). Jurnal Ilmiah Komputasi, 21(4), 495–502. https://doi.org/10.32409/jikstik.21.4.3108
Irawan, F. S., Basthomi, F. A., Qolbi, M. N., & Mubarak, A. F. (2024). Evaluasi User Experience Pada Website Program Studi Perpustakaan Dan Ilmu Informasi Uin Malang Dengan Menggunakan Metode User Experience Questionnaire. Jurnal MNEMONIC, 7(1), 99–107.
Maharani, L. (2022). Evaluasi User Experience Pada Aplikasi Pemesanan Tiket Pesawat Teraveloka dan Tiket.com Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ).
Novitasari, S. F., Mursityo, Y. T., & Rusydi, A. N. (2020). Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada E-Commerce Sociolla.com Menggunakan Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (UEQ). Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi, dan Edukasi Sistem Informasi, 1(2). https://doi.org/10.25126/justsi.v1i2.9
Prasetyaningsih, S., & Muchtar, S. P. N. (2023). Analisis Perbandingan User Experience pada Website dan Aplikasi Mobile Shopee Menggunakan UEQ. JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, 5(3). https://doi.org/10.35746/jtim.v5i3.326
Rachman, A., Salim, B. S., Sodik, A., Iswanto, J., Vanchapo, A. R., & Manuhutu, M. A. (2023). Pemodelan User Interface dan User Experience Menggunakan Design Thinking. Jurnal Pendidikan Tambusai Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan, 7(2).
Rahmania, S., & Takwin, B. (2020). Instagram: From Media Sharing Network to Learning Resource (Studi Terhadap Dua Akun Instagram). Edcomtech, 5(1).
Rahmawati, R., & Oktadini, N. R. (2024). Analisis User Experience Aplikasi McDonald’s Dengan Menggunakan Metode User Experience Questionnaire. JURNAL FASILKOM, 14(1), 26–33.
Sikumbang, K., Ramadhina, W., Yani, E. R., Arika, D., Hayati, N., Hasibuan, N. A., & Permana, B. G. (2024). Peranan Media Sosial Instagram terhadap Interaksi Sosial dan Etika pada Generasi Z. Journal on Education, 6(2). https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.4888
Syamsiah, N. O., Purwandani, I., Nurwahyuni, S., & Rosmiati, M. (2024). Pemanfaatan User Experience Questionare Dalam Analisis Pengalaman Pengguna MyBSI E-Learning System. MULTINETICS, 9(2). https://doi.org/10.32722/multinetics.v9i2.6352
Sylvia, C., Angela, A., & Halim, F. (2021). Evaluasi User Experience Platform Video Communication dengan User Experience Questionaire (UEQ). JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 5(4). https://doi.org/10.30865/mib.v5i4.3263
Utama, F. P., & Ayuh, E. T. (2023). Pemanfaatan Fitur Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Pada Akun Instagram Bengkulu Info. Jurnal J-SIKOM, 4(2). https://jurnal.umb.ac.id/index.php/jsikom