Saat ini ada berjenis-jenis platform untuk menyebarkan pesan. Salah satunya melalui sebuah lagu. Lagu adalah ekspresi dan imajinasi penyair tentang suatu hal dari semua indera. Lagu disenangi oleh berbagai kalangan. Selain bisa menikmati alunan nada, khalayak juga bisa memaknai pesan yang disampaikan dari lirik lagu. Lirik lagu ditulis oleh penulisnya untuk menyampaikan sebuah pesan.
Penelitian ini memanfaatkan analisis semiotika milik Roland Barthes dengan judul penelitian “Analisis Semiotika Makna Kesepian Dalam Lirik Lagu ‘Lose’ Karya NIKI Tahun 2020”. Di mana teori tersebut digunakan untuk menemukan tanda-tanda semiotik yang digunakan dalam lirik lagu Lose karya NIKI dirilis tahun 2020 untuk menggambarkan tema kesepian.
Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan juga menggunakan paradigma interpretatif. Teknik pengumpulan datanya berlandaskan studi pustaka, yaitu menyelami buku-buku referensi yang tersimpan di perpustakaan. Data yang digali berupa data sekunder, yakni berupa buku-buku yang berkaitan dengan topik yang diteliti. Teknik analisis data dalam penelitian ini dimulai dengan mendengarkan lagu Lose karya NIKI melalui platform streaming online yaitu Spotify. Peneliti akan memastikan bahwa lagu Lose relevan dan sesuai untuk diteliti. Selanjutnya peneliti akan menelaah, menganalisis serta menjabarkan, dengan interpretasi penulis setelah mendengarkan berdasarkan konsep semiotika yang diadopsi oleh Roland Barthes menggunakan denotasi, konotasi dan mitos.
Pada hasil penelitian, peneliti mendapati 6 penanda yang menunjukkan dan lebih dekat memaknai kesepian dalam lirik lagu “Lose” Karya NIKI yang dirilis pada tahun 2020 lalu, antara lain: I’m Lonely, Let You In, Better Go, Never To Win Your Love, Gonna Let You Go, Let You Go.
Kesimpulan dari makna kesepian yang menjadi benang merah yang menghubungkan seluruh lirik lagu NIKI. Rasa hampa dan kehilangan akibat perpisahan dengan sang kekasih tergambar jelas dalam setiap baitnya. Hal ini diperkuat dengan pernyataan NIKI dalam wawancaranya dengan GDPVenture, di mana dia mengungkapkan bahwa lagu tersebut terinspirasi dari pengalaman pribadinya. Hal ini membuat NIKI merasa ingin menyerah dan kalah (Lose).
Sumber Buku:
Laut Mertha Jaya, I. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata (F. Husaini (ed.)). ANAK HEBAT INDONESIA.
Majid, A. (2017). ANALISIS DATA PENELITIAN KUALITATIF. Penerbit Aksara Timur.
Nurani, H. (2021). Belajar Mudah Berbahasa Inggris Di Era Pandemi Melalui Analisis Lirik Lagu. CV. DOTPLUS Publisher.
Rustan, A. ., & Hakki, N. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi. CV Budi Utama.
Sobur, Alex. (2016). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prasetya, Arif Budi. (2019). Analisis Semiotika Film dan Komunikasi. Malang: Intrans Publishing.
Chandler, Daniel. (2017). Semiotics: THE BASICS. New York: Routledge.
Sumber Skripsi dan Jurnal:
Afifah Hidayatu Laili, R. R. (2019). REFLEKSI KONDISI SOSIAL DI INDONESIA DALAM ALBUM TASHOORA HAMBA JARING CAHAYA , HAMBA BELA GELAPNYA : PERSPEKTIF ALAN SWINGEWOOD Hidayatu Laili Afifah Ririe Rengganis SAPALA Volume 9 Nomor 01 Tahun 2022 hlm 1--20. Sapala.
Agistasari, S. R. (2021). HUBUNGAN PENGGUNAAN APLIKASI STREAMING MUSIK SPOTIFY TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA KOMUNITAS WARGAKELANA [INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) KEDIRI].
Ambesa, A. G. P., Kelpitna, C. Z., & Tobing, N. E. H. (2024). Dampak Orbiting Terhadap Individu Korban Hubungan Tanpa Status. Jurnal Multidisiplin Inovatif, 8(4), 1–7.
Ananti, Y. P., Pertala, E. C., & Hestiana, S. (2023). Klasifikasi Emosi Dalam Lagu Brutalkarya Olivia Rodrigo. Nusantara Hasana Journal, 3(2), 117–123.
Azzahra, A. K. S. (2023). PENGARUH KESEPIAN TERHADAP PENGUNGKAPAN DIRI DI MEDIA SOSIAL PADA ANAK TUNGGAL [Universitas Muhammadiyah Malang].
Dwiputra, J. C. (2021). Loneliness At Satya Wacana Christian University Students Who Was In Salatiga During Pandemic. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(3), 321–333.
Fatimah. (2020). Semiotika Dalam Kajian IKLAN LAYANAN MASYARAKAT (M. P. Syahril, S.Pd. (ed.)). TallasaMedia.
Fauziyah, E., Jazilah, E., & Ifawati, N. I. (2024). Analisis makna konotatif dalam lirik lagu “Dreamers” fifa world cup 2022. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 25(1), 30–41.
Gunawan, N. (2022). Representasi Makna Patah Hati dalam Lirik Lagu All Too Well (Taylor’s Version) Karya Taylor Swift [Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie].
Harnia, N. T. (2021). Analisis Semiotika Makna Cinta Pada Lirik Lagu “Tak Sekedar Cinta” Karya Dnanda. Jurnal Metamorfosa, 9(2), 224–238.
Indah Mar’atus Sholichah, Dyah Mustika Putri, & Akmal Fikri Setiaji. (2023). Representasi Budaya Banyuwangi Dalam Banyuwangi Ethno Carnival: Pendekatan Teori Representasi Stuart Hall. Education : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(2), 32–42.
Nugrahani, F. (2014). METODE PENELITIAN KUALITATIF dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.
Praptiningsih, N. A., & Putra, G. K. (2021). Toxic Relationship Dalam Komunikasi Interpersonal Di Kalangan Remaja. Communication, 12(2), 132.
Purwanto, N. (2019). Variabel Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 6115, 196–215.
Salsabila, K., Yudha, E. S., & Saripah, I. (2022). Pengembangan Instrumen Kesepian Remaja: Analisis Model RASCH. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 12(3), 300–307.
Salsabila, M., & Putri, K. (2022). Analisis Semiotika Makna Kesendirian Dalam Lirik Lagu “I Need Somebody” Karya Day6. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 6(1), 32–42.
Sania, A. (2023). MAKNA KASIH SAYANG PADA LIRIK LAGU SAAT KAU TELAH MENGERTI KARYA VIRGOUN (ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES), PERIODE I-2023 [Universitas Bina Sarana Informatika].
Sari, I. P., Febriyanti, F., Ujung, T. A., & Barus, F. L. (2021). Analisis Makna Konotasi dalam Lirik Lagu Bertaut Karya Nadin Amizah. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 22–32.
Sholihul, A. (2019). Analisis Semiotika Dari Lirik Lagu Esok Kan Bahagia Yang Dipopulerkan Oleh Group Band D’Masiv. Jurnal Scientia, 1–10.
Susanti, W., & Nurmayani, E. (2020). Kritik sosial dan kemanusiaan dalam lirik lagu karya Iwan Fals. SeBaSa, 3(1), 1–8.
Syadri, S. S. (2022). Makna Konotasi Dalam Lirik Lagu Pada Album “12 Pop Minang Legendaris” Oleh Ria Amelia (Tinjauan Semantik) [Universitas Andalas].
Witantina, A., Budyartati, S., & Tryanasari, D. (2020). Implementasi Pembelajaran Lagu Nasional pada Pembelajaran SBDP di Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 117–121.
Sholichah, I. M. A., Putri, D. M., & Setiaji, A. F. (2023). Representasi Budaya Banyuwangi Dalam Banyuwangi Ethno Carnival: Pendekatan Teori Representasi Stuart Hall. Education: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 3(2), 32-42.