STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN JASA PENGIRIMAN PAXEL DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DI CABANG JAKARTA BARAT

research
  • 16 Oct
  • 2024

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN JASA PENGIRIMAN PAXEL DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DI CABANG JAKARTA BARAT

Komunikasi organisasi merupakan kunci dalam bisnis untuk menyampaikan produk atau jasa kepada masyarakat, ditandai dengan struktur yang jelas dan batasan yang dapat dimengerti oleh setiap anggota. Komunikasi melibatkan pertukaran informasi antara individu, baik secara verbal maupun nonverbal, dengan tujuan membentuk perilaku. Dalam konteks bisnis, komunikasi efektif mendukung kerja tim, meningkatkan produktivitas, dan memperkuat hubungan dengan pelanggan. Etika komunikasi memainkan peran penting dalam memastikan interaksi yang adil dan jujur.

Pemasaran dan komunikasi saling terkait erat, di mana strategi komunikasi pemasaran menjadi esensial dalam mempertahankan daya saing dan meningkatkan layanan. PT. Paxel, sebuah perusahaan pengiriman berbasis teknologi, menerapkan strategi komunikasi pemasaran untuk meningkatkan layanan di cabang Jakarta Barat. Namun, terjadi penurunan layanan pengiriman di cabang tersebut selama tiga tahun terakhir. Penelitian ini berfokus pada strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh PT. Paxel untuk meningkatkan jumlah pengguna jasa pengiriman di cabang tersebut.

Pendekatan yang digunakan adalah paradigma konstruktivisme, yang menekankan pentingnya bahasa dan simbol dalam membentuk realitas sosial. Studi ini juga mengadopsi konsep pemasaran 7C, yang berfokus pada kebutuhan dan keinginan konsumen. PT. Paxel telah melaksanakan berbagai kegiatan sosial dan partisipasi dalam event untuk meningkatkan kesadaran merek dan engagement dengan pelanggan. Melalui kombinasi strategi komunikasi online dan offline, PT. Paxel berusaha untuk memperkuat hubungan dengan masyarakat dan mempromosikan layanannya secara efektif.

Unduhan

 

  • cover.pdf

    Cover

    •   diunduh 20x | Ukuran 398,359

REFERENSI

Adisaputro, G. (2015a). Manajemen Pemasaran: Analisis untuk. Perancangan Strategi Pemasaran. Bandung: UPP STIM YKPN.

Adisaputro, G. (2015b). Manajemen Pemasaran: Analisis untuk. Perancangan Strategi Pemasaran. Bandung: UPP STIM YKPN.

Agustian, H., Purwitasari, I., and Fathurrijal, F. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Menarik Minat Konsumen Untuk Menggunakan Jasa Pembiayaan Multiguna Bess Finance Di Kota Baturaja. Jurnal Publisitas, 7(2), 64–71. https://doi.org/10.37858/publisitas.v7i2.40

Ainiyah, N. (2018). Remaja millenial dan media sosial: media sosial sebagai media informasi pendidikan bagi remaja millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221–236.

Alfred, D., and Chandler, J. (2015). Strategy and Structure: Chapters in The History of The industrial Enterprise. Cambridge Mass: MIT Press.

Barao, V. A. R., Coata, R. C., Shibli, J. A., Bertolini, M., and Souza, J. G. S. (2022). Analisis Konten Marketing Media Sosial Titok Dalam Meningkatkan Brand Awareness Di Bittersweet Title. Braz Den. Braz Dent J, 33(1), 1–12.

Daryanto, and Setyobudi, I. (2014). Konsumen dan pelayanan prima. Yogyakarta: Gava Media.

Elvira, M., and Sofyan, A. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Jasa Pengiriman Kurir PT. Pos Indonesia di Era Digital Marketing. Prosiding Manajemen Komunikasi, 6(2), 600–606.

Fauzi, D. H., and Mileva, L. (2018). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 58(1), 190–199.

Firmansyah, A. (2020a). Komunikasi pemasaran. Pasuruan: Qiara Media.

Firmansyah, A. (2020b). Komunikasi pemasaran. Pasuruan: Qiara Media.

Gunelius, S. (2011). ”30-Minute Social Media Marketing”. United States: McGraw-Hill Companies.

Hamel, G., and Prahalad, C. K. (2014a). Strategic Intent : To revitalize corporate performance, we need a whole new model of strategy, Wiley Encyclopedia of Management.

Hamel, G., and Prahalad, C. K. (2014b). Strategic Intent : To revitalize corporate performance, we need a whole new model of strategy, Wiley Encyclopedia of Management.

Haryono, B. (2016). How to Win Customer through Customer Service with Heart. Yogyakarta: Andi.

Haykal, M., Zuhra, N., Effendi, E., Sari, W., Nafidza, S., and Najmullah, A. (2024a). Pertumbuhan dan Perkembangan Ilmu Komunikasi. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 4(3), 1151–1163.

Haykal, M., Zuhra, N., Effendi, E., Sari, W., Nafidza, S., and Najmullah, A. (2024b). Pertumbuhan dan Perkembangan Ilmu Komunikasi. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 4(3), 1151–1163.

Kotler, P., and Keller, K. L. (2016a). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, P., and Keller, K. L. (2016b). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. Jakarta: PT Indeks.

Kristiadi, A. A. (2018a). Manajemen Relasi Komunitas Online. Yogyakarta: Andi.

Kristiadi, A. A. (2018b). Manajemen Relasi Komunitas Online. Yogyakarta: Andi.

Kurniawati, K. (2021). Pengaruh Komunikasi, Lingkungan Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pelayanan Asn Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Bantaeng. (Doctoral dissertation, STIE Nobel Indonesia).

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.

Lupiyoadi, R. (2017). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Malau, H. (2018). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Alfabeta.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Morissan. (2015a). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Morissan. (2015b). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Morissan. (2017a). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Morissan. (2017b). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Mulyadi. (2014a). Akuntansi Biaya (5th ed.). Yogyakarta: UGM Press.

Mulyadi. (2014b). Akuntansi Biaya (5th ed.). Yogyakarta: UGM Press.

Pratama, A. A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Public Relations PT. Whellen Brothers Melalui Influencer Fadil Jaidi Pada Media Sosial Instagram Untuk Meningkatkan Brand Awarenes. Universitas Bina Sarana Informatika.

Puspasari, N. A., and Hermawati, T. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial. Jurnal Komunikasi Massa, 5(1), 1–8.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish CV Budi Utama.

Sari, C. D. P. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Public Relations PT Mega Perintis Tbk Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan MOC. Universitas Bina Sarana Informatika.

Silviani, I. (2020). Komunikasi organisasi. Surabaya: copindo Media Pustaka.

Siregar, B., Suripto, B., Hapsoro, D., Lo, E., Herowati, E., and Kusumasari, L. (2015). Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat.

Soemanagara. (2014a). Strategic Marketing Communication. Bandung: Alfabeta.

Soemanagara. (2014b). Strategic Marketing Communication. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2019a). Strategi Pemasaran (3rd ed.). Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2019b). Strategi Pemasaran (3rd ed.). Yogyakarta: Andi.

Widodo, A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Public Relations Produk Common Grounds Dalam Menarik Minat pembeli di Instagram. Universitas Bina Sarana Informatika.

Wulandari, R., Rachmat, A., and Nugraha, B. A. (2018). Promosi Dan Informasi Pada Media Video Profile Sma Mandiri Balaraja. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 4(2), 209–216.