Perancangan UI/UX untuk fitur supply chain pada pabrik roti kemasan, dengan tujuan
memastikan ketersediaan produk sesuai permintaan konsumen. UI yang baik
memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan sistem, sementara UX yang baik
memastikan pengalaman pengguna yang nyaman, menyenangkan, dan memuaskan.
Supply Chain Management (SCM) berperan penting dalam mengintegrasikan
pemasok, produsen, distributor, dan pelanggan secara efisien, sehingga produk tersedia
pada waktu, jumlah, dan tempat yang tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah design thinking, yang melibatkan tahapan empathize, define, ideate,
prototype, dan testing. Tahap empathize mencakup pengumpulan informasi dan
pemetaan empati untuk memahami kebutuhan pengguna. Tahap define melibatkan
analisis kebutuhan pengguna dan perancangan fitur berdasarkan data SAP dan APO.
Tahap ideate fokus pada generasi ide kreatif, pembuatan wireframe, dan desain sistem.
Tahap prototype melibatkan pembuatan representasi digital untuk mendapatkan
umpan balik pengguna. Penelitian ini bertujuan memberikan solusi inovatif yang
mampu meningkatkan efisiensi dan kepuasan pengguna dalam pengelolaan supply
chain di pabrik roti kemasan.
full_text
Al-Faruq, M. N. M., Nur’aini, S., & Aufan, M. H. (2022). Perancangan Ui/Ux
Semarang Virtual Tourism Dengan Figma. Walisongo Journal of Information
Technology, 4(1), 43–52. https://doi.org/10.21580/wjit.2022.4.1.12079
Darmawan, M. J., & Sutanto, R. P. (2023). Penerapan Design Thinking pada
Perancangan Fitur Fleet Management dalam Website Transportation
Management
System
Waresix.
https://doi.org/10.9744/nirmana.23.2.113-122
Nirmana,
23(2),
Habib, A., & Avissena, F. R. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Point of Sale
Berbasis Website Menggunakan Metode Supply Chain Management Studi Kasus
Tanto
Sport Surabaya. 1(September), 1–23. https://conference.untag
sby.ac.id/index.php/sentek/article/view/1216/660
Ikhlas, M. I., & Zukhri, Z. (2022). Implementasi Metode Design Thinking Pada
Perancangan UI/UX Website Tracking GPS Tiara Track. Automata, 3(2), 1–10.
113–122.
Independen di Pintar Pemenang Asia, S. P., Puspa Kirana, R., Dwiridotjahjono, J.,
Pembangunan Nasional, U., Timur, J., Raya Rungkut Madya No, J., & Anyar, G.
(2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Project Pengembangan Bisnis
Digital Melalui Start-Up Garage Tech. Economic and Business Management
International Journal Januari, 6(1), 2715–3681.
Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). Perancangan Ui/Ux Aplikasi
My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma.
Jurnal Digit, 10(2), 208. https://doi.org/10.51920/jd.v10i2.171
Putra Permana, K. B. (2023). Analisis Peran Supply Chain Management (SCM) Dalam
Meningkatkan Kinerja Perusahaan. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan
Pengabdian
Masyarakat,
https://doi.org/10.59141/comserva.v3i06.1015
3(06),
2275–2287.
Tim Microcredential Kemendikbud. (2021). Panduan Singkat Magang dan Studi
Independen Bersertifikat Untuk Mahasiswa. Kementerian Pendidikan Dan
Kebudayaan Republik Indonesia, 1–29. https://drive.google.com/file/d/1Wy
MBoQqUnZNShNwnIao5aBA42PF0RYF/view
Tinur, P. S. (2021). Perancangan User Interface (Ui) Berdasarkan User Experience
(Ux) Pada Aplikasi Ipusnas Menggunakan Metode User-Centered Design.
Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Jakarta, 1–136.
Valentino Adhy Nuantra, Rifki Sacky, M., Wahyu Kristianto, M Reza Fadillah, Mila
Jamilatul Mahmudah, Sultan Alvian Chrisanda Hanif, & Ferida Yuamita. (2022).
Faktor Usability Testing Terhadap Penggunaan Presensi Di Web SIA UTY. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 1(3), 173–182.
https://doi.org/10.55826/tmit.v1iiii.36
Widiyantoro, M. F., Heryana, N., Voutama, A., & Sulistiyowati, N. (2022).
Perancangan UI / UX Aplikasi Toko Kue Dengan Metode Design Thinking.
of
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS :
Journal
Information
https://doi.org/10.51211/imbi.v7i1.1949
Management,
7(1),
1.