Pola Komunikasi Kelompok Pada Komunitas Fandom Once Jakarta Dalam Menjaga Solidaritas

research
  • 15 Oct
  • 2024

Pola Komunikasi Kelompok Pada Komunitas Fandom Once Jakarta Dalam Menjaga Solidaritas

Di era digital dan media sosial yang semakin berkembang dengan pesat. komunitas penggemar K-Pop yang dikenal sebagai fandom menjadi entitas sosial yang kuat dalam industri hiburan global. Perilaku penggemar juga dapat mendorong seseorang untuk saling berinteraksi dengan orang asing dan saling berbagi informasi tentang idola mereka masing-masing sehingga mereka dapat membentuk suatu komunitas. Pola komunikasi kelompok memiliki peran yang penting dalam sebuah komunitas. Dengan pola komunikasi yang baik dan tepat maka dapat membantu membangun rasa solidaritas. Fokus pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi kelompok pada komunitas fandom Once Jakarta dalam menjaga solidaritas dengan teori pola komunikasi kelompok menurut Joseph A. Devito. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan 5 informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi yang digunakan oleh komunitas fandom Once Jakarta dalam menjaga solidaritas dengan menggunakan pola bintang. Sehingga setiap anggota komunitas dapat bebas berkomunikasi satu sama lain tanpa adanya batasan. Tidak adanya kesenjangan antar anggota dalam komunitas serta tidak adanya status yang membeda-bedakan anggota merupakan upaya yang dilakukan komunitas fandom Once Jakarta dalam menjaga solidaritas.

 

Kata kunci : Pola Komunikasi, Komunikasi Kelompok, Menjaga Solidaritas

Unduhan

 

REFERENSI

UniAldhila, Enolya. 2023. “Pola Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Pada SMAN 17 Kota Bekasi.” Universitas Bina Sarana Informatika.

Alifah, Nabilah Nur. 2022. “Indonesia Jadi Negara Dengan Fans K-Pop Terbanyak Di Dunia.” https://goodstats.id/article/indonesia-masuk-peringkat-pertama-dengan-fans-k-pop-terbanyak-di-dunia-6w71d.

Alsabirin, R D Y. 2022. “Pola Komunikasi Kelompok Pada Komunitas Army (Proses Komunikasi Kelompok Dalam Kegiatan ARMY with LUV “BTS 6th Anniversary Gathering).” https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19077%0Ahttps://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/19077/2/168530055 - Rexy Diajeng Yovanca Alsabirin - Fulltext.pdf.

Deddy, Uda. 2017. Ini Logo Fans Club Resmi TWICE Yang Baru Diliris, Kok Ada Lolipopnya? https://www.grid.id/read/04119687/ini-logo-fans-club-resmi-twice-yang-baru-diliris-kok-ada-lolipopnya#google_vignette.

Ekawati, N U R Ilhami, Konsentrasi Keuangan, D A N Perbankan, and Program Studi Manajemen. 2021. “Minat Terhadap K-Pop Di Kalangan Mahasiswa Itb Nobel Makassar.”

Haris, T. C. 2020. Solidaritas Sosial Dalam Pembinaan Anak Jalanan. Indonesia. Indonesia: LeutikaPro.

Haryono, Cosmas Gatot. 2020. Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher). https://www.google.co.id/books/edition/Ragam_Metode_Penelitian_Kualitatif_Komun/7RwREAAAQBAJ?hl=id.

“Instagram @once.Jakarta.” https://www.instagram.com/once.jakarta?igsh=ZDJ2MnhoMnJzNmR2.

Koesomowidjojo, Suci R. Mar’ Ih. 2020. Dasar-Dasar Komunikasi. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer. https://books.google.co.id/books?id=MAsPEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=komunikasi+dan+bentuknya&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&ovdme=1&sa=X&ved=2ahUKEwisy-auhr-GAxXBTWwGHa-DAdsQ6AF6BAgMEAM#v=onepage&q=komunikasi dan bentuknya&f=fal.

Marniati. 2022. Komunikasi Kesehatan Berbasis Teurapetik. 1st ed. Depok: PT. Raja Grafindo Persada - Rajawali Pers. https://books.google.co.id/books?id=07KAEAAAQBAJ&pg=PA46&dq=komunikasi+kelompok&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&ovdme=1&sa=X&ved=2ahUKEwi2g7rl24yGAxXQbmwGHXUBBZAQuwV6BAgHEAc#v=onepage&q=komunikasi kelompok&f=false.

Memeru, Viola, and Tutut Ismi Wahidar. 2024. 8 JURNAL KAGANGA KOMUNIKASI FANDOM BOYGROUP NCT (NEO CULTURE TECHNOLOGY) DI PEKANBARU DALAM MEMPERTAHANKAN SOLIDARITAS.

Morissan. 2019. Riset Kualitatif. Indonesia: Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=OwPwDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=kualitatif&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&ovdme=1&sa=X&ved=2ahUKEwiyk-LTkMKGAxXtd2wGHdYXBs8Q6AF6BAgHEAM#v=onepage&q=kualitatif&f=false.

Novianti, Evi. 2021. Teori Komunikasi Umum Dan Aplikasinya. Yogyakarta: Penerbit Andi. https://books.google.co.id/books/about/Teori_Komunikasi_Umum_dan_Aplikasinya.html?id=-0e4DwAAQBAJ&printsec=frontcover&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_entity&hl=id&gl=ID&ovdme=1&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false.

Nugroho, Yohanes Christian Wahyu. 2022. “POLA KOMUNIKASI KELOMPOK SQUAD AIZEN ASANO GAME MOBILE LEGENDS DI SEMARANG.”

Nusantari, Ekky. 2019. “Peranan Komunikasi Kelompok Dalam Menjalin Solidaritas Pada Komunitas Anak Vespa Di Kota Medan.” Skripsi.

Pettalongi, Adawiyah. 2023. Sosiologi Pendidikan. ed. Harits Azmi Zanki. Indramayu: Penerbit Adab.

Poethrycendrawan, Karina, and Lusia Savitri Setyo Utami. 2022. “Pola Komunikasi Kelompok Penggemar NCT Pada Media Sosial Twitter.” Koneksi 6(2): 374–79. doi:10.24912/kn.v6i2.15720.

Putri, Rizkia Humaira Ziva. 2023. “Pola Komunikasi Pemain Game Online Mobile Legends (Studi Kasus Anggota Grup SWAT Game Online Mobile Legends).” Universitas Bina Sarana Informatika.

Rismawaty, Desayu Eka Surya, Sangra Juliano Prakasa. 2014. PENGANTAR Ilmu Komunikasi: Welcome to The World of Communications.

Soleh, Aqoma -. 2019. “Pola Komunikasi Kelompok Pada Komunitas Pecinta Film Islami.” Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah) 19(1): 17–34. doi:10.15575/anida.v19i1.5037.

Suyoto, Sandu dan Sodik, Muhammad Ali. 2015. Metodologi Penelitian. 1st ed. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Yasir. 2020. Pengantar Ilmu Komunikasi: Sebuah Pendekatan Kritis Dan Komperehensif. Sleman: Deepublish.