Karang taruna di kelurahan siantan hulu adalah sebuah organisasi kepemudaan yang berperan aktif dalam kegiatan sosial, budaya, dan pembangunan di tingkat kelurahan. Saat ini, organisasi tersebut menghadapi berbagai tantangan dalam mengelola data anggota, penyebaran informasi, serta pelaporan kegiatan yang masih menggunakan metode manual. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi berbasis web menggunakan metode prototype yang dapat mempermudah pengelolaan data organisasi secara lebih efisien dan terstruktur. Metode yang digunakan dalam
perancangan sistem ini adalah metode prototype, yang memungkinkan pengembangan sistem secara iteratif dari pengguna. Hasil penelitian ini mencakup fitur-fitur penting seperti pendaftaran anggota secara online, pengelolaan proposal, pelaporan hasil kegiatan, serta distribusi informasi yang lebih cepat dan akurat. Dengan adanya sistem ini, diharapkan tercipta lingkungan kerja yang lebih efisien bagi pengurus Karang Taruna, sekaligus meningkatkan keterlibatan pemuda dalam berbagai kegiatan sosial. Selain itu, sistem ini membantu meminimalkan kesalahan data dan meningkatkan aksesbilitas informasi bagi semua anggota, baik pengurus maupun masyarakat umum. Sistem ini juga diharapkan dapat mengurangi penggunaan kertas dan mendukung kelancaran operasional organisasi dalam era teknologi yang terus berkembang.
Aditya, R., Handrianus Pranatawijaya, V., Bagus Adidyana Anugrah Putra, P., Hendrik
Timang, J., Palangkaraya, K., & Tengah, K. (2021). Aplikasi Monitoring
Kegiatan Menggunakan Metode Prototype. In JOINTECOMS (Journal of
Information Technology and Computer Science) p-ISSN: xxxx-xxxx (Vol. 1,
Issue 1).
Afiifah, K. ’, Fira Azzahra, Z., Anggoro, A. D., Redaksi, D., Akhir, R., & Online, D.
(n.d.). Universitas Negeri Jakarta; Jl. Rawamangun Muka Raya No.11 RW.14
Rawamangun. JURNAL INTECH, 3(1), 8–11.
Agus Muhyidin, M., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). PERANCANGAN UI/UX
APLIKASI MY CIC LAYANAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA
MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA (Vol. 10, Issue 2). https://my.cic.ac.id/.
Akbar, F., Setiaji, S., Ishak, R., Saputra, D., & Masruri, B. (2020). Rancang Bangun
Sistem Informasi Karang Taruna Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal
Khatulistiwa Informatika, 8(1).
Aliman, W. (2021). Perancangan Perangkat Lunak untuk Menggambar Diagram
Berbasis Android. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(6), 3091.
https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6.1404
Ambarsari, L. S., Puspitasari, W., & Syahrina, A. (2021). MODULE DESIGN OF
LANDING PAGE AND PAYMENT ON PAHAMEE WEBSITE ABOUT
MENTAL HEALTH USING EXTREME PROGRAMMING METHOD.
Arianti, T., Fa’izi, A., Adam, S., Wulandari, M., & Aisyiyah Pontianak, P. ’. (2022).
PERANCANGAN
SISTEM
INFORMASI
PERPUSTAKAAN
MENGGUNAKAN DIAGRAM UML (UNIFIED MODELLING
LANGUAGE). In DOI: … (Vol. 1, Issue 1).
Arista Rizki, N., & Fidia Deny Tisna Amijaya, Ms. (2019). Lecture Notes Database
System (Sistem Basis Data) disusun oleh. http://math.fmipa.unmul.ac.id
Asmara, J. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Desa Berbasis Website (Studi
Kasus Desa Netpala). http://ttskab.go.id/
Fridayanthie, E. W., Haryanto, H., & Tsabitah, T. (2021). Penerapan Metode Prototype
Pada Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan (Persis Gawan)
Berbasis Web. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 23(2).
https://doi.org/10.31294/p.v23i2.10998
Kusuma, G. H. A. (2021). Perancangan Skema Sistem Keamanan Jaringan Web
Servermenggunakan Web Application Firewalldan Fortigateuntuk Mencegah
Kebocoran Data di Masa Pandemi Covid-19.
Lestari, A., Sucipto, A., Thyo Priandika, A., Apririansyah, A., & Suwarno, Y. (2022).
IMPLEMENTASI SAFETY STOK PADA SISTEM PENGELOLAAN STOK
PADA TOKO SI OEMAR BAKERY BERBASIS WEB (Vol. 3, Issue 1).
Luckyardi, S., Saputra, H., Safitri, N., Cahyaningrum, A., Septiani, D., Hidayat, R., &
Manajemen,
D.
(2021).
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
PENJUALAN BUSANA MUSLIM BERBASIS WEB DESIGN OF WEB
BASED MUSLIM CLOTHING SALES INFORMATION SYSTEM. In IJIS
Indonesian Journal on Information System.
Maharani, D., Helmiah, F., & Rahmadani, N. (2021). Penyuluhan Manfaat
Menggunakan Internet dan Website Pada Masa Pandemi Covid-19.
Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(1), 1–7.
https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v1i1.130
Munir, S., Putro Mega Santoso, D., & Arfans, R. (2022). PERANCANGAN
APLIKASI ABSENSI PEGAWAI PADA PT AVIA JAYA INDAH. 9(2).
Nasution, W. R. H., Nasution, M. I. P., & Sundari, S. S. A. (2022). 9 PENDAPAT AHLI
MENGENAI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN. 9 PENDAPAT AHLI
MENGENAI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN, 3.
Nuryati Afriani, S., Hadi, I., Teknik Elektro, J., Studi Teknik Telekomunikasi, P.,
Negeri Sriwijaya Jl Srijaya Negara, P., & Besar Palembang, B. (2019). Prototype
Sistem Pengering Biji Kopi Otomatis Berbasis Web Server.
Parinsi, M. T., Mewengkang, A., Rantung, T., Pendidikan, J., Informasi, T.,
Komunikasi, D., & Teknik, F. (2021). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. In Jurnal Pendidikan
Teknologi Informasi dan Komunikasi (Vol. 1, Issue 3).
Pratiwi, U., Wijaya, K., & Fajriyah. (2021). Penerapan Metode PrototypePada
Perancangan Sistem Administrasi Pembayaran Karate Berbasis Website: Studi
Kasus Lemkari Prabumulih. Pengembangan Sistem Informasi Dan Informatika,
2.
Prehanto, D. R. (2020). BUKU AJAR KONSEP SISTEM INFORMASI (I. K. D.
Nuryana, Ed.). SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.
Purnia, D. S., Muhajir, H., Adiwisastra, M. F., & Supriadi, D. (2020). Pengukuran
Kesenjangan Digital Menggunakan Metode Deskriptif Berbasis Website. Jurnal
Sains Dan Manajemen, 8(2).
Putra, M. G. L., & Octantia, H. (2021). Analisis dan Perencangan Aplikasi E-Learning
Berbasis Gamification (Studi Kasus Program Studi Sistem Informasi Institut
Teknologi Kalimantan). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(3),
571–578. https://doi.org/10.25126/jtiik.2021834368
Putri, R. E., Widya, R., & Yusman, Y. (2023). PROTOTYPE SISTEM INFORMASI
BIMBINGAN DAN KONSELING MENGGUNAKAN FIGMA. Jurnal
Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 4(2), 540–551.
https://doi.org/10.35870/jimik.v4i2.246
Rahman, L. (2019). Sistem Informasi Geografis Tanah Bersertifikat pada Desa Suluk
Berbasis Web.
Rahman, L. (2022). RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI SEWA
LAPANGAN BADMINTON WILAYAHDEPOK BERBASIS WEB. Teknik Dan
Science, 1.
Rahman, Y. A., Dwi Wahyuni, E., & Surya Pradana, D. (2020). Rancang Bangun
Prototype Sistem Informasi Manajemen Program Studi Informatika
Menggunakan Pendekatan User Centered Design. REPOSITOR, 2(4), 503–510.
Ratna Sari Dewi. (2023). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Interior pada PT.
Cipta Kreasi Buana Berbasis Web Menggunakan Metode Prototype. Jurnal Ilmiah
Sistem
Informasi
Dan
Ilmu
https://doi.org/10.55606/juisik.v3i3.669
Komputer,
3(3),
89–103.
Rizki, C., & Setiawan, A. (2020). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI EVENT
KARANG TARUNA UJUNG MENTENG CAKUNG.
Ronaldo, M., & Pasha, D. (2021). SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA
SANTRI PONDOK PESANTREN AN-AHL BERBASIS WEBSITE (Vol. 2,
Issue 1).
Safira, Y. B., & Purtiningrum, S. W. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian
Ketidakdisiplinan Siswa Menggunakan Metode SAW Berbasis Web (Studi
Kasus : MA Al-Muddatsiriyah). https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith
informatika/issue/archive
Santi, I. H. (2020). ANALISA PERANCANGAN SISTEM. Penerbit NEM.
Saputra, D., Meilinda, E., & Sidauruk, J. (2024). RPG based educational game on basic
arithmetic using the MDLC method. ITEGAM-JETIA, 10(47), 115–123.
Septiani, M., Rahmanto, S., Sofica, V., & Ningsih, R. (2019). METODE WATERFALL
PENJUALAN MEBEL PROPERTI BERBASIS WEB. In Syarif Rahmanto (Vol.
11, Issue 02).
Sertiawan, N., Nasution, A. L., & Syafira, A. C. (2023). Konsep Dasar Sistem Sosial
Indonesia Dan Masyarakat Sebagai Suatu Sistem. Konsep Dasar Sistem Sosial
Indonesia Dan Masyarakat Sebagai Suatu Sistem , 4(2), 123–134.
https://doi.org/10.53958/ft.v4i2.223
Setiyowati, & Siswanti, S. (2021). PERANCANGAN BASIS DATA.
Susilo, D., Sari, C., & Krisna, G. W. (2021). Sistem Kendali Lampu pada Smart Home
Berbasis IoT (Internet of Things). Jurnal ELECTRA : Electrical Engineering
Articles, 2(1), 23–30.
Taufik, A. (2019). JURNAL MANAJEMEN INFORMATIKA PERANCANGAN
SISTEM INFORMASI PENJUALAN MAKANAN KUCING DAN ANJING
BERBASIS WEB. PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN
MAKANAN KUCING DAN ANJINGBERBASIS WEB, 6(2).
Vinka, A. M., Michele, N., Industri, F. T., Rupa, S., & Desain, D. (2021).
PENGARUH TEKNOLOGI INTERNET TERHADAP PENGETAHUAN
MASYARAKAT JAKARTA SEPUTAR INFORMASI VAKSINASI
COVID-19 (Vol. 8, Issue 1).