PT Jaring Solusi Aplikasi merupakan perusahaan swasta yang berfokus pada
bidang software house yang memiliki tujuan untuk menghasilkan produk-produk
aplikasi pada tataran platform serta aplikasi antar muka sebagai media atau alat yang
dapat membantu pelanggan atau klien dalam menyelenggarakan tata kelola usaha dan
komersial. PT Jaring Solusi Aplikasi menghadapi kesulitan dalam administrasi pada
proses pencatatan data bantuan permasalahan yang masih dilakukan secara manual
yaitu dengan menggunakan spreadsheet, sehingga proses pengerjaan yang berjalan
kurang efektif. Menyulitkan pekerjaan khusunya pada monitoring status, memberikan
informasi kepada pelanggan, dan evaluasi kinerja. Dari permasalahan yang sudah
dipaparkan, penulis mencoba membuat pengembangan aplikasi berbasis web yaitu
"Jaring Help" yang diharapkan dapat memperbaiki masalah ini dengan memfasilitasi
pencatatan data, monitoring status, dan memberikan kemudahan akses informasi
kepada pelanggan serta mendukung evaluasi kinerja. Proses pengembangan ini
mengikuti metode System Development Life Cycle (SDLC) model prototype yang
meliputi analisis kebutuhan, desain, pembuatan prototype, evaluasi pengguna,
perbaikan prototype, implementasi, dan pengujian.
Full Teks Skripsi
Artikel Ilmiah Jurnal
Abdulloh, R. (2018). 7 in 1 Pemrograman Web untuk Pemula. Elex Media
Komputindo.
Adi Kurniyanti, V., & Murdiani, D. (2022). Perbandingan Model Waterfall Dengan
Prototype Pada Pengembangan System Informasi Berbasis Website. Jurnal
Syntax Fusion, 2(08), 669–675. https://doi.org/10.54543/fusion.v2i08.210
APJII. (2024, February 7). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. APJII.
https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus221-juta-orang
Bourque, P., & Fairley, R. E. (2014). Software Engineering Body of Knowledge. IEEE
Computer Society.
Budiarto, R. (2019). PERANCANGAN BASIS DATA (pertama). TEKNOSAIN.
Dantes, G. R., Setemen, K., Marti, N. W., Arthana, I. K. R., Mahedi, K. S., & Saputra,
P. H. (2019). PENGANTAR BASIS DATA (1st ed.). PT RAJAGRAFINDO
PERSADA.
Fathansyah. (2018). Basis Data Edisi Revisi Ketiga (3rd ed.). Informatika Bandung.
Figma. (2024). Free Prototyping Tool: Build Interactive Prototype Designs.
https://www.figma.com/prototyping/
Fraska, E. B. D., & Chotijah, U. (2023). Perancangan Sistem Informasi Manajemen
Tiket Keluhan Pelanggan PT. Jinde Grup Indonesia Berbasis Website
Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi
Informasi, 6(5), 61121.
Kurnaedi, D., Oktora, E., Dharmawan, E., Nasrullah, I., & Drajat, M. (2022). WebBased IT Helpdesk Ticketing System at PT. Dayacipta Kemasindo. Bit-Tech, 5(2),
121–127. https://doi.org/10.32877/bt.v5i2.617
Masripah, S., Hidayati, N., Syamsiah, N. O., & Haryani. (2019). ANALISA
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUTANSI (pertama). GRAHA ILMU.
Muharam, R., & Sulianta, F. (2021). SISTEM INFORMASI HELPDESK IT PERUM
PERURI. Syntax Idea, 5(2), 212–224.
Munawar. (2018). Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML.
Informatika Bandung.
Novita Wardhani, R., Catur Utami, M., Yahya Saputra, I., Negeri Jakarta, P., GA
Siwabessy, J. D., Beji, K., Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, U., Ir Juanda
No, J. H., Putih, C., Ciputat, K., & Tangerang Selatan, K. (2020). SISTEM
INFORMASI HELPDESK TICKETING PADA PT. BANK MEGA Tbk. Jurnal
Ilmiah MATRIK, 22(2).
Nurhidayah, S., Fauzan, M. N., & Rahayu, W. S. (2020). Implementasi Metode
Analytic Hierarchy Process (AHP) dengan PHP (R. M. Awangga, Ed.). Kreatif
Industri Nusantara.
Oscar, D., & Minarto, E. (2020). Rational Unified Proses Dalam Pembagunan Web
Aplikasi Administratif Rukun Tetangga (RT). Jurnal Format, 9(1), 10–20.
Paulina Suri, G., & Yudi Arifin, N. (2024). DESIGNING A WEBSITE MOCKUP FOR
PT. XYZ COMPANY PROFILE. 6(01), 2714–2755. https://doi.org/10.556442
PostgreSQL. (2024). PostgreSQL. https://www.postgresql.org/about/
Prehanto, D. R. (2020). BUKU AJAR KONSEP SISTEM INFORMASI. Scopindo
Media Pustaka.
Purnama Sari, D., Wijanarko, R., & Menoreh Tengah, J. X. (2019). Implementasi
Framework Laravel pada Sistem Informasi Penyewaan Kamera (Studi Kasus Di
Rumah Kamera Semarang). 2(1), 32–36.
Ramadhani, Y., & Nasrah. (2019). SISTEM INFORMASI MONITORING DAN
EVALUASI PELAKSANAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA
DAERAH (APBD) PADA KANTOR DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN
SOPPENG. JISTI : Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Teknik Informatika, 2(2),
42–51.
Robiul Rochmawati, D., Hatimatunnisani, H., & Veranita, M. (2023).
Mengembangkan Strategi Bisnis di Era Transformasi Digital. Coopetition :
Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(1), 101–108.
https://doi.org/10.32670/coopetition.v14i1.3076
Supriyanta, Wahyudi, T., & Widodo, P. (2022). Teknologi Informasi & Komunikasi
(Pertama).
Tarigan, R., Kusosi, I., & Usri, A. (2022). Perancangan Aplikasi Helpdesk Ticketing
System Pada PT. Indonesia Nippon Seiki. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan
Komputer), 11(1), 9–18. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i1.1271