Studi ini fokus pada analisis strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh @riabusana_official di platform media sosial TikTok untuk meningkatkan kesadaran merek. Dengan menggunakan konsep Komunikasi Pemasaran, Ria Busana menggabungkan berbagai elemen promosi seperti iklan, hubungan masyarakat, promosi penjualan, penjualan langsung, acara, pemasaran online, dan pemasaran langsung di TikTok. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh @riabusana_official di TikTok. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk memahami secara mendalam bagaimana berbagai strategi pemasaran, seperti iklan, hubungan masyarakat, promosi penjualan, dan interaksi langsung dengan pengguna, diintegrasikan ke dalam format digital yang sesuai dengan karakteristik TikTok.Hasil analisis menunjukkan bahwa pendekatan kualitatif memungkinkan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana konten-konten tersebut mempengaruhi persepsi dan kesadaran merek seperti top of mind, brand recall, brand recognition, dan unaware of brand di kalangan konsumen TikTok. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya konsistensi konten, penggunaan hashtag khas, dan strategi menjangkau audiens baru dalam memperkuat posisi merek @riabusana_official di platform tersebut.
Aulia Az zahra - 44200014
Harahap, N. (2017). Penelitian Kualitatif. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), 1–196.
Hariyanto, D. (2023). Komunikasi Pemasaran (Vol. 4, Issue 1). UMSIDA PRESS Jl.
Raihan. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. In Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Vol. 59, Issue April).
Subarsa, D. K. Y., & Putri. (2017). Teori Komunikasi.
Supriadi, Y. N., Marzuki, F., Ariani, N., Resti, A. A., Argo, J. G., Aryani, L., Mardiatmi, B. D., Wadu, R. M. B., Matondang, N., & Pusporini. (2022). Strategi Manajemen Pemasaran di Era Digital (Issue January 2022). www.penerbitdeepublish.com
Widyastuti, S. (2017). Manajemen Komunikasi pemasaran terpadu. In Feb-Up Press (Vol. 3, Issue 2).