Pengelolaan Tata Ruang Kantor Pada Bagian Tata Usaha Sekretariat BPSDM Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi Di Kalibata Jakarta Selatan

research
  • 15 Oct
  • 2024

Pengelolaan Tata Ruang Kantor Pada Bagian Tata Usaha Sekretariat BPSDM Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi Di Kalibata Jakarta Selatan

Pengaturan ruang kantor melibatkan penataan dan penempatan seluruh mesin, alat, serta perabot kantor di lokasi yang tepat, agar para pegawai dapat bekerja dengan optimal, nyaman, dan leluasa, serta bebas bergerak, sehingga efisiensi kerja dapat tercapai. Oleh karena itu, dalam penelitian penulis mengambil judul tentang Pengelolaan Tata Ruang Kantor Pada Bagian Tata Usaha Sekretariat BPSDM Kementerian PDT dan Transmigrasi di Kalibata Jakarta Selatan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknisi observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil Penataan ruang kantor yang digunakan terdiri dari meja dan kursi karyawan. Denah tata ruang kantor, jenis ruangan kantor pada Tata Usaha Sekretariat BPSDM ini yaitu jenis ruang kantor yang terbuka. Ruangan yang ditempati oleh beberapa pegawai tersebut tanpa adanya penyekat. Lingkungan fisik, pencahayaan yang terang, sirkulasi udara, dan kendala yang dihadapi, analisa pengelolaan tata ruang kantor, peletakan perabotan kantor yang sudah cukup memadai dalam penerapannya pada Bagian Tata Usaha Sekretariat BPSDM Kementerian PDT dan Transmigrasi di Kalibata Jakarta Selatan.

Unduhan

  • COVER pdf.pdf

    Cover

    •   diunduh 2x | Ukuran 12 KB

 

REFERENSI

Elisa, U., & Pahlevi, T. (2021). Analisis Tata Ruang Kantor di PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Journal of Office Administration : Education and Practice, 1(2), 124–137. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/joa/article/view/42122%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id

Febrianda, A. (2023). Pengaruh Kepemimpinan, Tata Ruang Kantor dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pengendalian Keuangan dan Aset (DPKA) Kota Padang. Jurnal Greenation Ilmu Akuntansi, 1(1), 32–43. https://doi.org/10.38035/jgia.v1i1.9

Lestari, Y., & Dkk. (2022). Analisis Tata Ruang Kantor TPST3R Bumdesma Lekok Asri, Desa Balung Anyar, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan. Jurnal Pengabdian Nasional, 02(01), 20–29.

Nur eli, M. (2021). Prinsip-Prinsip Administrasi Perkantoran. CV GRAHA MULIA UTAMA.

Putri, N. S., BK, T., & Akil, H. (2021). Pengelolaan Tata Ruang Kantor Di Sekolah Menegah Pertama. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(3), 351–356.

Rakhmat, A. N. (2016). Memahami Administrasi Perkantoran (Cetakan Pe). Sinergi Prima Magna.

Rasto. (2015). Manajemen Perkantoran: Paradigma Baru (Cetakan Ke). Alfabeta, CV.

Umam, K. (2014). Manajemen Perkantoran. CV Pustaka Setia.

Waluyo, W., Harjoyo, H., & Zubaidah, S. (2021). Pengaruh Tata Ruang Kantor Dan Efisiensi Kinerja Pegawai Terhadap Mutu Pelayanan Di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (Bbppmpv) Bisnis Dan Pariwisata, Sawangan-Depok. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 4(3), 633–641. https://doi.org/10.37481/sjr.v4i3.346

Waruwu, N. (2022). Manajemen Perkantoran (M. Sam, Z. Munawwaroh, & A. Kultur (eds.); Cetakan Pe). INDONESIA EMAS GROUP.

Zulkarnain, W., & Sumarsono, R. B. (2018). Manajemen dan Etika Perkantoran: Praktik Pelayanan Prima (Cetakan Pe). PT Remaja Rosdakarya.