Pengaruh Ketersedian Barang Dan Kualitas Layanan Terhadap Ulasan Pembeli pada Platform E-Commerce Tokoteknopro

research
  • 15 Oct
  • 2024

Pengaruh Ketersedian Barang Dan Kualitas Layanan Terhadap Ulasan Pembeli pada Platform E-Commerce Tokoteknopro

Tujuan dari riset ini guna memandang bagaimana kualitas layanan serta ketersediaan barang berdampak pada ulasan pembeli pada platform e-commerce TokoteknoPro. Ulasan pelanggan sebagai salah satu aspek berarti dalam keputusan pembelian konsumen di era modern. Persepsi dan kepuasan pelanggan sangat dipengaruhi oleh dua faktor penting: kualitas layanan dan ketersediaan barang. Untuk penelitian ini, metode kuantitatif digunakan. Sebuah kuesioner yang dibagikan kepada seratus orang yang menggunakan TokoteknoPro secara aktif digunakan untuk mengumpulkan data. Hasilnya dianalisis menggunakan teknik regresi linear berganda guna mengenali ikatan serta pengaruh antara variabel independen, ialah mutu layanan serta ketersediaan benda, serta variabel dependen, ialah pembahasan pembeli. Bagi hasil riset, ketersediaan benda serta mutu layanan mempunyai dampak positif serta signifikan terhadap pembahasan pembeli. Nyatanya mutu layanan mempunyai pengaruh yang lebih besar daripada ketersediaan benda. Penemuan ini mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan ulasan pembeli yang positif, TokoteknoPro perlu fokus pada peningkatan kualitas layanan selain memastikan ketersediaan barang yang memadai. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan oleh manajemen TokoteknoPro untuk merumuskan strategi yang lebih efektif dalam meningkatkan pengalaman pelanggan dan mengoptimalkan ulasan pembeli.

Unduhan

  • Bukti Submit.pdf

    Bukti Submit Jurnal

    •   diunduh 17x | Ukuran 844 KB

 

  • jurnal.pdf

    Jurnal

    •   diunduh 54x | Ukuran 1,104,824

REFERENSI

Adam, N., & Soedarmanto, D. (2022). Komunikasi Pengembangan Sumber Daya Manusia. Media Yayasan Kita Menulis.

Adi, S. D. N., & Nuvriasari, A. (2021). Pengaruh kepercayaan, promosi, dan ulasan produk terhadap keputusan pembelian produk akomodasi di aplikasi Traveloka. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 6(1), 178–193.

Ardianti, A. N., & Widiartanto. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 1(1), 1-11.

Cicik, I., & Djamaludin, M. (2018). The Effect Of Service Quality, Price And Trust To Customer Satisfaction Users Of Transportation Services Online Ojek (Study on Customers of Gojek in Semarang City). Jurnal of Management, 4(4). ISSN: 2502-7689

Destiana, N. (2020). 7 Prinsip Dasar Customer Service yang Perlu Kamu Ketahui. Majoo.id. Retrieved from https://majoo.id/blog/detail/7-prinsip-dasar-customer-service-yang-perlu-kamu-ketahui.

Fadhlillah, M., & Hidayati, N. (2022). Analisis Pengaruh Ulasan Pelanggan, Citra Merk, dan Intensitas Promosi terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris). Diponegoro Journal of Management, 11(1), 1–13. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/36590

Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Dan Penelitian (Cetakan 1). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Firatmadi, A. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. Journal of Business Studies, 2(2), 80–105.

Ghozali, I., & Latan, H. (2020). Partial Least Squares: Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris (2nd ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Himma, F. (2023). Yuk, Optimalkan Persediaan dengan Buku Stok Barang! Majoo.id. Retrieved from https://majoo.id/blog/detail/yuk-optimalkan-persediaan-dengan-buku-stok-barang.

Kumalasari, R. (2022). Definisi, Metode, serta Indikator Kepuasan Pelanggan. Majoo.id. Retrieved from https://majoo.id/blog/detail/definisi-metode-serta-indikator-kepuasan-pelanggan.

Latief, F., & Ayustira, R. (2020). Pengaruh Online Customer Review Dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Sociolla. Jurnal Mirai Management, 5(3), 139-154.

Lestari, S., et al. (2019). Pengaruh Perencanaan Pajak (Tax Planning), Kualitas Audit dan Kepemilikan Institusional Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi, 7(1), 98–111. https://doi.org/10.24964/ja.v7i1.686

Mukarromah, D. (2023). Analisis layanan RF Mobile menggunakan COBIT Domain Deliver and Support (DS). Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 141–145. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.140

Prasad, R., et al. (2019). Purchase decision of generation Y in an online environment. Marketing Intelligence and Planning, 37(4), 372–385. https://doi.org/10.1108/MIP-02-2018-0070

Putra, A., et al. (2019). Perancangan sistem informasi akademik menggunakan bahasa pemograman PHP dan database MySQL (studi kasus PAUD Terpadu Bissmillah Kota Bukittinggi). Jurnal Teknologi, 9(1), 26–40.

Riley, J. M., & Klein, R. (2021). How logistics capabilities offered by retailers influence millennials’ online purchasing attitudes and intentions. Young Consumers, 22(1), 131-151.

Setiyanto, B. (2019). Perancangan sistem informasi akademik menggunakan bahasa pemograman PHP dan database MySQL (studi kasus PAUD Terpadu Bissmillah Kota Bukittinggi). Jurnal Teknologi, 9(1), 26–40.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukhairi, T. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dalam Meningkatkan Nilai Tambah Melalui Inovasi Mesin Pengering Ikan dan Pemasaran Secara Online di Desa Lampulo Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh. AJAD: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 161–169. https://doi.org/10.59431/ajad.v3i3.189

Tata, M. (2020). An examination of the role of review valence and review source in varying consumption contexts on purchase decision. Journal of Retailing and Consumer Services, 52(December 2018), 101734. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.01.003

Teoh, C., et al. (2014). Factors affecting consumers’ perception of electronic payment: an empirical analysis. Internet Research, 23(4), 465-485.

Wijonarko, R. (2021). Branding & Inovasi: Studi Kasus Teh Sosro. Retrieved from https://pelakubisnis.com/2018/05/branding-inovasi-studi-kasus-teh-sosro/

Wulandari, S., & Sari, N. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi kasus pada Marketplace Shopee). Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 6(1).