Willyan Muslim (64200135) Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Kepercayaann Terhadap Minat Beli Cryptocurrency Di kalangan Mahasiswa Bina Sarana Infromatika Margonda
Cryptocurrency telah menjadi tren baru dalam dunia keuangan digital, namun adopsinya masih terbatas di kalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi manfaat dan kepercayaan terhadap minat beli cryptocurrency di kalangan mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika Margonda. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden mahasiswa. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 25 dan analisis data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linear berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial persepsi manfaat tidak berpengaruh secara signifikan, sedangkan kepercayaan terbukti memiliki pengaruh yang signifikan. Secara simultan, persepsi manfaat dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat beli cryptocurrency. Temuan ini mengimplikasikan pentingnya meningkatkan pemahaman tentang manfaat dan membangun kepercayaan masyarakat, terutama mahasiswa, terhadap cryptocurrency untuk mendorong adopsi teknologi ini.
Kata kunci: Persepsi Manfaat, Kepercayaan, Minat Beli dan Cryptocurrency
Submissions_Jurnal Manajemen dan BIsnis_64200135_WILLYAN MUSLIM
Turnitin_64200135_WILLYAN MUSLIM
Artikel Jurnal
Skripsi_6420135_WILLYAN MUSLIM
Abubakar, R. (2021). Metodologi Penelitian. UIN Sunan Kalijaga.
Amalia, N. (2021). Pengaruh persepsi Kepercyaan, Persepsi Keamanan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Manfaat Terhadap Keputusaan Pembelian Tiket Bioskop Secara Online Melalui Aplikasi Tix.Id.
Anastasia, T. I., & Suwarno, A. E. (2022). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Manfaat, Persepsi Harga, Resiko, terhadap Minat Beli Pada Situs Belanja Online.
Andriani, D. (2022). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Islam. www.fe.unisma.ac.id
Ernawati, N., & Noersanti, L. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, kemudahan Penggunaan dan kepercayaan terhadap Minat penggunaan pada aplikasi OVO. BPJP) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, 03(02). www.bi.go.id/id/statistik
Fadilla, Z., Ketut Ngurah Ardiawan, M., Eka Sari Karimuddin Abdullah, M., Jannah Ummul Aiman, M., & Hasda, S. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. http://penerbitzaini.com
Firdaus, M., Rachman, N., & Rizal, M. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Kemanfaatan Dan Tagline Gratis Ongkir Terhadap Minat Beli Ulang pada situs Shopee Online Shop. www.fe.unisma.ac.id
Gultom, T., Manurung, H., & Simanjuntak, N. (2022). Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Beli Pakaian Online Shopee.
Hadita, aghnin, Nabhani, I., & Mohammad Firdaus, O. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Investor Untuk Investasi Aset Kripto Di Indonesia. www.jurnal.pps.uniga.ac.id
Handayani, H. (2023). Implementasi Sosial Media Influencer terhadap Minat Beli Konsumen: Pendekatan Digital Marketing. Jesya, 6(1), 918–930. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.1023
Kurniawan, G. (2020). Buku Referensi Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Beras Organik Melalui E-Commerce. Mitra Abisatya.
Linda, R., Oktarina, R., Rahmiati, & Saputra, I. (2023). BUKU AJAR STATISTIKA (Eliza, Ed.). CV. Muharika Rumah Ilmiah. www.muharikarumahilmiah.com
Maisaroh, S., & Wibisono, T. (2022). Pengaruh Media Sosial, Kepercyaaan, dan Persepsi Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(1), 16–29. https://doi.org/10.12928/fokus.v12i1.5708
Meliza, A., & Rahmawati, R. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital DANA: Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(3), 1395–1406. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i3.3785
Muhammad, & Tirta. (2023). Muhammad Rafli Tirta_ Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahaan, Kepercyaan dan Keamaan Terhadap Minat Dalam Menggunakan E-wallet.
Nadia, F., & Hartati, E. (2021). Analisis Pengaruh Keperayaan, Persepsi Manfaat, dan Persepsi kemudahan penggunaan dan terhadap Minat Beli pada aplikasi Tokopedia Berbasis Mobile.
Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.
Purba, H., & Siregar, O. (2022). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Pengetahuan Konsumen dan Promosi Terhadap Penggunaan Cryptocurrecy Sebagai Instrumen Investasi. JOSR: Journal of Social Research Juni, 2022(7), 679–693. http://https://ijsr.internationaljournallabs.com/index.php/ijsrhttp://ijsr.internationaljournallabs.com/index.php/ijsr
Purnomo, R. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. Wade Group.
Purwanza, S., Wardhana, A., Mufidah, A., & Renggo, Y. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (A. Munandar, Ed.). CV. MEDIA SAINS INDONESIA.
Rahma, S. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Manfaat, Risiko, dan Kepercayaan dalam Menggunkan E-Wallet (electronic wallet) di Yogykarta (Studi Kasus: Pengguna E-Wallet ShopeePay di Yogyakarta).
Rosana, J. (2023). Pengaruh Kepercyaan, Persepsi Manfaat, Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan OVO.
Simamora, M. (2022). Pengaruh Harga, Promosi dan Lokasi dalam Menentukan keputusan Pembelian Rumah Pada Perumahan Batang Kuis.
Syarifuddin, & Saudi, I. (2022). Metode Riset Praktis Regresi Berganda Dengan SPSS (S. Saudi, Ed.). Bobby Digital Center.
Zahriyah, A., Suprianik, Parmono, A., & Mustofa. (2021). Ekonomerika. Mandala Press.