Representasi Kasih Sayang Anak Kepada Orang Tua Dalam Film “Rumah Masa Depan”

research
  • 15 Oct
  • 2024

Representasi Kasih Sayang Anak Kepada Orang Tua Dalam Film “Rumah Masa Depan”

Dalam setiap budaya dan masyarakat, hubungan antara anak dan orang tua adalah salah satu ikatan yang paling kuat dan berarti. Kasih sayang anak kepada orang tua tidak hanya mencerminkan nilai-nilai keluarga, tetapi juga menunjukkan integritas, rasa hormat, dan kepedulian yang diajarkan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi kasih sayang anak kepada orang tua dalam film "Rumah Masa Depan". Film ini dipilih karena menggambarkan dinamika hubungan keluarga dalam konteks perubahan sosial di masa depan. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengidentifikasi dan mengevaluasi berbagai adegan dan dialog yang mencerminkan kasih sayang anak kepada orang tua. Analisis dilakukan dengan menggunakan teori representasi dan semiotika untuk memahami simbol-simbol serta narasi yang digunakan dalam film. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film "Rumah Masa Depan" menampilkan berbagai bentuk kasih sayang anak kepada orang tua, baik secara verbal maupun non-verbal, yang meliputi tindakan perhatian, penghargaan, dan pengorbanan. Selain itu, film ini juga mengilustrasikan bagaimana perubahan sosial mempengaruhi ekspresi kasih sayang tersebut.

Unduhan

 

REFERENSI

Anwar, L. P. (2022). Analisis Semiotika Tentang Representasi Disfungsi Keluarga Dalam Film Boyhood. Journal of Discourse and Media Research, 1(01), 60–78. https://journal.rc-communication.com/index.php/JDMR/article/view/16

Fauzi, A., & Kamal, M. R. (2022). Orang Jahat adalah Orang Baik Yang Tersakiti: Analisis Pesan Moral Pada Film Joker. At Tabsyir Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 9(2). https://doi.org/10.21043/at-tabsyir.v9i2.17631

Gerung, J., Meruntu, O. S., & Senduk, T. (2023). REPRESENTASI PERLAWANAN MAHASISWA DALAM LIRIK LAGU DARAH JUANG DAN PEMBEBASAN. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Seni REPRESENTASI, 3(9). https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i9.7642

Kartini, Deni, I. F., & Jamil, K. (2022). REPRESENTASI PESAN MORAL DALAM FILM PENYALIN CAHAYA (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE) REPRESENTATION. SIWAYANG Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Pariwisata, Kebudayaan, Dan Antropologi, 1(3), 121–130. https://doi.org/10.54443/siwayang.v1i3.388

Khairiyah, M., Batubara, A. K., & Abidin, S. (2023). Representasi Vandalisme Pada Film Animasi. Journal Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 6(2), 171–187. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/30454/15907

Lantowa, J., Marahayu, N. M., & Khairussibyan, M. (2017). Semiotika: Teori, Metode, dan Penerapannya dalam Penelitian Sastra. Deepublish.

Masdiana. (2021). ANalisis Semiotika Pesan Toleransi Dalam Film “Ajari Aku Islam” (Metode Charles Sanders Peirce). http://repository.uinsu.ac.id/15240/1/SKRIPSI MASDIANA %28NIM. 0105172081%29.pdf

Rachmat Kriyantono, P. . (2022). TEKNIK PRAKTIS RISET KOMUNIKASI KUANTITATIF DAN KUALITATIF. Kencana.

Sarah, R. (2021). REPRESENTATION OF FEMINISM IN THE FILM OF JANE EYRE (2011): SEMIOTICS ANALYSIS STUDY OF CHARLES SANDERS PEIRCE Rima. Jurnal Ilmu Humaniora, 05(2). https://online-journal.unja.ac.id/index.php/titian

Setyalisti, H. S. (2022). REPRESENTASI FATHERHOOD DALAM FILM SEJUTA SAYANG UNTUKNYA (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). https://eprints.ums.ac.id/103476/5/Naskah Publikasi-8.pdf

Soyomukti, N. (2017). PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI. AR-RUZZ MEDIA.

Widayati, U., & Leha, N. (2022). ANALISIS QALBU TOKOH UTAMA NOVEL PULANG KARYA TERE LIYE PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM. Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 55(7), 123–134. https://doi.org/10.52266/tadjid.v6i1.868

Yasir. (2020). PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI SEBUAH PENDEKATAN KRITIS DAN KOMPREHENSIF. Deepublish.