POLA KOMUNIKASI PT.INFO TEKNO SIAGA DALAM MENANGANI PERMASALAHAN YANG DIALAMI KONSUMEN MELALUI APLIKASI DINGTALK

research
  • 15 Oct
  • 2024

POLA KOMUNIKASI PT.INFO TEKNO SIAGA DALAM MENANGANI PERMASALAHAN YANG DIALAMI KONSUMEN MELALUI APLIKASI DINGTALK

  1. Info Tekno Siaga ini menggunakan aplikasi DingTalk sebagai media untuk berkomunikasi dalam menyelesaikan permasalahan yang dialami konsumen agar teratasi dengan baik dan sesuai harapan konsumen. Sehingga dari aplikasi DingTalk ini menimbulkan komunikasi antara karyawan dengan karyawan, penulis menggunakan penelitian kualitatif untuk mengumpulkan informasi dan data yang berasal dari wawancara dan observasi. Salah satu tujuan penelitian deskriptif ini untuk menemukan solusi untuk masalah melalui penjelasan tentang peristiwa, baik berdasarkan bukti yang ada atau sesuai dengan fakta. Berdasarkan dari penelitian diatas maka peneliti berupaya untuk membahas bagaimana pola komunikasi yang terjadi pada PT. Info Tekno Siaga dalam menyelesaikan permasalahan konsumennya menggunakan aplikasi DingTalkDari keseluruhan hasil pernyataan wawancara tersebut mendapatkan kesimpulan bahwa, komunikasi dua arah yang terbuka antara atasan dan customer service sangat ditekankan. Atasan mendengarkan masukan karyawan untuk memastikan pesan tersampaikan dengan baik, sementara customer service menyampaikan informasi dengan jelas kepada atasan dan responsif terhadap masukan. Terkadang ada hambatan dalam estimasi waktu penyelesaian, respons tim customer service dalam mengatasi eskalasi masalah dinilai efektif dan dapat diandalkan. Dari hasil penelitian yang sudah diteliti sebelumnya, peneliti menemukan temuan pada pola komunikasi pada PT. Info Tekno Siaga dalam menyelesaikan masalah yang dialami oleh konsumennya selalu sama yaitu menggunakan pola komunikasi dua arah dimana antara menejemen-menejemen, menejemen-karyawan, karyawan-karyawan berkomunikasi sepenuhnya menggunakan aplikasi DingTalk baik pada penyampaian informasi sampai dengan penyelesaian masalah konsumen. Dalam menyelesaikan masalah yang dialami konsumen perusahaan tersebut sangat memperhatikan pada penggunaan bahasa, pemilihan kata yang akan disampaikan kepada konsumen agar informasi dapat diterima dengan baik.

Unduhan

 

REFERENSI

Raihan, J. P., & Putri, Y. R. (2018). Pola Komunikasi Group Discord PUBG. INDO. FUN Melalui Aplikasi Discord. eProceedings of Management, 5(3).

Fanaqi, C., Fauzie, M. F., Novitasari, B., & Fathoni, M. S. (2021). Prostitusi Online Melalui Media Sosial:(Pola Komunikasi Pelaku Prostitusi Online Melalui Aplikasi Michat). Aspikom Jatim: Jurnal Penelitian Komunikasi, 2(2), 1-15.

Rolos, P. M. (2020). MODEL KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS DI PEMERINTAH KOTA SALATIGA DENGAN PENDEKATAN MODEL KOMUNIKASI GRUNIG DAN HUNT. Jurnal InterAct9(1), 71-78.

Gabe, D. T. (2017). Pola Komunikasi Suporter Sepakbola AC Milan Indonesia (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Milanisti Sezione Tangerang) (Doctoral dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).

Narti, S. (2017). Pemanfaatan “whatsapp” sebagai media komunikasi dosen dengan mahasiswa bimbingan skripsi (studi analisis Deskriptif pada mahasiswa ilmu komunikasi bimbingan skripsi universitas Dehasen Bengkulu tahun 2016). Professional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 4(1).

Maulana, A. P. (2019). POLA KOMUNIKASI KARYAWAN CALL CENTER DALAM PEMECAHAN MASALAH PELANGGAN (Studi Kasus Pada Karyawan dan Karyawati di PT. Infomedia Solusi Humanika bagian Call Center Telkomsel kota Bandung)(Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Situmeang, I. V. O. (2023). Pola Komunikasi Customer Service Dalam Menangani Komplain Pelanggan (Studi Pada PT. Inti Tama Karsa, Jakarta). IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora7(3), 357-370.

 

 

Yusuf, M. A., & Fahrudin, M. (2023). Pengantar Ilmu Komunikasi.

 

Hariyanto, D. (2021). Buku ajar pengantar ilmu komunikasi. Umsida Press, 1-119.

 

Maylya, M., Priyowidodo, G., & Tjahyana, L. J. (2018). Pola-pola Komunikasi dalam Komunitas Virtual Pengemudi Transportasi Online. Jurnal E-Komunikasi6(2).

 

Alfarisi, S., & Hasanah, U. (2021). Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies. Cybernetics: Journal Educational Research and Sosial Studies2(1), 1-10.

 
 

Safarudin, R., Zulfamanna, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian kualitatif. Innovative: Journal Of Social Science Research3(2), 9680-9694.