Kelurahan Duren Jaya adalah sebuah organisasi pemerintahan yang berfokus pada pelayanan publik, termasuk layanan pembuatan KTP baru yang rusak atau hilang, pengurusan akta kematian, pembuatan kartu keluarga, dan pengurusan identitas kependudukan lainnya. Analisis pelayanan publik bertujuan untuk mengukur kinerja pegawai kelurahan dalam memberikan layanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelayanan publik di Kelurahan Duren Jaya dengan memperoleh survei kepuasan masyarakat sebagai tolok ukur untuk mengevaluasi dan menjaga konsistensi pelayanan yang diberikan. Dengan menggunakan metode K-Means Clustering, penelitian menemukan bahwa terdapat kelompok layanan publik dengan tingkat efektivitas rendah yang perlu ditingkatkan agar masyarakat meras puas dengan pelayanan yang diberikan. Hasil penelitian menunjukan adanya tiga cluster, yaitu cluster (0) dengan 43 data, cluster (1) dengan 43 data, dan cluster (2) dengan 16 data warga.
Bukti_Submission_Jurnal
Full_text
Awaliyah Matondang, K., Nurita Pasaribu, Venus Situmeang, & Rasmita Tarigan, D. (2024). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik terhadap Kepuasan Masyarakat. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(5). https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i5.1268
Burelia, U., Urva, G., Sellyana, A., Tinggi Teknologi Dumai, S., & Sekolah Tinggi Teknologi Dumai, D. (2022). MENGUKUR TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN KEPOLISIAN RESOR(POLRES) DUMAI MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING. In JUTEKINF (Vol. 10, Issue 1).
Gede Sarasvananda, I. B., Anwar, C., Pasha, D., & Styawati, S. (2021). ANALISIS SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT MENGGUNKAN PENDEKATAN E-CRM (Studi Kasus : BP3TKI Lampung). Jurnal Data Mining Dan Sistem Informasi, 2(1), 1. https://doi.org/10.33365/jdmsi.v2i1.1026
Kusbudiyanto, L., Kurniawan, D., & Samputra, P. L. (2023). Evaluasi Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Bekasi. JANE - Jurnal Administrasi Negara, 15(1), 55. https://doi.org/10.24198/jane.v15i1.20958
Oop Sofiyah, S., & Danar Dana, R. (2023). ANALISIS EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTERING DI KECAMATAN SUKAGUMIWANG. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 7, Issue 2).
Putri, A. S., & Listyowati, R. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Mutu Pelayanan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kantor Bpjs Kesehatan Kabupaten Badung. Archive of Community Health, 9(1), 114. https://doi.org/10.24843/ach.2022.v09.i01.p08
Setiawati, B. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Kinerja Pelayanan Kepolisian Resort Balangan. Jurnal PubBis, 06(01), 74–85. https://doi.org/10.35722/pubbis.v6i1.583
Sulaiman, S., Sunarsih, S., & Zain, D. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik terhadap Kepuasan Masyarakat. Eksos, 18(2), 105–120. https://doi.org/10.31573/eksos.v18i2.461
Winda Sari Siburian, L., Saripurna, D., Kusnasari, S., Studi Sistem Informasi, P., & Triguna Dharma, S. (2024). Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kantor Desa Dengan Menggunakan Algoritma C4.5. 3(2), 263–273. https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsi
Wisanta, E. H., & Marlim, Y. N. (n.d.). Seminar Nasional Informatika (SENATIKA) Prosiding SENATIKA 2021 Analisis Algoritma K-Means Untuk Clustering Kepuasan Pelayanan: Mall Pelayanan Publik Pekanbaru.