Strategi Public Relations Bank Mandiri Kantor Cabang Lampung Dalam Meningkatkan Corporate Image

research
  • 15 Oct
  • 2024

Strategi Public Relations Bank Mandiri Kantor Cabang Lampung Dalam Meningkatkan Corporate Image

ABSTRAK

 

 

Strategi Public Relations Bank Mandiri Kantor Cabang Lampung Dalam Meningkatkan Cooperate Image.

 

Public Relation dalam industri perbankan memiliki peran penting dalam membangun citra positif dan reputasi yang baik bagi bank. Dengan menggunakan strategi komunikasi yang efektif, public relation dapat menyampaikan informasi yang jelas dan transparan kepada nasabah mengenai layanan perbankan, kebijakan, dan kinerja bank., public relation juga berperan dalam mengelola dan merespons umpan balik serta kritik dari nasabah dengan cara yang tepat dan efektif.  Strategi yang dilakukan public relations pada dasarnya mengacu pada visi misi organisasi dan harus sejalan dengan strategi perusahaan, sehingga strategi yang dibuat harus terencana dan tersusun yang berhubungan dengan tujuan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi public relations Bank Mandiri Kantor Cabang Lampung dalam dalam mempertahankan eksistensi cooperate image. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif sebagai landasan penelitian, dan untuk metode penelitian peneliti menggunakan metode deskriftif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan studi literatur. Metode pengolahan data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah denga teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Public Relations Bank Mandiri berperan penting dalam membangun kepercayaan nasabah dan memelihara citra positif Bank Mandiri. Public Relations Bank Mandiri berfokus pada membangun hubungan positif dengan nasabah melalui komunikasi. Dengan peran yang luas dan beragam ini, Public Relations Bank Mandiri berkomitmen untuk membangun dan  mempertahankan  kepercayaan  nasabah  serta  memperkuat  posisi  Bank Mandiri  di industri perbankan.

Unduhan

  • cvr.pdf

    Cover

    •   diunduh 15x | Ukuran 209 KB

 

  • Skripsi_Novri aulia.pdf

    Strategi Public Relations Bank Mandiri Kantor Cabang Lampung Dalam Meningkatkan Corporate Image

    •   diunduh 25x | Ukuran 3,985,369

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Dian Sudiantini S.Pd.M.Pd. (2022). Manajemen Strategi. In Anggota IKAPI (Issue Cetakan pertama).

Fenti Hikmawati. (2020). Metodologi Penelitian (1 Cetakan). Rajawali Pers.

Kartika, C. K., Kusaeri, A., Taufik, M., Yusuf, M. D. K., Putri, M. P., Sari, W., Apriliani, L., & Sukmo, K. puji. (2019). Pengaruh Corporate Image, Trust, Word of Mouth Dan Communication Marketing Terhadap Customer Satisfaction Pada Pt. Bank Negara Indonesia (Persero) Cerme, Gresik. Develop, 3(1), 27–42. https://doi.org/10.25139/dev.v3i1.1526

  1. J. Moleong. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosda Karya.
  2. Gilang Saputra, Hanifati Intan, N. M. (2021). Pengaruh Kulitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Cabang Arief Palembang. JAMB (Jurnal Aplikasi Manajemen & Bisnis), 2(1).

Mania, S. S. dan S. (2020). PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN (Cet. Kedua). Pusaka Almaida.

Menjadi, K., Di, N., Bri, B., & Sorong, C. (2022). JURNAL EKONOMI. 4(4), 611–619.

Morrison, M. A. (2017). Metode Penelitian Survei. Kencana.

Nasution, I. I. (2019). Peranan Public Relations Dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi Hotel Garuda Plaza. Jurnal Warta Edisi : 61, 13(3), 141–143.

Nur sayidah. (2018). Metodologi Penelitian Disertai dengan Contoh Penerapannya Dalam Penelitian. Zifatama Jawara.

Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2017). Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 3(1), 90–95.

Nuroni, A. M., & Adiguna, R. (2017). Evaluasi Strategi pada PT Elco Indonesia Sejahtera Menggunakan Analisis Servo. Jurnal Wacana Ekonomi, 16(3), 155–163. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JA/article/view/405

Rachmawati, F., & Jasmin, N. A. (2024). Penerapan Strategi Public Relation pada Bank Jatim Cabang Utama Surabaya untuk Meningkatkan Citra Perusahaan. 2(1).

RAFI, M. (2020). Fungsi Public Relations Dalam Mengkomunikasikan Media Online Medcom.Id. Jurnal Visi Komunikasi, 18(2), 113. https://doi.org/10.22441/visikom.v18i2.9833

Rochmaniah, A., Dharma, F. A., Meidi, D., & Utomo, B. (2021). Buku Ajar Dasar-dasar Public Relations. UMSIDA PRESS.

Safitri, P., & Fajrin, Z. (2019). Strategi Bisnis Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Kecil Menengah Kopiah Resam Mentari Kota Pangkalpinang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 22(1), 61–74. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v20i1.390

Setiadi, T. (2023). Manajemen Corporate Image melalui Media Sosial : Studi Literatur tentang Citra Perusahaan dan Perkembangan Teknologi Media. 9(01).

Sofjan Assauri. (2016). Strategic Management. Rajawali Pers.

Sugiyono. (2016a). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2016b). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kulalitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Susanto, A. S., & Setyanto, Y. (2020). Strategi Public Relations SmartSpin PR dalam Membangun Brand Image Klien (Studi Pada Re:ON comics). Prologia, 3(2), 320. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6349

Tarigan, M. I. (2018). KAJIAN TEORETIS TENTANG HUBUNGAN KUALITAS LAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN. Jurnal Manajemen, 4, 93–102.

Tita Melia Milyane,  dkk. (2021). Public Relations (Cetakan Pe). Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.

Widiastuti, P. (2020). PENGARUH CORPORATE IMAGE DAN KEPUASAN PELANGGAN. 6(2), 225–233.