Pesatnya perkembangan era digital dan internet semakin memudahkan para pembisnis dalam mempromosikan produk dan jasanya. Salah satu nya yang berdampak besar dari perkembangan ini adalah munculnya berbagai flatfrom atau E- commerce yang menawarkan berbagai produk secara online melalui sosial media, maupun Televisi. Oleh karena itu, Dimana pembelian barang tidak perlu datang langsung ke toko. Salah satu flatform atau E-commerce yang paling banyak digunakan dan dikunjungi ialah Shopee. Shopee selalu menarik minat beli para konsumen untuk slalu menggunakan dan menawarkan penawaran seperti kualitas produk dan harga yang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian di E-commerce Shopee, dengan Studi Kasus pada guru karyawan di SMP Islam Cikal Harapan 2. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Sampling Jenuh. Metode pengumpulan data terdiri dari penyebaran kuesioner kepada 30 responden dan dikelola menggunakan SPSS Versi 23. Dengan metode yang digunakan berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsiklasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Secaraparsial Kualitas Produk (X1) terdapat pengaruh positif yang tidak signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian dengan hasil 0,843 < 2,055, lalu secara parsial Harga (X2) terdapat pengaruh positif yang signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian dengan hasil 5,232 > 2,055. Lalu secara simultan Kualitas Produk (X1) dan Harga (X2) berpengaruh positif terhadap variabel Keputusan Pembelian dengan hasil nilai f hitung lebih besar dari nilai f tabel yaitu 14,457 > 3,385 dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05.
Skripsi
Ali Hasan. (2020). Pengaruh Harga, Promosi Dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merk Prettyfit Pada Pt.Christoper Adidaya Rekananda. Skripsi, 12(2004), 6–25.
Anon. (2023). Dry cleaning. Textiles Magazine, 23(2), 11–13. https://doi.org/10.5040/9781501365287.876
Anthonny. (2022). Analisis Pengaruh Ease Of Use, Kepercayaan dan Iklan Terhadap Minat Beli E-Commerce Customers Shopee Di Batam. Skripsi.
Arbaini, P. (2020). Pengaruh Consumer Online Rating Dan Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Marketplace Tokopedia. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(1), 25–33. https://doi.org/10.26905/jbm.v7i1.3897
Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk (Nasution Bincar (ed.)). PT. Inovasi Pratama Internasional.
https://books.google.co.id/books?id=nTxlEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl
=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false
Arianto, N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 12.
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4075
Budi Darma. (2021). STATISTIKA PENELITIAN MENGGUNAKAN SPSS (Uji
Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). www.guepedia.com. https://books.google.co.id/books/about/STATISTIKA_PENELITIAN_MENGG UNAKAN_SPSS_U.html?id=acpLEAAAQBAJ&redir_esc=y
Choirunnida, A., & Prabowo, R. E. (2024). Pada E-Commerce Shopee Di Kota Semarang. Journal of Management and Bussines (JOMB), 6(1), 263–274.
Diana; Tjiptono. (2020). Bab ii kajian pustaka bab ii kajian pustaka 2.1. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 12(2004), 6–25.
Dunakhri, S. (2019). Uji Reliabilitas dan Normalitas Instrumen Kajian Literasi Keuangan. 249–252.
Education, E., Elisa, P. N., & Perjuangan, U. B. (2021). Jurnal basicedu. 5(1), 446– 452.
Fathorrahman, Mohammad Baqir Ainun, Liyanto, M., & Minullah. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Market Place Di Shopee. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2), 160–170.
Ghozali. (2022). Kompetensi dan stres kerja pengaruhnya terhadap kinerja pegawai.
AKUNTABEL: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 19(4), 768–778.
Gunawan, D., Pratiwi, A. D., Arfah, Y., & Hartanto, B. (2022). KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE SAFI BERBASI MEDIA MARKETING. PT. Inovasi
Pratama Internasional.
https://www.google.co.id/books/edition/Keputusan_Pembelian_Skincare_Safi_
Berbas/O2BlEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=faktor- faktor+yang+mempengaruhi+kualitas+produk+menurut+gunawan&pg=PA20& printsec=frontcover
Hermawan, S., & Amirullah. (2016). METODE PENELITIAN BISNIS Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif (Cetakan I). Media Nusa Creative. https://www.google.co.id/books/edition/METODE_PENELITIAN_BISNIS/tH NMEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengertian+desain+penelitian+menurut+ sugiyono&printsec=frontcover
Hutauruk, M. R., Sutarmo, Y., & Bachtiar, Y. (2022). Metodologi Penelitian untuk Ilmu Sosial Humaniora dengan Pendekatan Kuantitatif Proposal, Kegiatan Penelitian, Laporan Penelitian. (A. Suslia (ed.)). Penerbit Salemba Empat. https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian_untuk_Ilmu_So sial/1sPcEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=dependen+dan+independen&pg=PA 82&printsec=frontcover
Karina, M., & Sari, N. E. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Online TikTok Shop. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 6(2), 101–116. https://doi.org/10.33753/madani.v6i2.277
Majid, R. A., & Selvi, E. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Laundry Sepatu Coora Premium Care Grand Galaxy. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(19), 336–345. https://doi.org/10.5281/zenodo.7174162.
Mappadeceng, R., & Fhaikhoh, N. (2022). Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Arthess PT. Lingga Harapan Jambi (Studi Kasus Di Kelurahan Tanjung Pinang Jambi Timur). Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 20. https://doi.org/10.33087/eksis.v13i1.296
Martini, R., Sriwijaya, P. N., Sueb, M., Padjajaran, U., Hidayat, N., Indonesia, U. P., Fuadah, L., Sriwijaya, U., Widarsono, A., Indonesia, U. P., Tadulako, U., Winarno, W. W., Akuntansi, J., Negeri, P., Akuntansi, J., & Negeri, P. (n.d.). J r t a.
Maryati, & Khoiri.M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 542–550.
Namora, I., Siregar, P., Gurning, H. R., Ekonomi, F., & Prima, U. (2019). Jurnal manajemen. 5, 71–80.
Pulungan, A. (2021). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadapkeputusan pembelian pada marketplace shopee. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadapkeputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee” Skripsi (Unniversitas IAin Padangsidimpuan), 143, 25.
Ragatirta, L. P., & Tiningrum, E. (2021). Pengaruh Atmosphere Store, Desain Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Rown Division Surakarta). Excellent, 7(2), 143–152. https://doi.org/10.36587/exc.v7i2.793
Rahayu, W. I., & Shafina, M. R. (2022). Aplikasi Analisis Kelayakan Sistem Untuk
Pengukuran Usability Dengan Menerapkan Metode Use Questionnaire. Jurnal Teknik Informatika, 14(3), 152–160. https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/informatika/article/view/2441
Rehatalanit, Y. L. . (2021). Peran E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis. Jurnal Teknologi Industri, 5(0), 62–69. https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jti/article/view/764
Riswandi. (2019). Transaksi On-Line (E-Commerce) : Peluang dan Tantangan Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 13(April), 15–38.
Rosidah, M., & Rafiqa Fijra. (2021). METODE PENELITIAN (Cetakan pe). CV Budi Utama. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Penelitian/61k- EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengertian+sampel+menurut+para+ahli&pg= PA130&printsec=frontcover
Rumawung, V., Tumbel, T. M., & Panuindoong, A. Y. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Maybelline Transmart Kairagi. Productivity, 2(5), 433–438. www.bitebrands.com
Sari, N. A. A., & Wahyono, T. E. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome Di Perumahan Permata Jingga Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 8(2), 217–222.
Sriningsih, M., Hatidja, D., & Prang, J. D. (2018). Penanganan Multikolinearitas Dengan Menggunakan Analisis Regresi Komponen Utama Pada Kasus Impor Beras Di Provinsi Sulut. Jurnal Ilmiah Sains, 18(1), 18. https://doi.org/10.35799/jis.18.1.2018.19396
Supriadi. (2018). KONSEP HARGA DALAM EKONOMI ISLAM.
https://www.google.co.id/books/edition/Konsep_Harga_Dalam_Ekonomi_Islam
/ftV5DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengertian+harga+adalah&printsec=fro ntcover
Syafrida Hafni Sahir. (2021). METODOLOGI PENELITIAN (Try Koryati (ed.)). PENERBIT KBM INDONESIA.
https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/16455/1/E-Book Metodologi Penelitian Syafrida.pdf
Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.
Wibowati, J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Muarakati Baru Satu Palembang. Jurnal Manajemen, 8(2), 15–31. https://doi.org/10.36546/jm.v8i2.348
Wiwin, Y., & Ecep, S. (2023). METODE PENELITIAN BAGI PEMULA (U. Priyo
(ed.); Cetakan Pe). Penerbit Widina Bhakti Persada. https://www.google.co.id/books/edition/METODE_PENELITIAN_BAGI_PEM ULA/P-
HIEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengertian+populasi+menurut+para+ahli &pg=PA55&printsec=frontcover