PENGARUH DISKON DAN GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (Studi kasus: Kepada Masyarakat Di Kelurahan Jatirahayu Bekasi)

research
  • 15 Oct
  • 2024

PENGARUH DISKON DAN GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (Studi kasus: Kepada Masyarakat Di Kelurahan Jatirahayu Bekasi)

Pesatnya perkembangan teknologi dan internet kini semakin memudahkan para pelaku bisnis dalam memasarkan produk dan jasanya. Salah satu dampak utama dari perkembangan ini adalah munculnya berbagai situs e-commerce yang menawarkan berbagai produk secara online. Salah satu e-commerce yang paling sering digunakan dan dikunjungi adalah Shopee. Shopee memberikan penawaran berupa diskon pada saat live berlangsung, diskon tanggal kembar dan gratis ongkos kirim tanpa minimum belanja, sehingga membuat pembeli semakin tertarik untuk terus menggunakan Shopee. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh diskon dan gratis ongkos kirim terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee studi kasus kepada masyarakat di kelurahan jatirahayu bekasi. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif statistik. Berdasarkan hasil uji T diskon memiliki nilai Thitung lebih besar dari Ttabel (5,457 > 1,984) dan gratis ongkos kirim memiliki nilai (9,301 > 1,984) dengan nilai signifikan masing-masing 0,000 < 0,05. Dari pengujian hipotesis menggunakan uji F, Fhitung > Ftabel atau (349,195 > 3,089) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil dari persamaan regresi linier berganda Y = 0,906 + 0,511.X1+0,602.X2 yang berarti diskon dan gratis ongkos kirim berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Sedangkan nilai koefisien determinasi atau R2 sebesar 87,4% yang artinya variabel independen memberikan kontribusi terhadap variabel dependen.

Unduhan

  • Full Skripsi.pdf

    Full Skripsi

    •   diunduh 26x | Ukuran 2,980 KB

 

  • Cover.jpg

    Cover

    •   diunduh 85x | Ukuran 243,965

REFERENSI

Abdul Gofur. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44.

Ahdiat, A. (2023). 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Sepanjang 2023. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/10/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-sepanjang-2023

Amalia, P. (2023). PENGARUH DISKON TANGGAL KEMBAR DAN GRATIS MAHASISWA EKONOMI ISLAM UII ( The Influence of Shopee Double Days Discount and Free Shipping Towards Consumptive Behaviour of Islamic Economic Skripsi Diajukan untuk memenuhi sebagian persyaratan guna memperoleh g.

Anthonny. (2022). Analisis Pengaruh Ease Of Use, Kepercayaan dan Iklan Terhadap Minat Beli E-Commerce Customers Shopee Di Batam. Skripsi. file:///C:/Users/nindi/Downloads/cover s.d bab III.pdf

Awaludin, M., Mantik, H., & Fadillah, F. (2023). Penerapan Metode Servqual Pada Skala Likert Untuk Mendapatkan Kualitas Pelayanan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 10, 1. https://doi.org/10.35968/jsi.v10i1.990

Darma, B. (2021). STATISTIKA PENELITIAN MENGGUNAKAN SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). GUEPEDIA. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=acpLEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA3&dq=jurnal+tentang+uji+t&ots=IZj3WZinZ0&sig=zglxrpWrSjGxoimCaWI4yF6h0RI&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Dunakhri, S. (2019). Uji Reliabilitas dan Normalitas Instrumen Kajian Literasi Keuangan. 249–252.

Fatma, N., Alimuddin, M., Nursaifullah, & Latiep Finatry, I. (2023). Manajemen Pemasaran Era Industri 4.0 (N. Ainun Asri A & P. Poddala (ed.)). Nas Media Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=b7vFEAAAQBAJ&pg=PA54&dq=buku+manajemen+tentang+diskon&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&ovdme=1&sa=X&ved=2ahUKEwjU3bCik72FAxUaTmwGHcJ3CnE4ChC7BXoECAQQCQ#v=onepage&q=buku manajemen tentang diskon&f=fa

Huda, M., & Shony Azar, M. A. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja, Stres Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Forisa Nusapersada Lamongan. HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 13(2), 160–172. https://doi.org/10.52166/humanis.v13i2.2480

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era. In Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: CV. Alfabeta.

Nisa, F. S. (2023). Pengaruh Diskon, Cashback, dan Promo Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. 1–23.

Noor, F. V. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGANPT HERBA PENAWAR ALWAHIDA INDONESIA (Vol. 2507, Nomor February).

Novie, R. N., & Rupilu, W. (2020). Manajemen UMKM Bagi Wanita. Pustaka Abadi. https://books.google.co.id/books?id=e-fWDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Nugroho, S. A. (2016). E-Commerce; Teori dan Impelementasi. EKUILIBRIA.

Prabaningrum, L. F. (2022). Pengaruh promosi gratis ongkos kirim dan voucher potongan harga terhadap keputusan pembelian melalui shopee affiliate di kalangan mahasiswa yogyakarta.

Rahmawati, I., Sa’adah, L., & Amalia, N. (2020). Faktor Diskon, Bonus Pack dan In Store Display Serta Pengaruhnya Terhadap Pembelian Impulsif. LPPM UNIVERSITAS KH. A. WAHAB HASBULLAH. https://books.google.com/books/about/Faktor_Diskon_Bonus_Pack_dan_In_Store_Di.html?hl=id&id=qRY7EAAAQBAJ

Razali, G., Andamisari, D., & Saputra, J. (2022). Pengaruh Promosi Diskon Dan Gratis Ongkir Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Citizen : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(3), 482–491. https://doi.org/10.53866/jimi.v2i3.132

Roswirman, R., & Elazhari, E. (2022). Pengaruh Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru pada Era New Normal di SMK Swasta PAB 2 Helvetia. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 1(4), 316–333. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v1i4.139

Syafrida Hafni Sahir. (2021). Metodologi Penelitian. Penerbit KBM Indonesia Anggota IKAPI.

Saputra, G. G., & Fadhilah. (2021). Pengaruh content marketing dan e-wom pada media sosial tiktok terhadap keputusan pembelian generasi z. Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Manajemen Inovasi, 17(3), 505–512. http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/6920

Sari, N. A. A., & Wahyono, T. E. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome Di Perumahan Permata Jingga Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 8(2), 217–222.

Shoffi’ul, A., Basalamah, M. R., & Millannintyas, R. (2019). Pengaruh Diskon dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Shopee. Jurnal Riset Manajemen, 111–113. www.fe.unisma.ac.id

Sihombing, T. R. (2022). PENGARUH DISKON DAN TAGLINE “GRATIS ONGKIR” SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAHASISWA/I AKTIF SEMESTER GENAP FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN.

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 160–166.

Wajdi, F., Seplyana, D., Juliastuti, Rumahlewang, E., Fatchiatuzahro, Halisa, N. N., Rusmalinda, S., Kristiana, R., Niam, M. F., Purwanti, W. E., Melinasari, S., & Kusumaningrum, R. (2020). METODE PENELITIAN KUANTITATIF (E. Damayanti (ed.)). WIDINA MEDIA UTAMA. https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/567818-metode-penelitian-kuantitatif-94e739d5.pdf

Yosepha, S. Y. (2021). Determinan Penggunaan Media Sosial, Kreativitas dan Pelatihan Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Coffee shop di Kota Bekasi. Jurnal Manajemen, 11(2), 165–181. https://doi.org/10.30656/jm.v11i2.3878

Zakaria, D. G. (2020). Pengaruh kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Tata Kelola, 7(2), 201–212. https://doi.org/10.52103/tatakelola.v7i2.174