ABSTRAK
Ahmad Agus Asmara 44234028, Bisnis di industri perseroan sekuritas sangat kompetetif, dengan pesaing yang banyak menawarkan layanan serupa di Indonesia. Persaingan ini mendorong perseroan sekuritas untuk terus meningkatkan dan memperluas basis klien, serta mempertahankan reputasi yang baik dalam industri ini, agar perusahaan sekuritas dapat terus mampu bertahan ditengah persaingan bisnis tersebut, maka para pembisnis harus berpikir keras untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para investor dan mitra kerja agar dapat menarik khalayak yang luas. Public Relations adalah salah satu kegiatan komunikasi yang dilaksanakan dengan tujuan tertentu. Dengan demikian halnya dengan strategi yang di lakukan PT. MNC Sekuritas dengan tujuan untuk membangun Brand Awareness secara tepat baik dalam persaingan maupun benak khalayak. Penelitian ini di latar belakangi karena ingin mengetahui bagaimana strategi Public Relations PT. MNC Sekuritas dalam Meningkatkan Brand Awareness.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil peneltian adanya pencapaian dari event investor gathering, setelah diadakan kegiatan ini responder dilihat dari dari data grafik statistik research intermal perusahaan, pada bulan maret mengalami kenaikan calon investor, followers, serta view diaplikasi motion trade pun mengalami peningkatan sebesar 15%. Selain itu Public Relations PT. MNC Sekuritas berhasil mengajak para peserta investor gathering memberikan edukasi dan memperkenalkan PT. MNC Sekuritas itu sendiri, dalam meningkatkan Brand Awareness melalui kerjasama kemitraan, event, komunitas, kesadaran merek sangatlah penting oleh karenya informasi yang lengkap mempengaruhi proses komnikasi itu sendiri.
Kata Kunci : Brand Awareness, Strategi Public Relations, PT. MNC Sekuritas
COVER -SKRIPSI
Jurnal Shinta vol.5
Full Skripsi
A., Morissan M. dkk. 2017. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.
Anon. 2024. Data Internal Divisi Public Relations MNC Sekuritas.
Bajari, A. 2015. Penelitian Komunikasi: Prosedur, Tren Dan Etika. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Bapak Budiono. 2024. Informan. Jakarta.
Bapak Galih. 2024. Key Informan. Jakarta.
Bapak Indra. 2024. Informan. Jakarta.
Dayati, Dwi dan Kusumastuti, Frida dan Puspo, R. 2015. Hubungan Masyarakat. Tagerang Selatan: Universitas Terbuka.
Dense, Aldila, and A. Sigit Pramono Hadi. 2021. “Strategi Public Relations Chiki Twist Dalam Meningkatkan Brand Awareness.” Jurnal Interaktif 13(2):41–56. doi: 10.21776/ub.interaktif.2021.013.02.5.
Effendy, Onong. 2007. Ilmu, Teori, Dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT.Citra Aditya Bakti.
Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Teori Dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Fitria, Putri, and Geofakta Razali. 2023. “Peran Public Relations Dalam Meningkatkan Brand Image Pada Bening’S Clinic Cabang Kemang Jakarta Selatan.” Akrab Juara : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial 8(3):29. doi: 10.58487/akrabjuara.v8i3.2138.
Gunawan, I. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori Dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ibu Shera. 2024. Informan. Jakarta.
Ibu Stella. 2024. Informan. Jakarta.
El Ishaq, Ropingi. 2017. Public Relations: Teori Dan Praktik. Malang: Intrans Publishing.
Iwan, and Kaman Nainggolan. 2017. “Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Awareness Dan Harga Produk Terhadap Minat Beli Mie Suksess (Studi Empiris Pada Penduduk Kecamatan Pinang-Kota Tangerang).” Cakrawala XVII(2):146–55.
Kriyantono, Rachmat. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Kussanti, devy P., & Leliana, I. 2017. “Dampak Program Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Walikota Depok Bagi Masyarakat.” Jurnal Komunikasi, VIII.
Mayasari, S., & Angguntiara, C. 2018. “Strategi Humas PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Dalam Membuat Tabloid Sebagai Media Informasi Publik Internal.” Akademi Komunikasi BSI Jakarta.
Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muningsih, E., & kiswati, sri. 2015. “Penerapan Metode K-Means Untuk Clustering Produk Online Shop Dalam Penentuan Stok Barang.” Jurnal Bianglala Informatika, 3.
Pasolong, H. 2013. Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Ruslan, R. 2014. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsepsi Dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Soemirat, Soleh dan Elvino Ardianto. 2017. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rodas Karya.
Suardhita, N. 2013. “‘Strategi Humas PT Netral Kontinental Media Dalam Membangun Citra Perusahaan.’ Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer".” Jurnal Akom BSI Jakarta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alphabet.
Suharsaputra, U. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.
Suryabrata, S. 2014. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sutrisno. 2017. “‘Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Brand Awareness (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Distro Sunderlike).’” Universtas Negeri Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Tabrani, M. 2014. “Implementasi Sistem Informasi Reservasi Penginapan Pada Argowisata Gunung Mas Cisarua Bogor.” Akademi Manajemen Keuangan BSI Jakarta, II.
Utomo, Ichsan Widi. 2017. “PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND AWARENESS, DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PELANGGAN ONLINE SHOPPING (Studi Kasus Karyawan Di BSI Pemuda).” Komunikasi VIII(1):78.
Wahid, Umaimah, dan Anggun Eka Puspita. 2017. “‘Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT. Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relations.’” Jurnal Komunikasi.
www.cermati.com. 2023. “DAFTAR PERUSAHAAN SEKURITAS TERBAIK DAN TERPOPULER DI INDONESIA.” Www.Cermati.Com. Retrieved (https://www.cermati.com/artikel/daftar-broker-saham-terbaik-di-indonesia).
Yin, Robert K. 2014. Studi Kasus Desain & Metode,. Jakarta: Rajawali Pers.
Yusmawati, Y. M. W. 2017. “‘Strategi Humas Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat Dalam Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat Melalui Situs Www. Sumbawabaratkab. Go. Id.’” Akademi Komunikasi BSI Jakarta.