Pengaruh Promosi dan Kenaikan Harga Emas Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Tabungan Emas di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Kebon Nanas

research
  • 15 Oct
  • 2024

Pengaruh Promosi dan Kenaikan Harga Emas Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Tabungan Emas di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Kebon Nanas

Luluk Binarsih Hijrawati (64200273), Pengaruh Promosi dan Kenaikan Harga Emas Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Tabungan Emas di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Kebon Nanas

Sejarah Pegadaian dimulai saat Pemerintah Belanda (VOC) mendirikan Bank Van Leening yaitu Lembaga keuangan yang memberikan kredit dengan system gadai, Lembaga ini pertama kali didirikan di Batavia pada tanggal 20 Agustus 1746. Ketika Inggris mengambil alih kekuasaan Indonesia dari tangan Belanda (1811-1816), Bank Van Leening milik Pemerintah dibubarkan, dan masyarakat diberi keleluasaan untuk mendirikan usaha pegadaian asal mendapat lisensi dari Pemerintah Daerah setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kenaikan harga emas terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk tabungan emas. Penulis melakukan survey menggunakan kuesioner dengan metode skala likert pada nasabah pengguna tabungan emas dan didapatkan 82 responden sebagai bahan penelitian. Dalam penelitian ini penulis menggunakan aplikasi software SPSS versi 21. Hasil yang didapatkan bahwa promosi dan kenaikan harga emas berpengaruh terhadap keputusan nasabah di lihat dari t hitung dari kedua variabel tersebut lebih besar dari pada t tabel, serta promosi dan kenaikan harga emas berpengaruh secara simultan terhadap keputusan nasabah dikarenakan f hitung lebih besar daripada f tabel. Sehingga dapat di simpulkan bahwa promosi dan kenaikan harga emas berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah.  

Kata Kunci : Promosi, Kenaikan Harga Emas, Keputusan Nasabah

Unduhan

 

REFERENSI

Depy Muhamad Pauzy, M. (2022). MANAJEMEN PEMASARAN : Ulas Tuntas Strateginya. Sleman: Deepublish Publisher.

Dr.Bakhtiar Tijjang, S., & Nurfadhilah, MM, D. (2023). MANAJEMEN PEMASARAN. CV ASKA PUSTAKA.

Widyasari, R. (2022). PENGARUH PROMOSI DAN PERUBAHAN HARGA EMAS TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH PADA PRODUK TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG LAWU. 28-139.

Azizah, F., & Sambudi, A. (2022). PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK Y.O.U DI TOKO NURUL MARTAPURA. pp. 1-16.

Depy Muhamad Pauzy, M. (2022). MANAJEMEN PEMASARAN : Ulas Tuntas Strateginya. Sleman: Deepublish Publisher.

Dr.Bakhtiar Tijjang, S., & Nurfadhilah, MM, D. (2023). MANAJEMEN PEMASARAN. CV ASKA PUSTAKA.

Pohan, K. (2023). PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN, MOTIVASI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN CABANG PURWOKERTO. 18-97.

Simanguson, R. M., & Morina. (2021). PENGARUH PROMOSI, HARGA, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE SHOPPE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS HKBP NOMMEN MEDAN. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 131-149.

Widyasari, R. (2022). PENGARUH PROMOSI DAN PERUBAHAN HARGA EMAS TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH PADA PRODUK TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG LAWU. 28-139.

Alamiah, G., Adji, W. H., & Sakura. (2022). Pengaruh Promosi dan Flutuasi Harga Emas Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Pada Produk Murabahah Logam Mulia Untuk Investasi Abadai (MULIA) di PT Pegadaian Cabang Cikudapateuh Kota Bandung. Jurnal Ekonomi Keuangan & Bisnis Syariah, 66-78.

Madjid, M. N., Fielnanda, R., & Sesarwati, B. (2023). PENGARUH FLUKTUASI HARGA EMAS DAN PROMOSI TERHADAP MINAT NASABAH PADA PRODUK TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN SYARIAH JELUTUNG. JURNAL PUBLIKASI MANAJEMEN INFORMATIKA, 55-64.

Maharani, N. S. (2020). Pengaruh Promosi dan Fluktuasi Harga Emas Terhadap Minat Nasabah pada Produk Tabungan Emas. Musahabah Jurnal Akuntansi Syariah, 57-78.

Mentari, M. N., Yohani, & Hudaya, F. (2022). PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN, MOTIVASI DAN PERSEPSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH PRODUK TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN SYARIAH PEKALONGAN. Majalah Neraca, 47-72.

Sapturi, T. (2022). PENGARUH FLUKTUASI HARGA EMAS DAN STRATEGI PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN SYARIAH CPS PASAR BARU INDRAMAYU. Institutional Repository IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 32-75.

Sipatuhar, A. H., Lubis, R. R., & Yusnita. (2022). Pengaruh Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Emas Pada PT. Pegadaian Cabang Syariah Setia Budi Medan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 45-59.